Setelah menabung dalam waktu yang lama , akhirnya kita membeli barang yang kita inginkan . Jangan sampai membeli barang yang salah, kamu harus membeli harta dan bukan kewajiban.

Bagi kamu yang belum bisa membedakan harga dan kewajiban maka sebaiknya membaca pembahasan sebelumnya.

Harta yang sebenarnya adalah sesuatu yang memberikan penghasilan terus menerus sedangkan kewajiban adalah sesuatu yang menjadi pengeluaran terus menerus.

Secara umum, barang akan mengalami depresiasi. Depresiasi adalah penurunan nilai barang.

ninja

Kita ambil contoh Motor Kawasaki Ninja

Di tahun 2019 (kondisi baru) Harganya Rp 62.000.000,-

Kondisi bekas keluaran produksi tahun 2017 Harganya kini Rp 58.000.000,-

Sedangkan kondisi bekas keluaran produksi tahun 2015 harganya kini Rp 42.000.000,-

Apa yang bisa disimpulkan ? Tanpa kita sadari kita mengeluarkan uang karena menurunnya nilai motor kawasaki ninja. Dalam 2 tahun kita mengeluarkan uang Rp 4.000.000,- dan dalam 4 tahun kita mengeluarkan uang Rp 20.000.000 !

alamaaak

Selain pengeluaran atas penurunan harga, ternyata kita harus servis rutin kisaran Rp 1.000.000 per 2-3 bulan sekali, bensin yang kita keluarkan dalam perjalanan serta perawatan tambahan lainnya.

Pengeluaran ini yang sering kita abaikan dengan anggapan bahwa barang yang kita beli kan bisa kita jual lagi. Kita disini masih mengabaikan adanya inflasi dari uang rupiah yang juga menurunkan nilai uang kita saat menjual.

Belum lagi jika kita mencicil barang tersebut, maka ada tambahan nilai bunga yang meningkatkan harga barang tersebut.

Masih ingin beli kendaraan agar terlihat kaya ? Semahal apapun kendaraan yang kamu beli , pada akhirnya hanya akan masuk gudang barang rongsok.

lamborjini

Di kota – kota besar dunia seperti London, Singapore, New York dan Dubai, harga kendaraan bermotor sangat tinggi sekali. Hanya orang super kaya yang bisa memilikinya. Maka orang sudah biasa memakai transportasi umum atau transportasi online untuk sehari hari. Kendaraan umum adalah barang mewah dan mereka sudah sadar bahwa kendaraan adalah pengeluaran tanpa batas.

Jadi tidak ada yang bisa kita beli untuk menjadi harta ?

Kita akan bahas di pembahasan selanjutnya.