Alasan kenapa kemampuan soft skill harus kamu miliki di dunia kerja maupun sehari-hari.

Pelatihan Soft Skill, Pengembangan Diri

Kemampuan soft skill merupakan kemampuan alami yg dimiliki individu yg mencakup kecerdasan secara emosional maupun sosial dan Kemampuan berinteraksi dengan individu lainnya.

Soft skill merupakan karakter bawaan individu.

Soft skill dapat dipelajari dengan cara lebih banyak melakukan komunikasi, berinteraksi dengan individu, dan melatih kepekaan sosial.

Dengan hal itu, individu dapat menerapkan perilaku yg nantinya berpengaruh pada kemampuan soft skill.

Kemampuan ini sangat penting karena seorang individu akan terlihat lebih menonjol dan kompeten dibandingkan dengan individu lainnya.

Kemampuan soft skill mencakup beberapa hal seperti berikut : 

  • Berpikir kritis 
  • Menyelesaikan Konflik 
  • Kecerdasan Emosi 
  • Mengatasi Individu yang Sulit 
  • Kepemimpinan 
  • Komunikasi 
  • Menyelesaikan masalah
  • Menyelesaikan konflik
  • Manajemen waktu
  • Keterampilan manajemen
  • Keterampilan berbisnis
  • Negosiasi
  • Kerjasama
  • Bekerja dibawah tekanan
  • Mengatasi individu yg susah.

Masih banyak aspek-aspek lainnya yg mencakup pelatihan soft skill.

Selain itu, sebenarnya apa manfaat dari kemampuan soft skill ?

Leadership

Dengan melatih  kemampuan soft skill, seorang individu akan mendapatkan beberapa manfaat seperti hal berikut : 

  1. Orang yg memiliki kemampuan ini akan mendukung dan mendorong profesionalisme yg ada di dalam diri seseorang ketika mengerjakan sesuatu. 
  2. Seorang individu mampu menambah nilai penciptaan jasa yg ada didalam diri seseorang, sehingga ia memiliki nilai tambah yg membuatnya menonjol dan memiliki nilai positif
  3. Meningkatkan nilai ekonomis dalam menciptakan suatu barang yg mungkin saja memiliki nilai jual yg tinggi.
  4. Secara tidak langsung menambah pendapatan karena memiliki berbagai kemampuan dan keterampilan yg dimanfaatkannya untuk hal lain secara ekonomis.
  5. Mampu mendukung usaha seseorang walaupun dalam ruang lingkup pribadi karena memiliki kemampuan lain agar segala pekerjaan yg akan kamu lakukan lebih efisien dan tidak memerlukan banyak tenaga.

Seberapa penting kemampuan soft skill untuk diri kita?

belajar public speaking di surabaya

Alasan kenapa seseorang wajib memiliki soft skill adalah : 

  • Hard skill yg dimiliki tidak akan efektif jika tidak ada soft skill

    Tanpa adanya soft skill, hard skill yg kamu miliki tentunya kurang efektif. hal ini dikarenakan pada setiap pekerjaan, seringkali kemampuan teknis saja tidak cukup,  dan agar lebih efektif kamu harus membarengi hal itu dengan kemampuan lainnya.
  • Soft skill lebih sulit dikuasai

Soft skill lebih sulit dikuasai karena seringkali softskill tidak berkaitan secara langsung dengan pengetahuan atau keahlian yg
dimiliki seseorang.

  • Meningkatkan kemampuan Interpersonal

Saat ini banyak perusahaan yg lebih mengedepankan kemampuan interpersonal karena orang yg memiliki kemampuan
tersebut dapat mendengarkan dengan baik, bekerja sama dengan anggota, mempresentasikan diri dan ide yg dimiliki
dengan baik.

  • Bisa kamu gunakan untuk menangani konsumen

Dalam bisnis, seringkali seseorang ingin membeli sesuatu dengan mudah melalui layanan internet, oleh sebab itu berikanlah
yg menjadi faktor penentu dari konsumen menentukan pilihannya.

Cara meningkatkan kemampuan soft skill

kelas public speaking jawa timur

Kemampuan ini tidak bisa dipelajari seperti pelajaran formal di sekolah ataupun perkuliahan.

Soft skill bisa kamu bangun dan berkembang dengan seiring berjalannya waktu. hanya saja, hal itu membutuhkan upaya dan keinginan yg kuat dari dalam individu itu sendiri.

Ada beberapa cara yg bisa kalian ikuti untuk meningkatkan kemampuan soft skill.

  1. Perbanyak interaksi

Membangun interaksi dan komunikasi dapat memberikan kesempatan pada diri sendiri untuk memahami sikap, tingkah laku, dan perilaku individu lainnya.

Kamu juga bisa mengoreksi perilaku dan sikap kamu apabila kurang sesuai atau tidak bisa diterima oleh individu lainnya.

Dengan menerapkan kemampuan soft skill, kamu akan menjalin relasi dengan baik, bersikap sopan dan lebih aktif.

  1. Belajar mengatur waktu

Jika kamu mampu mengatur waktu dengan sangat baik, ketika kamu memiliki pekerjaan sebanyak apapun, pekerjaan itu tidak akan terasa berat dan kalian mampu mengerjakan sesuatu dengan waktu yg ditentukan.

Maka dari itu, sebelum deadline menghampiri, ada baiknya kalian mencicil pekerjaan tersebut secara berkala sehingga pekerjaannya pun tak akan menumpuk sana sini.

Dengan menerapkan soft skill, kalian bisa belajar untuk membedakan berbagai hal, baik itu hal primer, sekunder, maupun tersier.

Jadi, aktivitas yang kalian jalani akan lebih terjadwal dengan baik, terarah, dan teratur.

  1. Menguasai emosi


Ketika seseorang memiliki keinginan lebih untuk mengembangkan soft skill yg dimiliki, tentunya ia harus bisa menguasai atau mengendalikan segala emosi yg ia miliki.

Memang hal ini cukup sulit untuk dilakukan, akan tetapi kamu harus bisa mengusahakannya semaksimal mungkin untuk mengendalikan rasa emosi tersebut.

Jika kamu adalah seseorang yang memiliki sifat pemarah, rekan kerja atau individu yang ada di sekitar kalian pun akan merasa tak nyaman atau bisa dikatakan dirinya merasa takut ketika bekerja atau berinteraksi dengan kamu.

  1. Aktif ikut organisasi

Saat ini baik sekolah maupun universitas pastinya menyediakan banyak aktivitas dan kegiatan yg bisa meningkatkan kemampuan  soft skill kamu.

Kamu bisa mengikuti salah satu atau beberapa organisasi yg sesuai dengan kemampuan, minat dan bakat yg kamu miliki.

Hal itu harus dibarengi dengan keseriusan kalian dalam mengikuti organisasi, komitmen, tekun, loyal, dan mengikuti semua agenda dari organisasi tersebut. 

Menjadi anggota dalam sebuah organisasi saja sudah cukup untuk meningkatkan soft skill kamu.

Apabila kamu ingin lebih mengembangkan soft skill kamu, kamu bisa melakukannya dengan cara mendaftar untuk menjadi pengurus organisasi tersebut.

Dengan menjadi seorang pengurus organisasi, kamu dapat mempelajari cara mengkoordinasi persoalan secara menyeluruh.

  1. Ikuti banyak seminar


Banyak manfaat yg akan kamu dapatkan dari mengikuti seminar, salah satunya adalah melatih dan meningkatkan soft skill kalian.

Dengan mengikuti seminar, kamu bisa mempelajari suatu hal secara langsung dari ahlinya.

seminar juga bisa membuat kamu mengetahui tren terbaru karena yang menjadi narasumber dari seminar tersebut adalah seorang ahli yang mana akan memaparkan materi perihal fenomena atau kejadian yang sedang terjadi di masa kini.

Selain itu, seminar juga dapat memperoleh inspirasi, ide, dan motivasi agar dapat sukses layaknya para narasumber di dalam seminar-seminar tersebut.

  1. Ikuti kegiatan volunteer


Apa itu volunteer ?

Volunteer adalah orang yg melakukan sesuatu dengan sukarela (bukan diwajibkan atau paksaan).

Menjadi volunteer di suatu komunitas tertentu, pastinya akan memperluas networking kamu karena kalian akan berkenalan dengan banyak orang baru, pelajar dari kampus yang berbeda dan lainnya. 

Dalam kegiatan volunteer, kamu bisa meningkatkan soft skill kamu yg diantaranya seperti leadership, collaboration, time management, collaboration, public speaking, dan mempunyai networking yang luas.

  1. Lakukan banyak diskusi dan membaca buku


Sering berdiskusi dengan teman maupun rekan kerja tentunya akan meningkatkan kemampuan soft skill kamu dalam berpikiran kritis.

Sedangkan rutin membaca buku akan membuat kamu memperbanyak kosakata, memperluas pengetahuan, dan memperdalam pembelajaran kalian mengenai beragam topik.

Dengan begitu, kamu akan mudah bertukar pikiran, saling memberikan gagasan, dan ide masing-masing dengan mudah. skill komunikasi kalian pun akan meningkat seiring berjalan nya waktu.

  1. Kenali diri kamu

Dengan mengenali diri sendiri, kamu akan mengetahui apa yg kamu miliki dan memahami kemampuan tersebut untuk mengetahui dan mengasah kemampuan tersebut.

  1. Bangun mimpimu

Mulai bangun mimpi yg nantinya ingin kamu capai, dengan adanya hal itu kamu bisa memotivasi diri untuk mengejar dan meraih impian tersebut melalui perkembangan berbagai kemampuan yg kamu miliki.

  1. Bangun relasi

Bangun hubungan dengan komunikasi yg tepat, Dengan begitu kamu bisa mengasah kemampuan komunikasi kamu sekaligus mencari relasi yg nantinya bermanfaat untuk mencapai impian kamu.

  1. Kenali lingkungan 

Kenali keadaan lingkungan yg ada di sekitarmu, dengan itu kamu bisa memahami bagaimana cara kerja lingkungan yg bisa kamu dijadikan pembelajaran ketika kamu diharuskan pindah kelingkungan baru.

  1. Cari informasi

Mencari referensi atau informasi yg berhubungan dengan kemampuan yg mau kamu asah, membuat kamu memiliki pemikiran yg lebih terbuka dan luas mengenai apa yg harus kamu lakukan untuk menguasai kemampuan tersebut.

  1. Berteman

Menanyakan hal-hal yg tidak kamu ketahui kepada orang-orang yg memiliki  soft skill lebih baik, akan menjadi pengalaman yg bermanfaat untuk kamu.

Beberapa contoh soft skill dan fungsinya

Beberapa contoh soft skill beserta fungsinya.

  1. Soft skill leadership

Seorang individu yg memiliki soft skill leadership, tentunya akan sangat berguna untuk dirinya dalam mengambil keputusan tersulit dan bersikap netral dalam menangani berbagai pendapat individu lain.

  1. Soft skill communication

Bagaimana bisa seorang individu berinteraksi dengan individu lain dengan baik tanpa adanya kemampuan komunikasi?

Hal itu akan percuma jika seseorang punya ide, gagasan, dan pendapat cemerlang akan tetapi tidak bisa dikomunikasikan dengan baik dan tepat.

Kemampuan komunikasi bisa kamu dapatkan dengan mulai menjadi pendengar yg baik terlebih dahulu.

Karena dalam berkomunikasi, semuanya tidak terpaku pada bagaimana kamu berbicara, tetapi bagaimana kamu bisa membalas percakapan dengan baik sesuai dengan apa yg mereka inginkan.

Dengan mempelajari cara mendengarkan yang baik, maka secara tidak langsung kamu juga belajar untuk berbicara dengan baik, jika kamu sudah menguasai dua hal penting ini kamu akan menjadi komunikator yang baik.

Selain itu, terdapat beberapa kemampuan yg masuk kedalam komunikasi dan bisa kamu kembangkan yaitu : 

  • Kemampuan mendengar yg aktif
  • Mampu bernegosiasi
  • Mampu melakukan public speaking
  • Mampu berstory telling
  • Bisa melakukan komunikasi verbal maupun non verbal
  • Presentasi
  • Organisasi
  • Dan mampu membaca body language.
  1. Soft skill Teamwork

Apabila berada didunia bisnis, Kerja tim merupakan kemampuan utama guna membantu sebuah bisnis atau usaha menjadi berkembang.

Apabila ada disekitar tempat kuliahan atau sekolah, kemampuan kerjasama team akan membantu proses pengerjaan suatu tugas agar hasilnya maksimal.

  1. Etos kerja

Seorang individu yg memiliki etos kerja, ia akan memiliki kemampuan untuk konsisten, tepat waktu, fokus pada pekerjaan, dan dapat mengatur waktu dengan sangat tepat.

  1. Bisa berpikir kritis

Berpikir kritis bisa kamu asah dengan dua cara, yaitu dengan memperbanyak informasi yang kamu miliki dengan membaca buku maupun informasi dari internet dan berdiskusi dengan orang lain.

Selain itu,diskusi ataupun debat juga bisa memicu kamu untuk berpikir secara cepat dan spontan.

Cobalah berdiskusi dengan keluarga, teman, maupun rekan kerja dari topik yang ringan, maupun isu yang sedang terjadi di lingkungan sekitar, maupun film yang baru saja kamu nonton.

Berikut beberapa kemampuan yg masuk kedalam berpikir kritis dan bisa kamu kembangkan.

  1. Memiliki attitude yg baik

Segala sesuatu akan percuma jika hard skill yg kamu miliki tidak dibarengi dengan perilaku yg baik.

Good attitude akan melindungi kamu dari kesalahpahaman antar sesama, dan hal negatif yg mampu menghambat proses kerja.

  • Mempunyai kreativitas
  • Mempunyai fleksibilitas
  • Rasa ingin tahu yg tinggi
  • Selera artistik yg tinggi
  • Kemauan untuk mempelajari hal baru
  • Pola pikir yg logis
  • Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah.
  1. Memiliki kemampuan menganalisis, mensintesis, dan mengakses informasi.

Seringkali informasi yg tersebar dan kita baca belum tentu terbukti kebenarannya. itulah alasan mengapa kamu harus memiliki kemampuan ini untuk memilah dan melihat semua informasi yg ada dengan bijak.

Seringkali orang-orang menganggap bahwa semua informasi itu benar dan menelannya secara bulat-bulat.

Buat kamu yg ingin mengembangkan kemampuan ini, kamu bisa menganalisis atau mensintesis sebuah informasi yg kamu inginkan melalui berbagai cara.

Kemampuan ini sangat berguna dalam proses penyelesaian masalah.karena, ketika suatu saat kamu dihadapkan dengan suatu permasalahan yang mengharuskan kamu untuk berpikir, dengan adanya rasa ingin tahu tersebut kamu akan mencoba mencari segala informasi dari berbagai sumber guna menemukan penyelesaian masalah tersebut.

  1. Memiliki rasa ingin tahu, inovatif dan kreatifitas yg tinggi

Ketiga kemampuan ini harus dimiliki seorang profesional untuk mempersiapkan diri saat masuk ke dalam dunia kerja.

Rasa ingin tahu, seringkali dijadikan langkah awal mulainya sebuah kreatifitas serta inovasi yg bermunculan dalam diri seseorang.

Hal ini karena rasa ingin tahu menandakan kamu akan berusaha mencari suatu informasi yg kamu inginkan melalui berbagai cara.

kemampuan ini sangat berguna ketika kamu mau menyelesaikan suatu masalah yg mengharuskan kamu untuk berpikir.

Kemampuan kreativitas serta inovatif tersebut akan sangat berguna bagi kamu dalam mencari berbagai solusi maupun menghadapi rintangan yang ada ketika sedang dihadapkan dengan suatu masalah.

  1. Mempunyai jiwa kepemimpinan

Dalam dunia kerja, tentunya kita sering dituntut untuk menjadi seorang pemimpin yg mampu mengatur keadaan.

Kita tentunya tidak ingin berada diposisi yang sama secara terus-menerus karena semakin tingginya jabatan maka semakin tinggi pula tanggung jawab yg harus kita jalankan termasuk menjadi seorang pemimpin.

Langkah awal untuk menguasai kemampuan ini adalah dengan mengasah rasa percaya diri kamu untuk menerima tantangan tersebut dan melakukannya dengan baik.

Disini saya akan bagikan beberapa keterampilan yg masuk kedalam kemampuan kepemimpinan.

  • Delegasi
  • membuat keputusan
  • Manajemen sebuah konflik
  • Mentoring
  • Kemampuan supervisi
  1. mampu beradaptasi dengan lingkungan baru

Tempat kerja biasanya memiliki suasana maupun pola kerja yg berbeda dari apa yg kita lakukan seperti biasanya, disana kamu tentunya dituntut untuk beradaptasi dengan baik pada lingkungan yg mungkin baru untuk kamu.

Mungkin awalnya kamu akan merasa berat karena kamu belum terbiasa dan harus belajar banyak hal untuk menyesuaikan diri kamu dengan lingkungan yg baru.

Namun, dengan menguasai kemampuan ini, kamu akan lebih mudah menghadapi semua rintangan yg ada karena kemampuan adaptasi yg akan sangat membantu kamu.

Beberapa keterampilan yang termasuk ke dalam kemampuan beradaptasi sebagai berikut.

  • Organisasi
  • Optimisme
  • Fleksibel
  • Komunikasi
  • Konsistensi
  1. Bisa bekerja sama dan berkolaborasi 

Dengan menjadi seorang yg mampu bekerja sama dengan baik dalam sebuah kelompok akan sangat membantu kamu untuk memecahkan masalah yg ada serta menemukan solusi yg lebih baik dikarenakan banyak sudut pandang untuk mendiskusikan suatu permasalahan.

Namun seringkali kita temukan banyak individu yang bekerja dengan baik sendiri dan kesulitan untuk bekerja sama dalam sebuah tim.

Dengan adanya hambatan tersebut seringkali bisa menyusahkan diri sendiri serta anggota kelompok yang lain.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk mulai belajar dan mengasah kemampuan untuk bekerja sama.

  1. Mempunyai kemampuan public speaking

Public speaking sering kali dianggap ketakutan terbesar karena sebagian orang takut atau gugup saat berbicara didepan umum dihadapan banyak orang.

Namun, jika kamu ingin berkembang dan menjadi seorang yg lebih profesional, kamu harus siap dan lawan rasa takut tersebut agar kesempatan yg datang tidak terbuang sia-sia.

  1. Mampu memanajemen waktu

Dalam dunia kerja, memanajemen waktu merupakan hal dan faktor yg sangat penting untuk kamu miliki.

Ketika diberikan sebuah pekerjaan, pastinya kita diberikan tenggat waktu tertentu untuk menyelesaikannya.

Dengan kemampuan manajemen waktu, kamu tentunya bisa lebih mudah mengatur cara kerja agar pekerjaan tersebut bisa selesai tepat waktu dan menandakan kita memiliki kemampuan manajemen waktu yg baik.

  1. Memiliki kemampuan menghubungkan

Ketika seseorang memiliki kemampuan ini, mereka akan lebih mudah membangun hubungan yg luas dan dalam jangka panjang untuk membantumu mencapai tujuan dalam dunia karir.

Banyak kesempatan dan peluang yg akan kamu dapatkan dari kemampuan satu ini. hal ini juga akan membantu kamu memperluas jaringan kerja dimana saja dan kapan saja.

  1. Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah

Dalam dunia kerja, seseorang pastinya tidak luput dengan yg namanya masalah.

Dengan kemampuan ini, Seseorang akan lebih mudah mencari solusi yg tepat untuk suatu masalah yg ada di perusahaan.

Berikut beberapa keterampilan yang termasuk ke dalam kemampuan problem solving  : 

  • Meneliti dan research
  • Kreativitas
  • Manajemen resiko
  • Kritis dalam berpikir
  • Kerja sama dalam sebuah tim
  1. Memiliki etika kerja yg sangat baik

Seseorang yg memiliki etika yg baik akan mampu membangun hubungan yg positif dengan atasan maupun rekan kerja dalam sebuah perusahaan.

Karena seringkali kita melihat seseorang yg tidak dapat menyesuaikan dirinya dan kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Disini ada beberapa keterampilan yang termasuk ke dalam kemampuan memiliki etika kerja sebagai berikut.

  • Gigih
  • Berintegritas
  • Manajemen waktu
  • Perhatian terhadap detail
  • Kerja sama dan teamwork
  • Kooperatif dalam kelompok
  • Antusiasme yang tinggi
  • Kejujuran
  • Kesabaran
  • Rasa percaya diri
  1. Mempunyai etos kerja yg baik

Seseorang yg memiliki etos kerja yg baik tentunya dapat menyelesaikan tugas maupun tanggung jawab yg diberikan dengan baik serta tidak memakan waktu lebih banyak.

Orang yg memiliki kemampuan ini biasanya, memiliki kemampuan untuk fokus, terorganisir, dan mampu mengatur waktu dengan baik.

Disini ada beberapa keterampilan yang termasuk ke dalam kemampuan memiliki etos kerja: 

  • Mampu bekerja dibawah tekanan
  • Memiliki rencana yg matang
  • Bisa memanajemen waktu dengan baik
  • Pekerjaan yg terorganisir
  • Dedikasi yg tinggi
  • Kemampuan multitask
  • Memenuhi tenggat waktu pekerjaan
  1. memiliki kemampuan kecerdasan emosional

Saat ini, para perusahaan seringkali mencari kandidat yang tidak hanya cerdas secara teknis saja namun juga secara emosional.

Orang yg mampu mengendalikan kemampuan emosi seperti marah, kecewa, senang, sedih dan banyak lagi tentu akan membuat dirinya mampu berkembang lebih besar lagi.

Komponen Soft skill

kursus public speaking balikpapan

Ada beberapa komponen soft skill yg dijelaskan oleh O’brien yg menjadi kerangka dalam menyusun kemampuan ini.

  • Kemampuan berkomunikasi terbagi menjadi dua hal yaitu, komunikasi lisan dan komunikasi tulisan. Komunikasi lisan yang menyangkut dengan kemampuan seseorang dalam menyusun kata dan kalimat ketika berbicara dengan orang lain. Sedangkan, komunikasi tulisan menyangkut dengan kemampuan seseorang dalam menyampaikan sebuah pesan kepada orang lain dalam bentuk tulisan.
  • Kemampuan berorganisasi yang melibatkan kemampuan seseorang, dapat mengatur atau memanajemen waktunya agar segala sesuatu yang dikerjakannya dapat selesai tepat waktu. Kemampuan berorganisasi juga berkaitan dengan motivasi yang merupakan faktor penting agar tugas yang diberikan dapat terselesaikan dengan baik dengan penuh tanggung jawab.
  • Kemampuan bekerja sama di dalam tim, kamu akan lebih mudah diterima dalam sebuah lingkungan yang baru jika kamu bisa menyesuaikan diri kamu dengan baik.
  • Kemampuan memimpin sekelompok orang. Menjadi pemimpin yang baik, seseorang harus memiliki kecakapan, visi yang tepat untuk dicapai, keteladanan akan suatu tanggung jawab, kemampuan untuk mengelola emosi, memiliki respon yang cepat serta bertanggung jawab dalam segala hal.
  • Kemampuan berusaha, Hal ini meliputi kemauan untuk mempelajari suatu dan mampu memiliki ketahanan sehingga mampu bekerja dengan baik menghadapi tekanan yang ada.
  • Sikap dan juga moral adalah hal dasar dalam pengambilan sebuah keputusan di kemudian hari jika nantinya terjadi sebuah konflik.

Itulah beberapa pembahasan mengenai kemampuan soft skill, tertarik untuk mempelajarinya ? kamu bisa hubungi pelatihan soft skill atau klik tombol dibawah ini !!

Awas !!! Ketinggalan Jaman ! bUKAN KEBETULAN aNDA MEMBACA arTIKEL INI.

Ilmu Digital Marketing adalah ilmu yang wajib dikuasai semua orang.

Dapatkan Kelas Digital Marketing hanya Rp 2.970 per Materi

Cek Link ini : Daftar Kelas Digital Marketing

9 Contoh Bahasa Tubuh Yg Akan Meningkatkan Jenjang Karir

Bagaimana contoh bahasa tubuh yg baik untuk meningkatkan karir kamu? Saat digunakan dengan baik, bahasa tubuh bisa jadi kunci untuk mencapai kesuksesan. Dengan melakukannya, Anda bisa mengembangkan hubungan kerja, pengaruh dan motivasi positif bagi rekan serta...

9 Alasan Mengapa Kamu Gagal Menjadi Pemimpin Yg Baik

Anda merasa sudah menjadi pemimpin yg baik bekerja sebaik mungkin, sudah menapaki jenjang karir dari bawah, tetapi mengapa promosi jabatan yang Anda impikan tidak juga mampir ke tangan Anda? Alison Green, konsultan karir yang juga penulis buku Managing to Change the...

Apa Fungsi Tanaman ? Jenis Apa Saja Yg Bermanfaat Untuk Lingkungan Sekitar Rumah Kita

Fungsi tanaman bukan sekedar memenuhi unsur keindahan. Lebih dari itu, tanaman juga bermanfaat untuk kebersihan lingkungan. Penerapannya juga tak sulit, karena tidak harus memenuhi syarat lahan yang sangat luas. Dalam media pot untuk lahan mungil, fungsi ini pun bisa...

7 Pertanda Kamu Belum Punya Mental Seorang Pebisnis

Bagaimana tanda kamu memiliki mental seorang pebisnis? simak jawabannya disini Akhir-akhir ini Entrepreneur sangat sering dibicarakan, dan telah menjadi tren baru dalam dunia bisnis. Anda juga mungkin merupakan salah satu dari orang-orang yang ingin mencoba membuka...

Tertarik Berinvestasi? Coba Ikuti Cara berinvestasi aman Yg Akan Kami Bagikan DIbawah Ini

Ada beragam Cara berinvestasi aman yg bisa kamu gunakan untuk memulai berinvestasi. Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk kerja sampingan, lebih baik mulai berpikir untuk mencari investasi. Investasi bisa dilakukan di berbagai instrumen, mulai dari obligasi, saham,...

Sering Bangun Pagi ? Sudah Tau Manfaat Bangun Pagi Lainnya Selain Menenangkan Pikiran?

Ehem,Langsung saja. apa manfaat bangun pagi ? Anda pernah mendengar slogan "Early to bed, early to rise, makes a man healthy, wealthy, and wise"? Belum? Slogan ini sungguh tepat, karena ketika anda tidur lebih cepat dan bangun lebih awal, anda mendapat cukup waktu...

Ditolak Saat Melakukan Pengajuan KPR? Mungkin Ini Penyebabnya

Tak sedikit orang gagal mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR) karena melakukan beberapa kesalahan akibat ketidaktahuannya. Setidaknya ada tujuh kesalahan kerap terjadi dalam pengajuan KPR. Agar kesalahan tersebut tidak terjadi pada Anda saat mengajukan kredit...

7 Kekeliruan Pria Saat Ingin luluhkan Wanita Cuek dan Susah Didekati

Pria mana yang tidak ingin terlihat baik dan menyenangkan saat ingin luluhkan wanita cuek yg disukainya atau hati kekasihnya. Tapi seringkali karena berusaha terlalu keras untuk tampil sempurna, pria kerap melakukan hal-hal yang justru membuat wanita ilfil. Dilansir...

7 Kebiasaan Orang Sukses Yg Bisa Kamu Jadikan Motivasi Diri

Business People Listening to the Public Speaker Jakarta - Untuk dapat meraih kesuksesan, setiap orang tentunya harus bisa menerapkan kebiasaan orang sukses yg membutuhkan perjuangan dan pengorbanan. Sebab, kesuksesan tidak dapat dicapai secara mudah dan gratis. Tak...

Merasa Apa Yg Kamu Rencanakan Tidak Berjalan Mulus? Coba 7 Cara Menentukan Goal Berikut Ini

Sebenarnya bagaimana cara menentukan goal yg mudah terwujud atau sesuai dengan yg sudah kita rencanakan? Diartikel ini akan kami bahas bagaimana kamu harus memulainya dan apa yg harus kamu lakukan\ untuk mencapai tujuan kamu. "Anda tidak akan pernah kemana-mana jika...