Public speaking merupakan suatu kemampuan yang akan meningkatkan karir dan juga tingkat keberhasilan pendidikan yang dijalani. Banyak orang yang masih rendah kemampuan public speakingnya akan mengalami hambatan di bidang karirnya, juga kendala dalam studinya bahkan bisa berpengaruh pada kehidupan sosialnya sehari-hari. Jadi besar dan luas juga dampaknya. Oleh karenanya an dibutuhkan public speaking academy seperti yang ada di public speaking Bandung.

Apa itu Public Speaking

Public speaking ialah suatu kemampuan untuk melakukan komunikasi dengan secara langsung kepada banyak audience atau orang. Komunikasi tersebut adalah sebagai upaya untuk menyampaikan informasi atau pesan dengan secara lebih efisien, dan efektif serta akurat juga optimal. Dengan demikian maka pendengar atau audience pun juga akan bisa menangkap pesan atau informasi tersebut dengan secara mudah, lalu yang ingin disampaikan oleh pembicara tersebut dapat tersampaikan dengan sebaik-baiknya.

Berbagai Komponen Public Speaking

Public speaking itu memiliki banyak aspek komponen, yakni sebagai berikut.

Isi Topik Pembicaraan atau Materi Pembicaraan

Intonasi Bahasa, yakni gaya bicaranya, bisa pelan, bisa lambat, bisa keras, atau lembut yang bervariasi sehingga tidak menimbulkan kebosanan dan untuk memberi penekanan atau garis bawah hal-hal penting dari suatu pembicaraan

Jenis Bahasanya, yakni jika itu bahasa Inggris maka adalah dalam grammar yang benar, juga jika dalam bahasa Indonesia maka juga dalam bahasa Indonesia yang benar, meski santai dan tidak kaku namun sebaiknya juga tetap memperhatikan kaidah bahasanya.

Sisipan Humor atau Selingan, agar pembicaraan tidak kaku dan dapat lebih menarik perhatian audience dan pesan tetap dapat tersampaikan dengan mudah dan baik serta menarik. Sebaiknya sisipan atau selingan ini tidak terlalu banyak sehingga akan membuat pembicaraan menjadi melantur dan menyimpang jauh dari inti materi pembicaraan dan tujuan utamanya.

Gesture Gerakan Tubuh Penunjang, yakni termasuk juga mimik muka pada saat menyampaikan pembicaraan, juga gerak tangan dan gerakan tubuh lainnya, yang bisa mempertegas isi pesan sesuai materi yang sedang disampaikan. 

Kesemuanya itu bisa dilatih.

Aneka Teknik atau Metode Public Speaking

Terdapat beberapa teknik atau metode public speaking itu, yakni sebagai berikut.

Teknik Libitum atau Impromptu 

Yakni teknik berbicara secara spontan dan mendadak, tanpa persiapan atau berbicara secara langsung. Hal ini akan memerlukan tingkat kemampuan public speaking yang tinggi dan kuat serta penuh kepercayaan diri yang tinggi serta jam terbang atau pengalaman yang tinggi juga.

Teknik Manuscript atau Reading Complete Text 

Yakni teknik berbicara atau berpidato dengan cara membaca naskah secara keseluruhannya. Hal ini relatif mudah, namun kadang bisa menimbulkan kebosanan dan kesan tak diperhatikan bagi audience, jadi sebaiknya sesekali arahkan pandangan kepada audience dan beri jeda sejenak guna mengamati situasi dan reaksi audience terhadap isi pembicaraan kita. Jangan menunduk terus, tentunya Anda tak ingin ditinggal oleh para pendengarnya pada saat sedang membicarakan isi pidatonya bukan. Lakukan juga permainan intonasi kata  yakni kadang keras kadang pelan, kadang cepat kadang lambat lain sebagainya, sehingga pendengar tidak mengantuk.

Teknik Memoriter atau Memorizing 

Yakni teknik berbicara dengan menghafal atau mengingat poin-poin penting topik pembicaraan.

Teknik Ekstempore atau Using Notes

Yakni suatu teknik berbicara dengan menggunakan bantuan catatan poin-poin penting materi yang ditampilkan guna pengingatnya.

Itulah public speaking academy.

public-speaking-academy