Pembahasan kali ini masih ada hubungannya dengan pembahasan mengenai Nama + Nama . Di pembahasan tersebut kita telah belajar tentang nama toko yang menggunakan nama seseorang.

Nama seseorang tersebut biasanya menggunakan nama pemiliknya.  Sebagai contoh :

“Toko Sembako Mas Asih” , “Toko Kue Bu Lan”

Mengenai kelebihan dan kekurangannya sudah dibahas di pembahasan tentang format penamaan tersebut.

Karena nama pemilik sangat penting, maka dibutuhkan personal branding yang kuat untuk meningkatkan ciri khas toko.

Personal branding bisa dimulai dari penampilan

Rata rata orang akan kenal siapa dia. Yaitu Charlie Chaplin. Jika tanpa topi hitam dan kemeja hitam maka dapat berubah menjadi :

Anda pasti lebih mengenal tokoh ini yaitu Adolf Hitler.

Kedua tokoh tersebut memiliki signature style yaitu ciri khas dalam penampilannya. Orang akan mudah mengenal (meskipun lupa namanya) dan membedakannya.

Penampilan yang unik ini sangat baik jika diterapkan pada toko Anda. Sudah ada beberapa bukti dari orang yang memanfaatkan trik ini

Kedua orang tersebut menarik rasa penasaran dari pembeli dengan penampilannya yang BEDA dan juga konsisten menggunakan kostum tersebut.

Mengenai penampilan sebenarnya sudah banyak yang secara tidak sengaja membuat personal branding untuk tokonya. Misalnya :

“Cilok Bang Kumis”

Kita sering menemukan branding ini kan, contoh lainnya iga bakar mas jangkung, bakso pak ndut dan lainnya.

Karena tidak sengaja, maka penamaan ini sangat bergantung pada keberadaan sang pemilik. Jika mas pelayan dari Iga bakar tersebut bukan “Mas Jangkung” ada kemungkinan pembeli merasa tidak puas. Hal ini biasa ditemukan di produk makanan, karena ada sugesti bahwa beda tangan beda pula hasil dari rasanya.

Catatan :

Personal branding yang tidak mengikat pada Fisik Seseorang seperti siomay pink dan tukang tahu pakai jas adalah personal branding yang lebih baik. Dengan menggunakan kostum tertentu, seragam yang unik maka kita bisa menduplikasi personal branding kepada karyawan kita.

Jika kita bisa membuat identitas yang bisa diduplikasi karyawan maka kita akan mudah membuka cabang.

#30DWC #30DWCday8