Saya juga ingin cepat kaya, tapi penghasilan saya selalu kurang. Padahal penghasilan saya meningkat setiap tahunnya. Saya juga sering menabung, tapi tabungan saya selalu hilang entah kemana.

Apa yang salah ?

Mindset… Pembahasan ini adalah lanjutan dari pembahasan sebelumnya tentang pengertian harta.

Menabung adalah hal yang diajarkan sejak kita kecil. Dulu kita pakai celengan ayam setiap kita memiliki uang lebih, atau sisa uang saku. Disinilah letak kesalahan tentang menabung, yaitu menabung saat ada kelebihan uang saja.

celengan ayam

Apakah kamu selalu kelebihan uang dan menabung sisa uang nya setiap bulan ?

Berbeda dengan teknik menabung di negara maju, menabung adalah menyisihkan uang saat kita terima penghasilan. Di dalam ajaran agama sebenarnya sudah dijelaskan agar menyisihkan uang untuk bersedekah. Di agama kristen dikenal perpuluhan sedangkan di agama Islam dikenal zakat. Bukan sisa uang lalu disedekahkan , tapi menyisihkan uang saat menerima penghasilan.

zakat

Sama hal nya dengan menabung, jumlah yang kita tabung harus terukur. Misalnya 20% dari gaji bulanan, atau 5% dari penghasilan jualan tiap hari. Dengan cara ini maka kita pasti menabung secara rutin. Dengan menabung secara rutin dengan nominal yang tetap maka tabungan kita pasti bertumbuh .

tabungan

Setelah menabung kita biasa beli barang dengan tabungan kita. Barang apa yang kamu beli ?

Motor ? Mobil ? Ganti handphone baru ?

Nah kita bahas tentang mengapa barang yang kamu beli sebenarnya merugikan kamu seumur hidup di pembahasan selanjutnya.