Cara meningkatkan percaya diri saat kamu gugup berbicara

Pengembangan Diri, Public Speaking

Cara meningkatkan percaya diri merupakan tips dasar yg dicari banyak orang saat ini. 

Percaya diri dalam berbicara didepan umum adalah aset yg harus kita punya saat melakukan presentasi atau memimpin acara manapun.

Dengan percaya diri saat berbicara, kamu akan lebih nyaman dan mendapatkan rasa bahagia ketika melakukannya.

Hal itu juga akan meyakinkan para peserta atau audien bahwa apa yg kamu katakan layak untuk didengarkan.

Dari semua hal yg dapat kamu tunjukan dalam pertunjukan lisan. Ada dua hal yg harus kamu perhatikan dan poles, yaitu gairah dan topik yg akan kamu sampaikan. Dan hal lainnya tentu saja rasa percaya diri.

Cara meningkatkan percaya diri yg pertama adalah, berapa tingkat percaya diri yg kamu butuhkan ?

Seberapa percaya diri kamu saat menyampaikan presentasi, komentar, dan pidato yg merupakan bagian yg ada dalam pekerjaan kamu ?

Bisakah kamu mengembangkan tingkat ketenangan mutlak seorang aktor dalam hal berbicara didepan umum ?

Tugas kamu saat ini bukanlah menjadi pembicara terbaik yg ada di dunia. Kamu hanya perlu bersikap tulus terhadap topik yg akan kamu berikan dan melakukan yg terbaik saat menyampaikannya kepada audien.

Daripada berusaha terlihat baik saat berbicara, akan lebih mudah bagi kamu untuk bersikap tulus dan santai, tidak peduli seberapa besar audien yg akan kamu hadapi.

Langkah pertama yg harus kamu lakukan adalah, mengalihkan fokus kamu pada diri sendiri dan menempatkannya pada orang-orang yg perlu mendengar apa yg kamu katakan.

Keterampilan bawaan ketika menjadi pembicara adalah hal yg harus dipoles dan lebih penting daripada yg kamu pikirkan,

Ketika kamu menyadari keterampilan bawaan yg kamu punya, hal itu akan mengatasi rasa gugup dan membuat kamu berhasil menjadi komunikator yg jujur dan bersungguh-sungguh. 

Cara meningkatkan percaya diri yg kedua adalah berfikir apakah hal itu ada semua di dalam pikiran kamu ?

Jika kamu khawatir,takut dan bingung ketika berbicara didepan umum, Buang lah pemikiran itu dan pikirkanlah bahwa kamu adalah seorang ahli dibidang kamu.

Ketakutan bukanlah proses yang rasional. Respon kamu terhadap tekanan emosional,sosial pressures, berbicara negatif pada diri sendiri akan berpengaruh terhadap terciptanya rasa gugup dan kecemasan saat berbicara.

Pelatih suara di inggris patsy rodenburg,yg bekerja dengan aktor terkenal di inggris mengklaim bahwa ( Seorang aktor yg naik ke panggung untuk acara pers,mengalami ketegangan yg sama dengan seseorang yg mengalami kecelakaan mobil besar). 

Hal ini tentunya menunjukan bahwa aktor pun bisa mengalami stres besar saat melakukan acara yg sering dia lakukan.

Tetapi bagi seorang pembicara hal itu adalah hal yg menggembirakan karena menciptakan pengalaman demam panggung dan membuat kamu berfikir bagaimana kamu menempatkan diri dalam keadaan yg positif dan produktif.

Rubah pikiran negatif kamu 

Cara meningkatkan percaya diri adalah mengurangi “Negative cognitive bias” yg ada didalam diri kamu.

Negative cognitive bias adalah kecenderungan untuk fokus pada hasil yg negatif daripada hasil positif yg akan dihasilkan.

Jika kamu fokus pada hal negatif secara terus-menerus, maka kamu akan mendapatkan gambaran dunia yang tidak akurat.

Akibatnya, kamu akan melihat hal-hal berbahaya,bukan karena hal itu ada, tapi karena kamu mengharapkan hal negatif itu terjadi.

Seperti yang dikatakan Hamlet kepada Horatio, “Tidak ada hal yang baik atau buruk, tetapi pikiran lah yang membuatnya begitu.”

Artinya, inilah saatnya kamu untuk mengubah pandangan saat berbicara di depan umum. Dan salah satu cara yang dapat diandalkan adalah mengetahui bagaimana mengembangkan pola pikir positif pada diri kamu.

Kamu dapat mengatur ulang pikiran negatif dan beralih dari reaksi negatif di mana berbicara di depan umum, menjadi wilayah positif.

Begini tipsnya  : Ketika otak kamu selalu berpikiran seperti”saya bukan pembicara publik speaking yg baik” maka ubahlah kata-kata itu menjadi “saya bisa berbicara secara efektif dan baik”

Atur nafas untuk menenangkan diri kamu.

Ketika saya melatih para profesional dalam mengatasi ketakutan saat berbicara, saya akan menunjukan bahwa masing-masing dari kita memiliki demam panggung yg sangat berbeda.

Dan selama bertahun-tahun, saya telah menemukan bahwa cara terbaik dan tercepat melawan reaksi fisik yg kuat itu adalah, dengan belajar bagaimana cara bernapas untuk menenangkan dan fokus pada tujuan.

Saat kamu mengalami ketakutan, sistem saraf simpatik akan bekerja lebih keras lagi.Itulah yg disebut sistem pengaktifan atau “fight-or-flight”. Sistem saraf parasimpatis.

Dan triknya adalah, mempelajari cara menyalakannya sebelum kamu berada dalam situasi yang memicu kecemasan.

Ketika kamu ingin memperlambat detak jantung dan memperdalam nafas, salah satu cara paling mudah dan tercepat adalah kamu harus sedikit memperpanjang pernafasan.

Jadi cobalah bernapas dalam pola 4-4-6-2: tarik napas selama 4 hitungan, berhenti sejenak untuk jumlah waktu yang sama, hembuskan selama enam hitungan hening, lalu hentikan proses selama dua hitungan sebelum memulai lagi. .

Jika kamu melakukan hal itu secara rutin, kamu bisa mengontrol kecemasan kamu dan mendorong kamu dari kehilangan kendali.

Itulah cara meningkatkan percaya diri yg bisa kamu praktekkan untuk menjadi pembicara yg baik.

Masih gugup atau takut saat berbicara depan umum ? atau berniat menjadi pembicara untuk acara seminar dan pidato ? atau ingin jadi pembicara yg baik untuk konten pribadi kamu ?

Hubungi Pelatihan soft skill sekarang juga !! KLIK DISINI 

ATAU klik tombol hubungi kami.

Disini kamu akan diberikan materi dan bimbingan cara menjadi pembicara yg benar, meningkatkan rasa percaya diri, dan melatih mental kamu agar berani berbicara didepan umum.

Yuk tunggu apalagi !! hubungi pelatihan softskill sekarang juga.

Artikel by Resty Noviani

Awas !!! Ketinggalan Jaman ! bUKAN KEBETULAN aNDA MEMBACA arTIKEL INI.

Ilmu Digital Marketing adalah ilmu yang wajib dikuasai semua orang.

Dapatkan Kelas Digital Marketing hanya Rp 2.970 per Materi

Cek Link ini : Daftar Kelas Digital Marketing

11 Rahasia Kehidupan Yg Harus Kamu Tahu Sebelum Menginjak Usia 20 Tahun

Udah bukan rahasia kehidupan itu ada manis dan pahit?! Terkadang dan seringnya, kita harus mampu melewati berbagai kesulitan yang datang pada kita.  Namun di bawah ini ada 11 fakta pahit tentang kehidupan yang perlu kamu renungkan agar kamu menjadi orang yang lebih...

Mau Tau Rahasia Orang Sukses Itu Apa? Coba Mulai Dari Hal Berikut Ini

Apa saja rahasia orang sukses ? Jawabannya ada diartikel berikut ini.. Suatu kesuksesan memiliki banyak definisi dan variasi tolok ukur. Beberapa dari kita meyakini, bahwa kesuksesan berarti mencapai posisi tertinggi di kantor, variasi lainnya bermakna memiliki...

Ingin Tahu Bagaiamana Seorang Pengusaha Bisa Sukses? Baca Rahasia Pengusaha Sukses Diartikel Berikut

Simak Jawaban Rahasia pengusaha sukses di Artikel berikut ini ! Menjalankan sebuah bisnis membutuhkan cara yang kreatif, fleksibel sekaligus menantang untuk menjadi bos dan menentukan masa depan bagi diri sendiri. Untuk itu dibutuhkan keberanian, tekad, dan keinginan...

Kata Siapa Orang Yg Resign Dari Kerjaan Gabisa Sukses? Coba Lihat 10 Kisah Orang Sukses Ini.

Pernahkah Anda berharap ingin berhenti dari pekerjaan sekarang dan mewujudkan mimpi Anda? Bisa saja nasib baik berpihak Anda, seperti kisah orang sukses ini Mereka bisa mendulang sukses setelah meninggalkan pekerjaan yang memberikan mereka gaji tetap. Kesuksesan...

Moodswing Sering Ganggu Aktivitas Kamu? Coba Cara Meningkatkan Mood Yg Satu Ini.

Bagaimana cara meningkatkan mood kamu ketika moodswing kamu muncul diwaktu yg tidak tepat? Coaba 10 cara ini : 1. Berjalan-jalan adalah cara meningkatkan mood yg pertama Ajaklah anjing, sahabat, atau teman dekat dan olahraga jalan cepat. Hanya sedikit olahraga yang...

Pusing Menghadapi Ujian? Ini Dia 10 Cara Belajar Efektif Ampuh Ketika Kamu Menghadapi Ujian.

Sebentar lagi ujian !! Jangan Panik !! Coba 10 Cara belajar efektif yg akan kami bagikan dibawah ini : 1. Cara Belajar Efektif Pertama Adalah, Pilih Waktu Belajar yang Tepat Waktu belajar yang paling pas adalah pada saat badan kita masih segar. Memang tidak semua...

Ini Alasan Kenapa Kamu Yg Rajin Sedekah Tetap Miskin !!

Pernahkah kamu merasa bahwa kamu sudah rajin sedekah tetap miskin ? Mungkin artikel ini akan menjelaskan beberapa alasannya : 10. Anda Terlalu Memperdulikan Apa Kata Tetangga Atau Orang Lain adalah alasan ketika kamu sudah rajin sedekah tetap miskin Jika Anda bersaing...

9 Mindset Quotes Menurut Bill Gates Yg Harus Kamu Terapkan Sebelum Membuka Bisnis

Sebelum membuka usaha, ada baiknya kamu menerapkan 9 Mindset quotes dibawah ini untuk memotivasi dan mewaspadai diri kamu saat membuka bisnis. Berikut 9 mindset yg harus kamu terapkan menurut Bill gates : 1. Mindset Quotes pertama, Kawan adalah aset berharga Dengan...

Jangan Lakukan Ini ! Jika Kamu Tidak Ingin Branding Bisnis Online Kamu Gagal.

Ini yg tidak boleh kamu lakukan saat Branding bisnis online kamu! Jika Anda memiliki sebuah bisnis online, memiliki website yang rapi tidaklah cukup. Pada masa sekarang ini dimana dunia online sudah sangat berpengaruh, Anda membutuhkan sesuatu yang lebih dari sekedar...

Takut Audiens Bosan Mendengar Presentasi Kamu? Coba Tambahkan Materi Public Speaking Ini Kedalam Presentasi Kamu

Bagi sebagian orang, Materi public speaking yg hanya fokus membahas materi saja tentunya akan membuat mereka merasa cepat bosan dan lelah ketika mendengarkannya. ada baiknya kamu memasukan beberapa kisah singkat inspiratif ini kedalam materi kamu untuk menarik minat...