Sepertinya dalam seminar akan menjadi membosankan jika yang berbicara hanya satu orang saja selama berjam-jam ditambah dengan materi yang tidak berkembang. Hal seperti ini akan membuat audiens merasa cepat bosan lalu jika sudah bosan maka materi ataupun informasi yang akan disampaikan akan menjadi sia-sia karena audiens tidak focus memperhatikan.

Dengan mengundang salah seorang narasumber akan membuat acara seminar yang sepi akan menjadi lebih meriah. Sebelumnya Narasumber sendiri adalah istilah umum yang merujuk kepada seseorang, baik mewakili pribadi maupun suatu lembaga, yang memberikan atau mengetahui secara jelas tentang suatu informasi, atau menjadi sumber informasi untuk kepentingan pemberitaan di media massa.

Narasumber dalam sebuah seminar biasanya diundang untuk memberikan suatu informasi yang berkaitan dengan tema yang diangkat oleh seorang pembicara.

Dengan mendatangkan seorang narasumber dalam acara seminar akan jauh membuat audiens merasa antusias karena disamping informasi yang akan disampaikan dari narasumber langsung, biasanya akan terjadi sesi tanya jawab dari ahlinya secara langsung dari situlah maka bagi audiens yang lain dapat mendapatkan informasi.

Selain mendapatkan informasi, biasanya bagi para penanya dalam seminar nantinya akan diberikan sebuah hadiah dari situlah acara seminar akan menjadi jauh lebih meriah.

Menjadi narasumber dalam sebuah acara tentu harus menyampaikan informasi sesuai dengan fakta keadaan yang terjadi di lapangan selain itu, memberikan informasi dengan jelas agar audiens dapat menangkap setiap informasi tidak setengah-setengah dan juga dapat menimalkan pengungalangan informasi jika ada ada audiens yang bertanya kembali.

Selain itu menjadi narasumber memerlukan data yang valid, dengan menampilkan setiap data maka memerlukan pemanfaatan teknologi agar memudahkan dalam memberikan informasi kepada audiens dan dapat mudah dipahami, tidak hanya informasi saja yang disampaikan namun memberikan wawasan juga kepada para audiens yang sebelumnya tidak mengetahui yang nantinya akan menjadi tahu.

Memberikan pengajaran yang menarik akan membuat para audiens lebih terfokuskan akan sebuah materi, memberikan pengajaran yang baik adalah dengan cara memberikan istilah istilah yang mudah dipahammi selain itu dalam pengajarannya tidak terlalu tegang namun dibawakan dengan santai dan diselipkan beberapa humor agar antara narasumber dengan audiens merakan kedekatan selain itu juga akan membuat audiens tidak merasakan canggung.

Menggunakan ilustrasi dalam kehidupan sehari-hari akan membuat informasi dapat dengan mudah dipahami selain itu mengaitkan suatu informasi dengan sebuah issue-issue yang actual maka akan melatih daya pikir kritis.

Narasumber dalam acara seminar akan jauh lebih diminati oleh audiens bila seorang narasumber tersebut mengusai informasi yang akan diberikan selain itu dalam pengajaranyapun tidak dibawa terlalu tegang, namun dibawa dengan santai. Acara seminar akan lebih meriah jika antara audiens dan narasumber saling bertukar pikiran.