9 Kata Larangan Yg Tidak Boleh Dikatakan Kepada Anak

Lain-Lain

Jakarta – Menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah untuk dijalankan. Terkadang, permasalahan di kantor, konflik dengan suami, atau permasalahan keluarga malah membuat Anda kesal dan mengeluarkan kata larangan ketika berhadapan dengan sikap anak yang kurang menyenangkan.

Apalagi jika si kecil meminta macam-macam kepada Anda, sehingga tidak menutup kemungkinan Anda mengucapkan kata-kata yang seharusnya tidak boleh diucapkan ke buah hati tercinta. Tentu saja, hal tersebut akan meninggalkan luka tersendiri bagi anak Anda.

Berikut bagian pertama dari sembilan hal yang sebaiknya jangan diucapkan orangtua kepada buah hatinya seperti dilansir Parenting :

1.Kata larangan ini sangat sensitif dikatakan kepada anak “Pergi! Mama ingin sendiri dulu”

Mengabaikan anak

Ketika Anda mengatakan kalimat ini kepada si kecil, Suzette Haden Elgin, Ph.D., pendiri Ozark Center for Language Studies mengatakan bahwa anak akan menginternalisasi kalimat tersebut dan berpikir tidak ada gunanya untuk berusaha berbicara kepada Anda karena mereka selalu diusir. Selain itu, jika Anda terbiasa mengatakan hal ini kepada anak, ketika dewasa ia akan terbiasa pula mengatakan hal yang sama kepada orang lain.

Ketimbang mengucapkan kalimat di atas, ketika Anda memang sibuk coba katakan pada anak, “ada yang ibu harus kerjakan dan selesaikan, jadi ibu ingin kamu menggambar dulu sendiri ya beberapa menit. Kalau ibu sudah selesai, ibu akan menyusul”. Anda juga harus realistis, anak-anak yang berusia balita dan pre school tidak bisa membuat diri mereka sendiri tenang selama beberapa jam.

2. Kata larangan “Kamu itu…”

Cuek kepada anak

Memberikan label adalah jalan pintas untuk mengubah anak-anak. Jika Anda mengatakan “kamu itu memang pemalas,” maka ia akan ikut melabeli dirinya secara tidak langsung dan menganggap dirinya memang pemalas dan tidak ada yang dapat diubah.

Jika kita memberikan label yang buruk kepada anak seperti bodoh, nakal, dan sebagainya, maka hal tersebut akan terus melekat dan bisa saja menjadi identitas dirinya yang ia internalisasi hingga dewasa.

Sebaliknya, jika Anda mengatakan “kamu anak yang pintar,” ia akan mengira Anda memiliki ekspektasi yang besar untuknya dan hal tersebut tentu saja dapat menjadi suatu beban tersendiri baginya.

Jika Anda ingin untuk mengubah tingkah laku si kecil, lebih baik katakan secara jelas dan spesifik apa yang sebaiknya ia lakukan dan apa yang sebaiknya tidak ia lakukan tanpa memberi label untuknya.

3. “Jangan menangis”

Pelatihan softskill anak

“Jangan sedih!,” atau “jangan seperti anak kecil” merupakan variasi lain dari kalimat di atas. Jika Anda perhatikan, anak-anak belum bisa menyalurkan emosinya melalui kata-kata. Mereka tertawa ketika mereka senang, dan sudah pasti mereka menangis jika mereka sedih. Hal tersebut merupakan hal yang lumrah.

“Sebenarnya, wajar bila orang tua tidak ingin anaknya merasa sedih atau menangis. Tetapi, dengan mengatakan “jangan” dan “tidak” kepada anak tidak akan membuat anak tersebut merasa lebih baik.

Bahkan, hal tersebut akan menimbulkan kesan bahwa emosi mereka tidak benar dan tidak baik untuk merasa sedih atau takut,” kata Debbie Glasser, Ph.D., direktur dari Family Support Services di Nova Southeastern University, Florida, Amerika Serikat.

Daripada Anda memintanya jangan menangis, cobalah pahami emosi atau kesedihannya. “Ibu tahu kamu takut sekolah tidak ditemani ibu.

Tapi di sana ada ibu guru yang bisa jadi pengganti ibu sebentar dan ada teman-teman kamu. Kalau kamu masih takut, ibu selalu ada di luar dan kamu bisa bertemu aku kapanpun kamu mau. Ibu janji nggak akan ninggalin kamu sendirian”.

Dengan memahami kesedihannya, Anda bisa memberikan contoh bagaimana mengekspresikan perasaannya. Anda juga menunjukkan padanya bagaimana bersikap empati. Di kemudian hari, anak pun jadi tidak lagi terlalu sering menangis dan bisa mengekspresikan kesedihannya.

4. “Kenapa kamu tidak seperti dia?”

Pelatihan soft skill anak

Wajar bagi orang tua untuk membanding-bandingkan si kakak dengan si adik, atau membandingkan anak dengan temannya yang lain.

Tapi, membanding-bandingkan anak Anda bukanlah cara yang efektif untuk mengubah perilakunya. Anak memiliki fase tersendiri untuk belajar, memiliki temperamennya masing-masing, juga kepribadiannya yang pasti berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Membandingkan anak Anda akan menyiratkan bahwa Anda ingin ia tidak menjadi dirinya sendiri dan hal tersebut justru malah akan menyakiti hatinya.

Selain itu, membanding-bandingkan anak juga dapat merusak kepercayaan dirinya. Lebih baik, berikan apresiasi dan pujian atas tingkah lakunya yang Anda sukai agar dapat mendorongnya untuk melakukan hal tersebut kembali.

Selain empat kalimat di atas, masih ada lima ucapan lainnya yang akan dibahas di 9 Hal Ini Sebaiknya Jangan Anda Ucapkan Pada Anak (Bag. 2). Tunggu artikelnya di wolipop.

Ikuti pelatihansoftskill sekarang juga! sudah ribuan peserta mengikuti kelas kami karena disini kamu akan mempelajari caramenjadi seorang public speaker profesional, jualan marketing, digital marketing,
caramenjadi konten creator yg profesional dan lainnya.

Jika berminat, kamu bisa klik tombol dibawah ini

Awas !!! Ketinggalan Jaman ! bUKAN KEBETULAN aNDA MEMBACA arTIKEL INI.

Ilmu Digital Marketing adalah ilmu yang wajib dikuasai semua orang.

Dapatkan Kelas Digital Marketing hanya Rp 2.970 per Materi

Cek Link ini : Daftar Kelas Digital Marketing

Kata Siapa Orang Yg Resign Dari Kerjaan Gabisa Sukses? Coba Lihat 10 Kisah Orang Sukses Ini.

Pernahkah Anda berharap ingin berhenti dari pekerjaan sekarang dan mewujudkan mimpi Anda? Bisa saja nasib baik berpihak Anda, seperti kisah orang sukses ini Mereka bisa mendulang sukses setelah meninggalkan pekerjaan yang memberikan mereka gaji tetap. Kesuksesan...

Moodswing Sering Ganggu Aktivitas Kamu? Coba Cara Meningkatkan Mood Yg Satu Ini.

Bagaimana cara meningkatkan mood kamu ketika moodswing kamu muncul diwaktu yg tidak tepat? Coaba 10 cara ini : 1. Berjalan-jalan adalah cara meningkatkan mood yg pertama Ajaklah anjing, sahabat, atau teman dekat dan olahraga jalan cepat. Hanya sedikit olahraga yang...

Pusing Menghadapi Ujian? Ini Dia 10 Cara Belajar Efektif Ampuh Ketika Kamu Menghadapi Ujian.

Sebentar lagi ujian !! Jangan Panik !! Coba 10 Cara belajar efektif yg akan kami bagikan dibawah ini : 1. Cara Belajar Efektif Pertama Adalah, Pilih Waktu Belajar yang Tepat Waktu belajar yang paling pas adalah pada saat badan kita masih segar. Memang tidak semua...

Ini Alasan Kenapa Kamu Yg Rajin Sedekah Tetap Miskin !!

Pernahkah kamu merasa bahwa kamu sudah rajin sedekah tetap miskin ? Mungkin artikel ini akan menjelaskan beberapa alasannya : 10. Anda Terlalu Memperdulikan Apa Kata Tetangga Atau Orang Lain adalah alasan ketika kamu sudah rajin sedekah tetap miskin Jika Anda bersaing...

9 Mindset Quotes Menurut Bill Gates Yg Harus Kamu Terapkan Sebelum Membuka Bisnis

Sebelum membuka usaha, ada baiknya kamu menerapkan 9 Mindset quotes dibawah ini untuk memotivasi dan mewaspadai diri kamu saat membuka bisnis. Berikut 9 mindset yg harus kamu terapkan menurut Bill gates : 1. Mindset Quotes pertama, Kawan adalah aset berharga Dengan...

Jangan Lakukan Ini ! Jika Kamu Tidak Ingin Branding Bisnis Online Kamu Gagal.

Ini yg tidak boleh kamu lakukan saat Branding bisnis online kamu! Jika Anda memiliki sebuah bisnis online, memiliki website yang rapi tidaklah cukup. Pada masa sekarang ini dimana dunia online sudah sangat berpengaruh, Anda membutuhkan sesuatu yang lebih dari sekedar...

Takut Audiens Bosan Mendengar Presentasi Kamu? Coba Tambahkan Materi Public Speaking Ini Kedalam Presentasi Kamu

Bagi sebagian orang, Materi public speaking yg hanya fokus membahas materi saja tentunya akan membuat mereka merasa cepat bosan dan lelah ketika mendengarkannya. ada baiknya kamu memasukan beberapa kisah singkat inspiratif ini kedalam materi kamu untuk menarik minat...

Sedang Bertengkar Dengan Istri Kamu? Coba Pakai Kata Gombal yg Satu Ini

Pastinya kamu pernah merasa bingung ketika istri kamu marah atau cuek sama kamu bukan? Coba pakai kata gombal yg satu ini 1. Tadi Malam Aku Kirim Bidadari Untuk Menjaga Tidurmu. Eh, Dia Buru-Buru Balik. Katanya, 'Ah, Masa Bidadari Disuruh Jaga Bidadari?' --- Hoek! 2....

5 Quotes Motivasi Dari Film Inception Yg Bisa Kamu Dijadikan Pelajaran Hidup

5 quotes motivasi yg bisa kamu jadikan pelajaran dan motivasi hidup kamu Quotes Motivasi 1 : Segala Sesuatu di Dunia ini dimulai sebagai Ide Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, premis film ini adalah: Saito, seorang pengusaha yang sangat besar, ingin Fischer,...

9 Contoh Bahasa Tubuh Yg Akan Meningkatkan Jenjang Karir

Bagaimana contoh bahasa tubuh yg baik untuk meningkatkan karir kamu? Saat digunakan dengan baik, bahasa tubuh bisa jadi kunci untuk mencapai kesuksesan. Dengan melakukannya, Anda bisa mengembangkan hubungan kerja, pengaruh dan motivasi positif bagi rekan serta...