Bisnis online merupakan suatu profesi yang tengah naik daun di masa pandemi wabah Covid ini. Ditengah-tengah musim PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dan juga masa WFH (Work from Home) atau perumahan karyawan  yang adakalanya diiringi juga dengan pemotongan gaji, maka menjalani bisnis online menjadi suatu pilihan yang cukup menjanjikan. Bagi pemula maka bisa belajar dulu, atau bagi yang telah mulai terjun coba-coba lalu ingin mempelajari lebih lanjut lagi maka bisa juga jika ingin mendalami dan memperkaya ilmu serta teorinya dengan mengikuti pelatihan UMKM. Terdapat banyak tempat belajar bisnis online itu. Baik yang bisa didapat secara online juga maupun secara offline. Berikut ini pada dasarnya garis besar materi kurikulumnya.

Materi tentang Pemilihan Produk

Pada tahap awal peserta akan diajak untuk memahami cara memilih produk usaha yang benar  yang potensial dan besar peluangnya untuk bisa mendatangkan laba dan bisa dipilih sesuai passion atau minat masing-masing peserta.

Materi tentang Tempat Jualan Online

Berikutnya juga akan dibahas mengenai tempat jualan onlinenya, yakni antara lain seperti kiat dan tips membuat website yang menarik dan mendukung kesuksesan bisnis online. Antara lain ialah cara untuk memilih nama domain, ada beberapa pilihan dan nilai plus minusnya masing-masing. Cara desain website yang baik, antara lain agar website responsif dan fleksibel bisa dibuka di berbagai jenis gadget  juga cepat loadingnya, serta alasannya mengapa. Serta dipelajari juga cara dna kiat meningkatkan traffic pengunjungnya, cara tata letak atau layout dna desain website yang menarik dan mendatangkan untung dan lain sebagainya.

Materi tentang cara Menghitung Laba

Guna mengetahui apakah suatu usaha atau bisnis tersebut mendatangkan keuntungan atau justru merugikan maka perlu diketahui mengenai cara untuk menghitung rugi dan labanya. Termasuk jiga mengenai berbagai komponen di dAlamnya secara rinci, hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan sebagai faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Menghitung BEP (Break Even Point)

Sebaiknya dipelajari tentang cara menghitung jangka waktu kembali modalnya, atau BEP nya. Sehingga bisa menentukan dan memilih bidang usaha yang paling cepat dan paling mudah BEP nya. Makin cepat BEP nya maka makin kecil risiko bisnisnya, begitu juga sebaliknya.

Materi tentang Marketing dan Promosi

Lalu yang tak kalah pentingnya juga adalah materi tentang upaya pemasarannya. Baik itu upaya memasarkan secara konvensional secara offline maupun digital marketing dengan berbagai cara marketing modern dengan menggunakan berbagai media sosial yang ada. Juga dengan keunggulan dan kelemahan serta berbagai spesifikasi setiap jenis media sosial tersebut, yakni ada yang namanya facebook, twitter, instagram dan youtube serta lain sebagainya.

Pilihan tempat belajar bisnis online tersebut juga bisa yang secara formal dan bersertifikat maupun yang secara informal.