Ternyata, Cara mengambil keputusan Tepat Itu Membutuhkan Langkah yg Sistematis

Lain-Lain

Tahukah kamu, Cara mengambil keputusan tepat itu membutuhkan langkah yg sistematis?

Sadarkah anda, bahwa anda dihadapkan dengan ratusan pilihan dan keputusan setiap hari? Makanan apa yang kamu makan hari ini, baju apa yang kamu pakai saat bekerja, film apa yang akan kamu tonton saat akhir minggu, dan berbagai pilihan lain baik yang kamu sadari atau tidak.

Namun tidak semua keputusan yang kamu hadapi sesimpel itu, banyak keputusan yang membutuhkan perenungan, pemikiran dan rencana yang matang untuk diambil seperti keputusan-keputusan di dunia kerja yang sering dihadapkan dengan masalah dan dilema.

Tidak seorangpun di dunia ini lahir dengan kemampuan mengambil keputusan yang baik. Itu adalah kemampuan yang harus dipelajari dan diperkuat dengan sering menghadapi suatu masalah yang menantang (memiliki masalah dalam hidup tidak selalu buruk, kan?).

Oh ya, tidak semua keputusan membutuhkan proses yang sistematis. Keputusan untuk memilih teman yang baik atau pasangan hidup adalah keputusan yang membutuhkan kontemplasi dan perenungan saja.

Maka artikel ini hanya membahas mengenai keputusan yang memerlukan rencana yang sistematis (biasanya berhubungan dengan karir dan keuangan). Berikut ini adalah 6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat secara Sistematis:

1. Cara mengambil keputusan tepat yg pertama adalah Tetapkan sasaranmu (set your goals)

Langkah pertama tentu saja kamu harus mengetahui dengan jelas masalah apa yang sedang kamu hadapi. Kamu juga harus memiliki tujuan dan hasil yang ingin dicapai setelah kamu mengambil keputusan. Secara umum ada 2 jenis keputusan:

    * Keputusan ya atau tidak. Contohnya haruskah kamu membeli mobil atau haruskah kamu berganti pekerjaan.

    * Memilih dari pilihan yang ada. Contohnya mobil jenis apa yang akan kamu beli atau pekerjaan apa yang terbaik buat kamu.

Ini permulaan yang penting karena tujuan akhir akan mempengaruhi caramu dalam bertindak dan berpikir. Berikan tenggat waktu (deadline) kapan kamu harus mengambil keputusan untuk memastikan kamu tidak terlalu lama fokus di satu masalah tanpa memperdulikan masalah yang lain.

2. Cara mengambil keputusan tepat kedua adalah Cari informasi yang tepat

Manajemen Keuangan Bisnis

Informasi adalah kunci untuk mengambil keputusan yang benar. Carilah fakta dan opini yang mendukung keputusanmu. Lakukanlah observasi, interview, survey, membaca literatur, atau meminta pendapat orang lain untuk mendapatkan informasi baik yang subyektif maupun obyektif.

Tapi ingat, jangan sampai mencari suatu informasi pada orang yang salah atau meminta sarat dari orang yang tidak berpengalaman misalnya meminta pendapat tentang cara mengatur keuangan dari orang yang memiliki hutang yang banyak atau cara menurunkan berat badan yang tepat dari orang yang kelebihan berat badan.

Hal-hal semacam itu kadang tidak diperhatikan yang membuat informasi atau saran yang kamu dapat tidak benar.

3. Mencari opsi dan kemungkinan yang ada dari berbagai sudut pandang

Akuntansi biaya

Dalam mengambil keputusan, kamu harus mempertimbangkan segala kemungkinan yang ada terutama apabila keputusan yang kamu ambil adalah suatu keputusan yang besar.

Jelajahi setiap perspektif yang berbeda, jangan batasi dirimu oleh sesuatu yang sudah tersedia atau sesuatu yang sudah ada di pikiranmu.

Berpikir out-of-the-box awalnya pasti tampak tidak relevan atau tidak sesuai dengan situasi yang ada, namun justru solusi sering muncul dari ide-ide semacam itu.

Tapi, tentu saja berbagai kemungkinan itu harus didukung oleh fakta dan riset yang benar.

4. Menganalisis tiap kelebihan dan kekurangan opsi yang akan kamu ambil

cara public speaking mudah

Gunakan logika dan akal sehatmu untuk menganalisis kelebihan dan kekurangan atau keuntungan dan kelemahan dari setiap opsi yang ada

Apa keputusan ini masuk akal? Jika ya, mengapa, jika tidak, mengapa tidak? Apa resiko dari keputusan ini? Apa yang bisa dilakukan untuk meminimalisir resiko yang ada? Tanyalah pertanyaan-pertanyaan itu pada dirimu sendiri.

5. Jangan mencoba untuk sempurna

PUBLIC SPEAKING CLASS

Banyak orang menunda-nunda keputusan karena takut salah. Pertama-tama kamu harus tahu bahwa, manusia tidak ada yang sempurna, bahkan seorang pemimpin yang berpengalaman kadang membuat kesalahan.

Kedua, meskipun kamu membuat kesalahan, kamu bisa belajar banyak dari kesalahanmu dan itu adalah pengalaman yang sangat berharga

6. Lakukan, meskipun keputusanmu sulit

gimana cara public speaking pemula

Seringkali, kamu harus menghadapi situasi sulit untuk mengambil suatu keputusan. Jika kamu menghadapi situasi semacam itu, jangan terus menghindar karena kamu hanya menambah masalah.

Keputusan seperti apakah kamu harus mengakhiri sebuah hubungan atau apakah kamu harus berganti pekerjaan, memang bukan keputusan yang mudah namun kamu tetap harus membuat suatu keputusan tegas agar kamu tidak berlama-lama berkonsentrasi di satu situasi dan mengabaikan masalah lain yang menunggu keputusanmu juga.

Setelah kamu membuat sebuah keputusan, bukan berarti pekerjaanmu selesai disitu saja. Kamu harus memonitor dan mengevaluasi dampak dan efek nyata dari keputusan yang sudah kamu buat. Apabila ternyata hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasimu, kamu bisa memutar jalan dan mengambil jalan yang lain.

Bagaimana dengan materi cara mengambil keputusan tepat? Masih bingung dengan mkateri diatas?

mau mempelajari materi diatas lebih dalam lagi?

Bergabung dengan pelatihansoftskill.com sekarang juga. Pelatihansoftskill akan memberikan berbagai pelatihan mulai dari public speaking, jualan, digital, Marketing, Produktivitas, konten kreator dll

Pelatihansoftskill.com memiliki kursus yg sudah diikuti ribuan orang. Disini kamu akan mempelajari cara menjadi seorang public speaker progesional (bukan seorang MC, Presenter, atau Penyiar).

pelajaran yg akan kamu dapatkan disini antara lain, meningkatkan rasa percaya diri, Mengatur emosi, gimana cara membuat penonton antusias dengan presentasi kamu.

ayok bergabung sekarang juga dengan klik tombol dibawah ini.

Awas !!! Ketinggalan Jaman ! bUKAN KEBETULAN aNDA MEMBACA arTIKEL INI.

Ilmu Digital Marketing adalah ilmu yang wajib dikuasai semua orang.

Dapatkan Kelas Digital Marketing hanya Rp 2.970 per Materi

Cek Link ini : Daftar Kelas Digital Marketing

Sering Bangun Pagi ? Sudah Tau Manfaat Bangun Pagi Lainnya Selain Menenangkan Pikiran?

Ehem,Langsung saja. apa manfaat bangun pagi ? Anda pernah mendengar slogan "Early to bed, early to rise, makes a man healthy, wealthy, and wise"? Belum? Slogan ini sungguh tepat, karena ketika anda tidur lebih cepat dan bangun lebih awal, anda mendapat cukup waktu...

Ditolak Saat Melakukan Pengajuan KPR? Mungkin Ini Penyebabnya

Tak sedikit orang gagal mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR) karena melakukan beberapa kesalahan akibat ketidaktahuannya. Setidaknya ada tujuh kesalahan kerap terjadi dalam pengajuan KPR. Agar kesalahan tersebut tidak terjadi pada Anda saat mengajukan kredit...

7 Kekeliruan Pria Saat Ingin luluhkan Wanita Cuek dan Susah Didekati

Pria mana yang tidak ingin terlihat baik dan menyenangkan saat ingin luluhkan wanita cuek yg disukainya atau hati kekasihnya. Tapi seringkali karena berusaha terlalu keras untuk tampil sempurna, pria kerap melakukan hal-hal yang justru membuat wanita ilfil. Dilansir...

7 Kebiasaan Orang Sukses Yg Bisa Kamu Jadikan Motivasi Diri

Business People Listening to the Public Speaker Jakarta - Untuk dapat meraih kesuksesan, setiap orang tentunya harus bisa menerapkan kebiasaan orang sukses yg membutuhkan perjuangan dan pengorbanan. Sebab, kesuksesan tidak dapat dicapai secara mudah dan gratis. Tak...

Merasa Apa Yg Kamu Rencanakan Tidak Berjalan Mulus? Coba 7 Cara Menentukan Goal Berikut Ini

Sebenarnya bagaimana cara menentukan goal yg mudah terwujud atau sesuai dengan yg sudah kita rencanakan? Diartikel ini akan kami bahas bagaimana kamu harus memulainya dan apa yg harus kamu lakukan\ untuk mencapai tujuan kamu. "Anda tidak akan pernah kemana-mana jika...

Lebih Penting Waktu Atau Materi? Artikel Ini Akan Menjelaskan Mana yg Lebih Penting

Waktu Atau Materi, Sebenarnya mana yg lebih penting? Yup, waktu sering berbicara tanpa kita pernah sadari. Waktu memberi kita hidup, tanpa pernah kita peduli. Kita mengalami yang namanya amnesia waktu, seolah waktu tidak teramat penting. Lalu panik saat menyadari kita...

Cara Mengasah Kreativitas Secara Alami, Anti Ribet Dan Mudah Dipahami

Mengasah kreativitas secara alami itu cukup mudah, Hal pertama yg harus kamu pelajari adalah jangan terlalu cepat mengambil asumsi. Quote:Terlalu cepat mengambil asumsi adalah contoh dari sikap malas berpikir. Kenapa disebut malas? Karena seringkali kita tidak mau...

Stress Dengan Pekerjaan ? Coba Beri Ruangan Khusus Untuk diri kamu Dengan Cara Ini

Ada kalanya kita merasa lelah dengan pekerjaan kita sehari-hari dan membutuhkan ruangan khusus untuk bersantai dan menikmati hidup. Namun, Sebagian orang pastinya bingung harus mulai darimana bukan? Coba ikuti tips berikut ini : 1. Beri Ruangan Khusus pribadi pada...

Pendapatan Atau Uang Sering Habis Tanpa Sebab? Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya

Apakah ada orang yang mengaku tidak mau kaya atau hidup berkecukupan? Mungkin ada, tapi sulit dicari. Setiap bulan, begitu banyak orang ramai menyisihkan Pendapatan atau uang. Lalu apa yang jadi hambatan untuk orang berkecukupan? Setidaknya ada lima hal yang mungkin...

Punya Sifat Boros Tapi Pengen Investasi Uang, Coba Mulai Dari Hal Kecil Ini

Pengen investasi uang tapi gagal karena sifat boros kamu? Coba motivasi diri kamu dengan hal kecil ini.. 1. Sebelum Melakukan Investasi Uang, Kamu Perlu Hitung-Hitung Budget Terlebih Dahulu Jujur kita tidak terlalu suka memikirkan soal budget, kan? "Susah" atau "tidak...