Tips menguasai panggung public speaking dengan mudah

Pengembangan Diri, Public Speaking

Tips menguasai panggung saat public speaking adalah sebuah saran atau bantuan mengenai cara menguasai panggung yg benar dan tepat.

Saat kamu menonton atau mendengarkan seorang trainer yg cukup terkenal, apakah kamu pulang dengan menikmati materi yg kamu lihat ? Atau kamu masih merasakan kehadiran orang itu saat kamu pulang ?

Kami yakin pastinya kamu pernah merasa sedikit kagum tentang bagaimana cara mereka menguasai panggung saat public speaking.

Dan ketika kamu berhenti dan memikirkan hal itu kembali, banyak efek yg mereka berikan  yg mulai berpengaruh terhadap diri kamu.

Tips menguasai panggung saat public speaking yg pertama adalah mengetahui seberapa bisa kamu dekat dengan para Audien

Hubungan fisik pembicara dan penonton adalah hal penting yg harus dipertimbangkan ketika kamu melakukan public speaking.

Ketika kamu berniat mengadakan seminar atau pidato, ada baiknya kamu mempertimbangkan sisi lain auditorium juga, agar kamu bisa berinteraksi dengan para Audien secara dekat.

Kamu harus menguasai beberapa sisi Audien agar pembicaraan kamu tidak tertuju pada satu arah saja.

Tips kuasai panggung public speaking yg kedua adalah anggap diri kamu sebagai tuan rumah

Langkah pertama yg harus kamu lakukan adalah menuntut Audien memperhatikan apa yg akan kamu katakan.

Hal seperti ini adalah cara yg paling ampuh untuk menunjukan rasa percaya diri kamu saat berada di atas panggung.

Dengan adanya pemikiran bahwa kita adalah tuan rumah, kita akan merasa nyaman saat menyampaikan materi yg akan kita berikan.

Berdiri tegak, buka area dada dan bergeraklah dengan hati-hati dan penuh semangat. Bersikap seperti ini akan menumbuhkan rasa percaya diri yg semakin meningkat.

Seberapa penting hal ini ?

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa ukuran terbaik untuk memprediksi kesuksesan seseorang bukanlah banyaknya sertifikat yg dimiliki orang tersebut, melainkan seberapa kuat mereka menunjukan kepercayaan diri, kenyamanan dan antusiasme yg cukup bergairah saat mereka tampil.

Bisa mengendalikan perasaan

Perasaan kita sering kali diungkapkan melalui fisik. Ketika kita sedih wajah kita akan menunjukannya, seperti menangis dan sebaliknya jika kita senang kita akan tersenyum.

Namun hal itu terkadang terjadi secara berlawanan.Ketika kita menahan diri, terkadang kita akan menciptakan respon emosional di dalam diri kita.

Maka dari itu kamu harus bisa mengontrol perasaan kamu saat berhadapan langsung dengan para Audien.

Untuk mengontrol perasaan itu kamu bisa mengujinya dengan cara meningkatkan rasa percaya pada diri sendiri dengan cara, berdiri tegak, naikan dada dan busungkan.

Rasakan, dan lihat apakah kepercayaan diri kamu meningkat saat ini ?

Seperti yg pernah kami bilang pada seorang peserta bahwa “Bagaimana posisimu saat berdiri akan sangat mempengaruhi posisi kamu di mata para penonton”

Memahami hal ini adalah informasi yg tak ternilai yg akan kamu ingat saat kamu akan bertemu langsung dengan orang lain.

Jadikan tubuh sebagai sumber kekuatan kamu

Daripada kamu mengkhawatirkan bagaimana cara kamu menempati diri diatas panggung (seperti yg banyak dilakukan para coach), Ada baiknya kamu memperhatikan bahasa tubuh yg akan kamu tunjukan kepada penonton.

Ketika kamu memperkuat maksud dengan gerakan yg tepat, memberi gestur dibalik gagasan yg akan kamu katakan, serta memberi gestur menekan ketika ketika ingin mengatakannya penonton akan mudah tertarik dan memahami apa yg kamu katakan

Seperti yang dikatakan oleh bintang TED Talks Amy Cuddy:

Cara kamu membawa diri adalah sumber kekuatan pribadi yg kamu miliki. ini adalah kunci yg memungkinkan kamu untuk membuka diri kamu seperti membuka kemampuan, kreativitas, keberanian bahkan kemurahan hati kamu.

Hal itu tidak memberi keterampilan atau bakat yg tidak kamu miliki namun membantu kamu memberi apa yg kamu miliki.

Dan hal ini juga tidak membuat kamu jauh lebih pintar atau terinformasi, namun membuat kamu menjadi lebih tangguh dan terbuka.

Ada 3 teknik khusus yg bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kekuatan diri kamu saat diatas panggung.

1.Berdiri dan bergerak dengan percaya diri, Perbaiki postur kamu dan perhatikan apakah cara kamu duduk itu membungkuk atau tegak.

2.kembangkan kebiasaan mempertahankan kontak mata,Kebiasaan ini wajib kamu lakukan jika kamu memikirkan apa yg harus kamu katakan selanjutnya.

3.Isi panggung
, Jangan takut menggunakan semua bagian yg ada di panggung karena otak para Audien biasanya membutuhkan sosok visual untuk memahami apa yg sedang dijelaskan.

4.Naikan tingkat energi saat kamu mulai berbicara, Lakukanlah sebelum kamu berbicara karena Audien akan mengamati kamu sesaat sebelum kamu memberi materi pada mereka.

Semoga artikel Tips menguasai panggung saat public speaking yang kami bagikan cukup bermanfaat buat kamu yg sedang belajar atau menimba ilmu di dunia public speaking.

Ketika kamu gugup berbicara didepan umum dan rasa percaya diri kamu kurang. ayo bergabung dengan kelas kami sekarang juga untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu dan menjadi pembicara yg baik.

Hubungi Pelatihan soft skill sekarang juga !! KLIK DISINI 

ATAU klik tombol hubungi kami.

Yuk tunggu apalagi gabung public speaking sekarang juga !!

Artikel by Resty Noviani

Awas !!! Ketinggalan Jaman ! bUKAN KEBETULAN aNDA MEMBACA arTIKEL INI.

Ilmu Digital Marketing adalah ilmu yang wajib dikuasai semua orang.

Dapatkan Kelas Digital Marketing hanya Rp 2.970 per Materi

Cek Link ini : Daftar Kelas Digital Marketing

Kata Siapa Orang Yg Resign Dari Kerjaan Gabisa Sukses? Coba Lihat 10 Kisah Orang Sukses Ini.

Pernahkah Anda berharap ingin berhenti dari pekerjaan sekarang dan mewujudkan mimpi Anda? Bisa saja nasib baik berpihak Anda, seperti kisah orang sukses ini Mereka bisa mendulang sukses setelah meninggalkan pekerjaan yang memberikan mereka gaji tetap. Kesuksesan...

Moodswing Sering Ganggu Aktivitas Kamu? Coba Cara Meningkatkan Mood Yg Satu Ini.

Bagaimana cara meningkatkan mood kamu ketika moodswing kamu muncul diwaktu yg tidak tepat? Coaba 10 cara ini : 1. Berjalan-jalan adalah cara meningkatkan mood yg pertama Ajaklah anjing, sahabat, atau teman dekat dan olahraga jalan cepat. Hanya sedikit olahraga yang...

Pusing Menghadapi Ujian? Ini Dia 10 Cara Belajar Efektif Ampuh Ketika Kamu Menghadapi Ujian.

Sebentar lagi ujian !! Jangan Panik !! Coba 10 Cara belajar efektif yg akan kami bagikan dibawah ini : 1. Cara Belajar Efektif Pertama Adalah, Pilih Waktu Belajar yang Tepat Waktu belajar yang paling pas adalah pada saat badan kita masih segar. Memang tidak semua...

Ini Alasan Kenapa Kamu Yg Rajin Sedekah Tetap Miskin !!

Pernahkah kamu merasa bahwa kamu sudah rajin sedekah tetap miskin ? Mungkin artikel ini akan menjelaskan beberapa alasannya : 10. Anda Terlalu Memperdulikan Apa Kata Tetangga Atau Orang Lain adalah alasan ketika kamu sudah rajin sedekah tetap miskin Jika Anda bersaing...

9 Mindset Quotes Menurut Bill Gates Yg Harus Kamu Terapkan Sebelum Membuka Bisnis

Sebelum membuka usaha, ada baiknya kamu menerapkan 9 Mindset quotes dibawah ini untuk memotivasi dan mewaspadai diri kamu saat membuka bisnis. Berikut 9 mindset yg harus kamu terapkan menurut Bill gates : 1. Mindset Quotes pertama, Kawan adalah aset berharga Dengan...

Jangan Lakukan Ini ! Jika Kamu Tidak Ingin Branding Bisnis Online Kamu Gagal.

Ini yg tidak boleh kamu lakukan saat Branding bisnis online kamu! Jika Anda memiliki sebuah bisnis online, memiliki website yang rapi tidaklah cukup. Pada masa sekarang ini dimana dunia online sudah sangat berpengaruh, Anda membutuhkan sesuatu yang lebih dari sekedar...

Takut Audiens Bosan Mendengar Presentasi Kamu? Coba Tambahkan Materi Public Speaking Ini Kedalam Presentasi Kamu

Bagi sebagian orang, Materi public speaking yg hanya fokus membahas materi saja tentunya akan membuat mereka merasa cepat bosan dan lelah ketika mendengarkannya. ada baiknya kamu memasukan beberapa kisah singkat inspiratif ini kedalam materi kamu untuk menarik minat...

Sedang Bertengkar Dengan Istri Kamu? Coba Pakai Kata Gombal yg Satu Ini

Pastinya kamu pernah merasa bingung ketika istri kamu marah atau cuek sama kamu bukan? Coba pakai kata gombal yg satu ini 1. Tadi Malam Aku Kirim Bidadari Untuk Menjaga Tidurmu. Eh, Dia Buru-Buru Balik. Katanya, 'Ah, Masa Bidadari Disuruh Jaga Bidadari?' --- Hoek! 2....

5 Quotes Motivasi Dari Film Inception Yg Bisa Kamu Dijadikan Pelajaran Hidup

5 quotes motivasi yg bisa kamu jadikan pelajaran dan motivasi hidup kamu Quotes Motivasi 1 : Segala Sesuatu di Dunia ini dimulai sebagai Ide Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, premis film ini adalah: Saito, seorang pengusaha yang sangat besar, ingin Fischer,...

9 Kata Larangan Yg Tidak Boleh Dikatakan Kepada Anak

Jakarta - Menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah untuk dijalankan. Terkadang, permasalahan di kantor, konflik dengan suami, atau permasalahan keluarga malah membuat Anda kesal dan mengeluarkan kata larangan ketika berhadapan dengan sikap anak yang kurang...