Cara meningkatkan percaya diri saat kamu gugup berbicara

Pengembangan Diri, Public Speaking

Cara meningkatkan percaya diri merupakan tips dasar yg dicari banyak orang saat ini. 

Percaya diri dalam berbicara didepan umum adalah aset yg harus kita punya saat melakukan presentasi atau memimpin acara manapun.

Dengan percaya diri saat berbicara, kamu akan lebih nyaman dan mendapatkan rasa bahagia ketika melakukannya.

Hal itu juga akan meyakinkan para peserta atau audien bahwa apa yg kamu katakan layak untuk didengarkan.

Dari semua hal yg dapat kamu tunjukan dalam pertunjukan lisan. Ada dua hal yg harus kamu perhatikan dan poles, yaitu gairah dan topik yg akan kamu sampaikan. Dan hal lainnya tentu saja rasa percaya diri.

Cara meningkatkan percaya diri yg pertama adalah, berapa tingkat percaya diri yg kamu butuhkan ?

Seberapa percaya diri kamu saat menyampaikan presentasi, komentar, dan pidato yg merupakan bagian yg ada dalam pekerjaan kamu ?

Bisakah kamu mengembangkan tingkat ketenangan mutlak seorang aktor dalam hal berbicara didepan umum ?

Tugas kamu saat ini bukanlah menjadi pembicara terbaik yg ada di dunia. Kamu hanya perlu bersikap tulus terhadap topik yg akan kamu berikan dan melakukan yg terbaik saat menyampaikannya kepada audien.

Daripada berusaha terlihat baik saat berbicara, akan lebih mudah bagi kamu untuk bersikap tulus dan santai, tidak peduli seberapa besar audien yg akan kamu hadapi.

Langkah pertama yg harus kamu lakukan adalah, mengalihkan fokus kamu pada diri sendiri dan menempatkannya pada orang-orang yg perlu mendengar apa yg kamu katakan.

Keterampilan bawaan ketika menjadi pembicara adalah hal yg harus dipoles dan lebih penting daripada yg kamu pikirkan,

Ketika kamu menyadari keterampilan bawaan yg kamu punya, hal itu akan mengatasi rasa gugup dan membuat kamu berhasil menjadi komunikator yg jujur dan bersungguh-sungguh. 

Cara meningkatkan percaya diri yg kedua adalah berfikir apakah hal itu ada semua di dalam pikiran kamu ?

Jika kamu khawatir,takut dan bingung ketika berbicara didepan umum, Buang lah pemikiran itu dan pikirkanlah bahwa kamu adalah seorang ahli dibidang kamu.

Ketakutan bukanlah proses yang rasional. Respon kamu terhadap tekanan emosional,sosial pressures, berbicara negatif pada diri sendiri akan berpengaruh terhadap terciptanya rasa gugup dan kecemasan saat berbicara.

Pelatih suara di inggris patsy rodenburg,yg bekerja dengan aktor terkenal di inggris mengklaim bahwa ( Seorang aktor yg naik ke panggung untuk acara pers,mengalami ketegangan yg sama dengan seseorang yg mengalami kecelakaan mobil besar). 

Hal ini tentunya menunjukan bahwa aktor pun bisa mengalami stres besar saat melakukan acara yg sering dia lakukan.

Tetapi bagi seorang pembicara hal itu adalah hal yg menggembirakan karena menciptakan pengalaman demam panggung dan membuat kamu berfikir bagaimana kamu menempatkan diri dalam keadaan yg positif dan produktif.

Rubah pikiran negatif kamu 

Cara meningkatkan percaya diri adalah mengurangi “Negative cognitive bias” yg ada didalam diri kamu.

Negative cognitive bias adalah kecenderungan untuk fokus pada hasil yg negatif daripada hasil positif yg akan dihasilkan.

Jika kamu fokus pada hal negatif secara terus-menerus, maka kamu akan mendapatkan gambaran dunia yang tidak akurat.

Akibatnya, kamu akan melihat hal-hal berbahaya,bukan karena hal itu ada, tapi karena kamu mengharapkan hal negatif itu terjadi.

Seperti yang dikatakan Hamlet kepada Horatio, “Tidak ada hal yang baik atau buruk, tetapi pikiran lah yang membuatnya begitu.”

Artinya, inilah saatnya kamu untuk mengubah pandangan saat berbicara di depan umum. Dan salah satu cara yang dapat diandalkan adalah mengetahui bagaimana mengembangkan pola pikir positif pada diri kamu.

Kamu dapat mengatur ulang pikiran negatif dan beralih dari reaksi negatif di mana berbicara di depan umum, menjadi wilayah positif.

Begini tipsnya  : Ketika otak kamu selalu berpikiran seperti”saya bukan pembicara publik speaking yg baik” maka ubahlah kata-kata itu menjadi “saya bisa berbicara secara efektif dan baik”

Atur nafas untuk menenangkan diri kamu.

Ketika saya melatih para profesional dalam mengatasi ketakutan saat berbicara, saya akan menunjukan bahwa masing-masing dari kita memiliki demam panggung yg sangat berbeda.

Dan selama bertahun-tahun, saya telah menemukan bahwa cara terbaik dan tercepat melawan reaksi fisik yg kuat itu adalah, dengan belajar bagaimana cara bernapas untuk menenangkan dan fokus pada tujuan.

Saat kamu mengalami ketakutan, sistem saraf simpatik akan bekerja lebih keras lagi.Itulah yg disebut sistem pengaktifan atau “fight-or-flight”. Sistem saraf parasimpatis.

Dan triknya adalah, mempelajari cara menyalakannya sebelum kamu berada dalam situasi yang memicu kecemasan.

Ketika kamu ingin memperlambat detak jantung dan memperdalam nafas, salah satu cara paling mudah dan tercepat adalah kamu harus sedikit memperpanjang pernafasan.

Jadi cobalah bernapas dalam pola 4-4-6-2: tarik napas selama 4 hitungan, berhenti sejenak untuk jumlah waktu yang sama, hembuskan selama enam hitungan hening, lalu hentikan proses selama dua hitungan sebelum memulai lagi. .

Jika kamu melakukan hal itu secara rutin, kamu bisa mengontrol kecemasan kamu dan mendorong kamu dari kehilangan kendali.

Itulah cara meningkatkan percaya diri yg bisa kamu praktekkan untuk menjadi pembicara yg baik.

Masih gugup atau takut saat berbicara depan umum ? atau berniat menjadi pembicara untuk acara seminar dan pidato ? atau ingin jadi pembicara yg baik untuk konten pribadi kamu ?

Hubungi Pelatihan soft skill sekarang juga !! KLIK DISINI 

ATAU klik tombol hubungi kami.

Disini kamu akan diberikan materi dan bimbingan cara menjadi pembicara yg benar, meningkatkan rasa percaya diri, dan melatih mental kamu agar berani berbicara didepan umum.

Yuk tunggu apalagi !! hubungi pelatihan softskill sekarang juga.

Artikel by Resty Noviani

Awas !!! Ketinggalan Jaman ! bUKAN KEBETULAN aNDA MEMBACA arTIKEL INI.

Ilmu Digital Marketing adalah ilmu yang wajib dikuasai semua orang.

Dapatkan Kelas Digital Marketing hanya Rp 2.970 per Materi

Cek Link ini : Daftar Kelas Digital Marketing

9 Alasan Mengapa Kamu Gagal Menjadi Pemimpin Yg Baik

Anda merasa sudah menjadi pemimpin yg baik bekerja sebaik mungkin, sudah menapaki jenjang karir dari bawah, tetapi mengapa promosi jabatan yang Anda impikan tidak juga mampir ke tangan Anda? Alison Green, konsultan karir yang juga penulis buku Managing to Change the...

Apa Fungsi Tanaman ? Jenis Apa Saja Yg Bermanfaat Untuk Lingkungan Sekitar Rumah Kita

Fungsi tanaman bukan sekedar memenuhi unsur keindahan. Lebih dari itu, tanaman juga bermanfaat untuk kebersihan lingkungan. Penerapannya juga tak sulit, karena tidak harus memenuhi syarat lahan yang sangat luas. Dalam media pot untuk lahan mungil, fungsi ini pun bisa...

7 Pertanda Kamu Belum Punya Mental Seorang Pebisnis

Bagaimana tanda kamu memiliki mental seorang pebisnis? simak jawabannya disini Akhir-akhir ini Entrepreneur sangat sering dibicarakan, dan telah menjadi tren baru dalam dunia bisnis. Anda juga mungkin merupakan salah satu dari orang-orang yang ingin mencoba membuka...

Tertarik Berinvestasi? Coba Ikuti Cara berinvestasi aman Yg Akan Kami Bagikan DIbawah Ini

Ada beragam Cara berinvestasi aman yg bisa kamu gunakan untuk memulai berinvestasi. Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk kerja sampingan, lebih baik mulai berpikir untuk mencari investasi. Investasi bisa dilakukan di berbagai instrumen, mulai dari obligasi, saham,...

Sering Bangun Pagi ? Sudah Tau Manfaat Bangun Pagi Lainnya Selain Menenangkan Pikiran?

Ehem,Langsung saja. apa manfaat bangun pagi ? Anda pernah mendengar slogan "Early to bed, early to rise, makes a man healthy, wealthy, and wise"? Belum? Slogan ini sungguh tepat, karena ketika anda tidur lebih cepat dan bangun lebih awal, anda mendapat cukup waktu...

Ditolak Saat Melakukan Pengajuan KPR? Mungkin Ini Penyebabnya

Tak sedikit orang gagal mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR) karena melakukan beberapa kesalahan akibat ketidaktahuannya. Setidaknya ada tujuh kesalahan kerap terjadi dalam pengajuan KPR. Agar kesalahan tersebut tidak terjadi pada Anda saat mengajukan kredit...

7 Kekeliruan Pria Saat Ingin luluhkan Wanita Cuek dan Susah Didekati

Pria mana yang tidak ingin terlihat baik dan menyenangkan saat ingin luluhkan wanita cuek yg disukainya atau hati kekasihnya. Tapi seringkali karena berusaha terlalu keras untuk tampil sempurna, pria kerap melakukan hal-hal yang justru membuat wanita ilfil. Dilansir...

7 Kebiasaan Orang Sukses Yg Bisa Kamu Jadikan Motivasi Diri

Business People Listening to the Public Speaker Jakarta - Untuk dapat meraih kesuksesan, setiap orang tentunya harus bisa menerapkan kebiasaan orang sukses yg membutuhkan perjuangan dan pengorbanan. Sebab, kesuksesan tidak dapat dicapai secara mudah dan gratis. Tak...

Merasa Apa Yg Kamu Rencanakan Tidak Berjalan Mulus? Coba 7 Cara Menentukan Goal Berikut Ini

Sebenarnya bagaimana cara menentukan goal yg mudah terwujud atau sesuai dengan yg sudah kita rencanakan? Diartikel ini akan kami bahas bagaimana kamu harus memulainya dan apa yg harus kamu lakukan\ untuk mencapai tujuan kamu. "Anda tidak akan pernah kemana-mana jika...

Ternyata, Cara mengambil keputusan Tepat Itu Membutuhkan Langkah yg Sistematis

Tahukah kamu, Cara mengambil keputusan tepat itu membutuhkan langkah yg sistematis? Sadarkah anda, bahwa anda dihadapkan dengan ratusan pilihan dan keputusan setiap hari? Makanan apa yang kamu makan hari ini, baju apa yang kamu pakai saat bekerja, film apa yang akan...