Lembaga pelatihan merupakan penyedia pendidikan non formal  yang menyelenggarakan pelatihan atau kursus yang dibutuhkan masyarakat sebagai bekal pengetahuan, keterampilan, pengembangan diri, mengembangkan profesi atau usaha, dan lain sebagainya. 

Memang tidak bisa dipungkiri pelatihan soft skill saat sangat dibutuhkan. Salah satunya untuk dapat terus bersaing dalam era teknologi saat ini yang akan semakin terus berkembang. Terdapat banyak sekali lembaga pelatihan yang ada. Namun pada umumnya lembaga pelatihan banyak digunakan oleh perusahaan seperti pelatihan kepemimpinan, pelatihan motivasi, pelatihan komunikasi, pelatihan komputer, dan masih banyak lagi. Tujuannya adalah untuk meningkat produktifitas perusahaan. 

Tingginya kebutuhan akan pelatihan oleh perusahaan, juga membuatnya banyak penyedia jasa training khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan masih banyak lagi. Sebelum Anda merasa dikecewakan oleh lembaga pelatihan yang berkualitas, Anda harus mengetahui ciri-ciri lembaga pelatihan terbaik yang ada di bawah ini antara lain: 

  • Spesialis Dan Ahli Di Bidang Pelatihan 

Pilihlah lembaga pelatihan yang memang berkompeten di bidangnya. Caranya Anda bisa memberikan pertanyaan seputar kasus karyawan atau manager yang tengah dihadapi dan solusi apa yang terbaik. Jika Anda merasa jawaban yang diberikan terlalu panjang atau membuat kurang paham. Maka kemungkinan dapat dipastikan lembaga pelatihan tidak ahli di bidangnya. 

  • Praktisi Yang Berpengalaman Dan Bersertifikat

Bentuk profesionalisme dari lembaga pelatihan dapat terlihat dari para pembicaranya. Khususnya jam terbang yang dimilikinya. Para trainer yang ahli dibidangnya merupakan para praktisi langsung dan bukan teori.

  • Dapat Merubah Pandangan Dan Sikap Peserta

Lembaga pelatihan yang berkualitas dapat menjamin adanya perubahan pandangan atau sikap dari pesertanya. Misalnya bentuk laporan yang terukur dan adanya bukti nyata yang menunjukkan adanya suatu perubahan.

  • Mempunyai Sistem Pengembangan Lanjutan

Tidak banyak lembaga pelatihan yang mempunyai program pengembangan yang berkelanjutan untuk para pesertanya. Apalagi untuk membangun sebuah hubungan setelah pelatihan selesai dilaksanakan. 

  • Program Lengkap dengan jadwal 1 tahun

Tidak semua lembaga pelatihan mempunyai jadwal pelatihan lengkap selama satu tahun. Hal tersebut merupakan pekerjaan yang tidak mudah dibutuhkan sebuah usaha besar untuk dapat menjalankannya. Jadwal keberlangsungan lembaga pelatihan juga dapat menunjukkan kredibilitasnya.

  • Memiliki Banyak Klien Besar

Lembaga pelatihan yang semakin banyak memiliki klien besar maka akan semakin diakui juga kualitasnya. Untuk mendapatkan kepercayaan dari klien besar seperti perusahaan multinasional memanglah bukan hal yang mudah. Apalagi untuk lembaga pelatihan pemula.  Lembaga pelatihan yang berkualitas sehingga dipercaya oleh perusahaan besar pastinya telah memenuhi kriteria kelima di atas. Selain memiliki pembicara yang ahli, sistem pelatihan dan pengembangan yang berkelanjutan, namun juga harus tetap bisa membangun hubungan dan komunikasi walaupun pelatihan telah selesai dan tidak putus hubungan.

lembaga-pelatihan