Kerja keras tapi tidak bisa kaya, kamu pasti lupa hal ini.

Pembahasan mengenai employee atau karyawan ini adalah bagian dari 4 cara menghasilkan uang dari buku Cashflow Quadrant yang ditulis Robert T Kiyosaki.

Sebagai seorang karyawan, kita selalu mengharapkan penghargaan yang tinggi dari perusahaan tempat kita bekerja. Kita merasa sudah bekerja mati matian demi keuntungan perusahaan, tapi kok gaji yang diberi perusahaan masih segitu saja ?

Kamu pasti belum pernah tahu berapa gaji tertinggi di perusahaan tersebut.

Kamu juga mungkin tidak sadar kamu berada di posisi apa sekarang.

Misal gaji tertinggi di perusahaan tersebut 20 Juta yaitu general manager atau CEO.
Misal posisi kamu sekarang adalah manager. Maka gaji seorang manajer berkisar 5 – 10 juta saja. Kalau kamu mengharapkan gaji 25 juta, berarti kamu bekerja di perusahaan yang salah.

Sudah lazim bahwa level di perusahaan menentukan berapa penghasilan yang dapat diperoleh. Untuk mencapai sana ada banyak kriteria yang ditentukan misalnya tingkat pendidikan tertentu.

Jangan berkecil hati, seorang karyawan memiliki banyak kelebihan dan keuntungan dibandingkan 3 profesi lainnya (self employee, business owner, investor)

Penghasilan PASTI DAN RUTIN adalah hal yang paling menyenangkan menjadi seorang karyawan. Kita bisa mengatur keuangan dan tabungan dengan pasti apabila penghasilan kita rutin.
Hal lainnya adalah fasilitas kantor. Hal ini hanya diberikan oleh perusahaan yang sudah besar, seorang CEO perusahaan multinasional bisa berkeliling dunia GRATIS karena dibayarkan oleh perusahaan. Tentu saja untuk urusan pekerjaan.
Cicilan rumah, inventaris kendaraan biasanya menjadi fasilitas yang bisa diperoleh cuma – cuma. Betapa enaknya menjadi seorang karyawan.

Jika kamu bekerja di perusahaan yang belum multinasional atau belum masuk bursa saham. Kamu juga memiliki kesempatan emas. Yaitu BELAJAR.
Di perusahaan kecil biasanya kita bisa mempelajari semua hal dan jika kita sudah mengenali model bisnisnya. Kita bisa buka perusahaan yang sama persis dengan perusahaan tempat bekerja sebelumnya.

Tapi…

Seorang karyawan memiliki kekurangan juga, yaitu kebebasan waktu. Kita harus masuk kerja dan pulang kerja di jam yang ditentukan oleh perusahaan. Kekurangan lainnya adalah kepastian masa depan. Disini kita membicarakan perusahaan swasta, karena jika kita bekerja sebagai PNS maka kita dapat gaji pensiun.
Di perusahaan swasta saat kita sudah dinilai tidak produktif maka perusahaan dapat memecat secara sepihak, atau mungkin karena perusahaan tersebut dinyatakan bangkrut.

Apakah tipe profesi lain yaitu self employee, business owner dan investor lebih enak ? Coba cari tahu di artikel berikutnya.

#30dwcday27