Tahukah anda bahwa pelatihan bagi UMKM sangat penting untuk dilakukan. Mengapa demikian? Karena dengan mengikuti pelatihan, ada banyak hal yang bisa diperoleh. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai pentingnya pelatihan UMKM ini, langsung saja berikut ulasan selengkapnya.

Manfaat Melakukan Pelatihan Bagi UMKM

Ada banyak sekali jenis pelatihan bisnis, dan yang paling umum biasanya merupakan pelatihan mengenai keterampilan manajerial dan keterampilan teknis produksi. Sebagai contoh, pelatihan mengenai keterampilan manajerial seperti mengatur strategi pemasaran, mengelola keuangan, materi seputar kepemimpinan (leadership), hingga manajemen sumber daya manusia. Sedangkan pelatihan mengenai keterampilan teknis produksi bagi UMKM olahan laut seperti pelatihan pemotongan ikan yang dilakukan dengan baik dan benar, membuat frozen food, hingga pelatihan pengemasan yang baik.

Tetapi dibalik banyaknya jenis pelatihan yang ada, hingga saat ini ternyata masih banyak UMKM yang tidak ingin mengikuti pelatihan-pelatihan usaha hingga kursus online. Baik bagi pemilik bisnis ataupun mengikutsertakan para karyawannya di berbagai pelatihan-pelatihan bisnis. Padahal sebenarnya pelatihan sangat penting untuk pelaku UMKM itu sendiri. Dengan mengikuti pelatihan, maka pelaku UMKM akan mendapatkan berbagai manfaat seperti pada pembahasan di bawah ini.

Meningkatkan produktivitas

Fungsi dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan baik dalam proses produksi hingga manajerial. Yang jelas produktivitas bisa meningkat ketika keterampilan pada proses produksi juga meningkat. Tidak hanya itu saja, pelatihan manajerial ini bisa meningkatkan kemampuan untuk pemecahan masalah, sehingga hal-hal yang akan mengganggu pada produktivitas bisa diatasi segera. Produktivitas disini bukan hanya tentang kuantitas saja, namun juga kualitasnya. Pelatihan bisnis seperti menggunakan program coaching yang terdapat di GLC tentunya dapat menggali kemampuan dan potensi dari pelaku bisnis, dengan begitu bisa independen ketika ingin mengatasi berbagai permasalahan yang sedang dihadapi.    

Akan mempersingkat masa belajar para karyawan dalam terpenuhinya standar kinerja yang telah ditentukan

Bisa dibayangkan ketika bisnis yang anda miliki ternyata memiliki karyawan yang baru. Yang pasti ada waktu khusus yang nantinya digunakan dalam melatih keterampilan karyawan tersebut. Nah, ketika porsinya juga ditambah dari kursus wirausaha maupun pelatihan penjualan online yang diadakan di luar sana, tentunya keterampilan dari karyawan tersebut akan semakin meningkat. Karyawan tersebut secara otomatis bisa semakin siap bekerja kepada anda. Yang jelas pelatihan yang dilakukan ini memberikan kesempatan kepada mereka agar bisa belajar dari para ahli. Diharapkan pengalaman yang diberikan dari para mentor akan mempersingkat waktu mereka untuk belajar melalui pengalaman. Tentunya mentor akan memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi sekaligus akan membantu dalam menyusun konsep dan strategi bisnis. Dengan pelatihan seperti ini, diharapkan mereka bisa bekerja secara efektif dan optimal.

Dapat mengurangi jumlah serta biaya kecelakaan kerja

Tentunya jumlah kecelakaan kerja serta biaya yang ditimbulkan dari kecelakaan kerja akan bisa dikurangi ketika keterampilan dalam proses produksinya juga meningkat. Nah, pelatihan manajerial juga dapat memecahkan masalah yang berhubungan dengan cara meminimalkan risiko ketika terjadi hal-hal yang memang tidak diinginkan. Maka dari itu, sudah saatnya anda hingga karyawan mengikuti pelatihan UKM maupun pelatihan UMKM agar kecelakaan kerja bisa diminimalisir dengan baik.

Membangun karakter dan mental yang kuat dalam berbisnis

Untuk anda yang merupakan pemilik bisnis, maka dengan mengikuti pelatihan UMKM maupun kursus jualan online, pastinya akan sangat membantu anda dalam meningkatkan karakter dan mental yang kuat dalam berbisnis. Nah, karakter dan mental ini dari mulai meningkatkan semangat dan tekad, mampu bangkit dari kegagalan, berani dalam menghadapi risiko kegagalan saat menjalankan bisnis, dan lain sebagainya. 

Memajukan serta mengembangkan bisnis yang anda miliki

Ketika anda sudah memiliki bisnis, tentunya dengan mengikuti pelatihan anda bisa memperoleh banyak manfaat, dan salah satu manfaat tersebut adalah anda nantinya akan diajarkan bagaimana caranya menjalankan bisnis seperti memulai usaha online, bagaimana cara mengelola keuangan, membuat strategi bisnis dengan tepat, dan sebagainya. Ketika anda sudah mengetahui beberapa hal ini, tentunya bisnis yang anda jalankan bisa semakin cepat dan lebih mudah untuk maju hingga berkembang agar bisa mencapai hasil yang menguntungkan.

Membantu dalam memilih hingga memulai menjalankan bisnis

Nah, untuk anda yang baru saja ingin memulai menjalankan bisnis, namun belum tahu pasti ingin menjalankan bisnis yang seperti apa, maka sudah saatnya anda untuk mengikuti pelatihan ini. Pelatihan UMKM akan sangat membantu anda untuk memilih serta memulai menjalankan bisnis yang memang sesuai dengan keahlian, kemampuan, hobi, minat, keterampilan, hingga jumlah modal bisnis yang anda miliki.

Akan mencapai kesuksesan dalam berbisnis

Ketika anda sudah bisa menjalankan bisnis yang anda miliki dengan baik, secara optimal, dan terarah, yang pasti secara otomatis penghasilan dan keuntungan yang anda peroleh bisa semakin meningkat, lho! Nah, jika sudah seperti ini anda pun bisa menjelma sebagai pebisnis UMKM yang mengagumkan dan sukses. 

Sadar akan teknologi terbaru

Dengan mengikuti pelatihan bisnis bagi UMKM, tentunya anda tidak hanya diajarkan mengenai teknis dan operasionalnya saja, tetapi anda sebagai pemilik UMKM akan diberikan pengertian mengenai teknologi terbaru yang bisa digunakan untuk efisiensi kinerja. Bukan hanya dari segi peralatannya saja, tetapi juga dari segi pemasaran misalnya saja membawa UMKM ini ke dunia digital yang memang sedang marak saat ini di masyarakat, dengan begitu bisnis yang anda miliki akan semakin dikenal oleh banyak orang. Tentunya anda akan diajarkan dari mulai bagaimana cara usaha online maupun cara berjualan online.

Bisa dilihat bahwa di Indonesia sendiri UMKM sudah banyak yang merambah ke dunia digital, dari mulai marketplace hingga e-commerce. Tentunya hal ini merupakan wadah untuk pemilik UMKM dalam memaksimalkan bisnis serta potensi kreatifitas. Optimasi penggunaan media sosial dan penggunaan e-commerce bisa dilakukan supaya UMKM anda bisa berkembang semakin pesat. Yang jelas perkembangan e-commerce yang saat ini begitu pesat tidak lain karena adanya sumbangsih dari bisnis UMKM saat ini yang banyak di Indonesia.

Pembentukan sikap

Nah, diharapkan bahwa pelatihan yang diikuti bisa membentuk tingkah laku dan sikap para pemilik UMKM saat menjalin hubungan baik antar pemilik UMKM itu sendiri, UMKM dengan partner bisnis, maupun dengan karyawan hingga calon konsumen. Maka dari itu, sudah saatnya anda memilih tempat belajar bisnis online terbaik yang memang siap mengajarkan anda mengenai hal yang satu ini. 

Pengaturan keuangan yang optimal

Tentunya modal yang ada di dalam sebuah bisnis harus dioptimalkan dengan baik untuk berbagai macam kebutuhan operasional bisnis. Tetapi ada sebagian pemilik UMKM yang pengaturan keuangannya tidak terstruktur dengan rapi. Pastinya hal ini akan sangat berdampak terhadap bisnis UMKM yang anda miliki untuk jangka panjang. Melalui pelatihan UMKM, maka anda akan diajarkan membuat pembukuan secara terstruktur, konsep keuangan yang rapi, dan sebagainya.