Menjadi BOSS itu rasanya keren banget ya. Bisa dipanggil pak atau boss oleh banyak orang. Terus kalau ditanya kamu bisnis apa ? Saat orang lain bilang saya kerja sesuatu kita bilang saya PUNYA bisnis ini itu… Keren deh.

Tapi…

Di saat seorang karyawan mendapat penghasilan tetap per bulan, seorang pemilik bisnis bisa mendapat penghasilan sangat kecil. Bahkan kadang bisa rugi. Kalau jadi karyawan, meskipun melakukan kesalahan sebesar apapun. Hukuman paling beratnya adalah dipecat, sedangkan kerugiaan yang dilakukan karyawan akan ditanggung oleh pemilik bisnis.

Menjadi karyawan cukup mengerjakan 1 jenis pekerjaan saja, seorang manager akan mengerjakan tugas yang itu – itu saja selama dia bekerja. Manajer tersebut tidak perlu memikirkan bagaimana keuntungan perusahaan. Seorang operator mesin akan mengendalikan mesin saja tanpa perlu memikirkan bagaimana membayar gaji karyawan.

Menjadi Self employee lebih enak lagi ! Semua penghasilan dari kerja kerasnya akan menjadi milik pribadi tanpa perlu membagi dengan orang lain.

stress jadi boss

Jadi apa gunanya menjadi business owner ? Susah sekali kan.

Seorang Pemilik bisnis (Business owner) memiliki ciri sebagai berikut.
Pemilik bisnis tidak perlu mengerjakan apapun di perusahaan yang dia miliki. Karena seorang Pemilik bisnis memiliki sistem yang mengatur jalannya perusahaan tersebut. Jika sang Pemilik bisnis masih harus rutin mengerjakan sesuatu di perusahaan tersebut maka dia masih Self Employee. Pemilik bisnis hanya perlu mengecek keuntungan kerugian yang diperoleh dari sistem yang dibuatnya.

Pemilik bisnis memiliki kepemilikan saham atas namanya sendiri sebesar 51% atau lebih.

Lalu mengapa hanya sedikit orang yang bisa mencapai posisi pemilik bisnis ini ?

Membuat sistem perusahaan adalah suatu hal yang tidak mudah. Banyak Pemilik bisnis memulainya dengan kerja mandiri atau self employee terlebih dahulu.

Melalui kerja mandiri maka kita dapat menemukan hal penting apa yang menjadi inti dari perusahaan atau bisnis yang akan kita bangun. Ingat sebuah perusahaan harus bisa memberikan nilai lebih kepada dunia ini.

Kita juga dapat mempelajari kelemahan dan kelebihan dari perusahaan yang kita buat dengan detil. Kita dapat mengetahui pekerjaan apa saja di dalamnya, seberapa besar beban dari pekerjaan tersebut. Sehingga saat kita mempekerjakan karyawan, kita bisa tahu beban kerja mereka. Kita akan lebih menghargai kerja karyawan dan kita menjadi pemimpin bisnis bukan BOSS.

Keuntungan terbesar jadi business owner tentu saja KEBEBASAN. Apakah para business owner akan foya foya, berlibur dan menghabiskan waktu di depan televisi ?

orang kaya semakin kaya

Percayalah mereka business owner sejati akan membuat bisnis yang lain, investasi, belajar ilmu baru dan terus mengembangkan kekayaannya. Oleh karena itu orang kaya semakin kaya, orang miskin akan semakin miskin.