Pelatihan soft skill mahasiswa tentu penting untuk dilakukan. Persiapan ini nantinya sangat berguna untuk bekal mencari kerja. Saat ini perusahaan tentu mencari recruit yang menonjol. Bekal status sarjana saja terkadang tidak cukup. Jika para mahasiswa lulusan baru tersebut bisa menunjukan bahwa soft skill yang mereka miliki baik, tentu saja pihak perusahaan akan lebih tertarik mempekerjakan mereka.

Proses Latihan Soft Skill Perlu Perubahan Mindset

Dalam pelatihan soft skill ini, mahasiswa perlu melakukan proses perubahan mindset. Mengapa demikian? Hal ini karena soft skill adalah kemampuan yang didapat berdasarkan sikap, perilaku dan juga kebiasaan. Bayangkan saja Anda ingin belajar kemampuan komunikasi yang baik, tapi Anda memiliki sikap pemalu dan punya kebiasaan terbata – bata saat mengobrol. Hal ini tentu perlu proses perubahan mindset agar lebih berani, percaya diri dan tentunya tegas dalam berkata.

Proses latihan soft skill ini tentu berbeda dengan belajar hard skill. Sebagai contoh saja, Anda tidak akan perlu merubah mindset hanya untuk belajar coding HTML 5 ataupun software Photoshop. Pelatihan skill yang practical ini tentu saja lebih mudah asalkan mau latihan. Tapi jika soft skill, Anda latihan saja belum tentu dapat hasilnya jika tidak bisa merubah sikap diri dan kebiasaan tersebut.

Susah – Susah Mudah Mengubah Mindset Mahasiswa

Pada dasarnya mahasiswa adalah orang muda. Jadi mindset mereka masih bisa dipengaruhi oleh lingkungan dan niat untuk berubah. Dalam program pelatihan soft skill mahasiswa, biasanya, pelatih akan melakukan sesi refleksi dan ngobrol privat. Hal ini untuk membuat mahasiswa tenang dan memikirkan pentingnya perubahan ini.

Perubahan mindset untuk dapat menyerap soft skill itu terkadang sulit jika dari pihak mahasiswa sendiri tidak ingin berubah. Kebiasaan buruk adalah salah satu hal yang paling sulit untuk diperbaiki. Jika karena sulit ini, mahasiswa mudah menyerah, tentu saja soft skill yang akan dilatih tidak akan efektif digunakan.

Jika Anda adalah mahasiswa, sebaiknya pikirkan masa depan Anda lebih matang. Kesulitan mengubah perilaku dan sikap ini nantinya akan berefek dalam peluang karir. Anda tentu tidak mau ditolak bekerja di mana – mana hanya karena sikap Anda yang tidak bisa berkomunikasi baik ataupun kurang menguasai problem solving.

Lebih baik relakan diri dengan disiplin dan motivasi baik untuk merubah diri. Jika masih kurang motivasi, ada baiknya sharing dengan pelatih ataupun psikolog untuk solusi. Tentu saja, para ahli ini nantinya dapat menuntun Anda dalam mencari jalan yang lebih baik untuk berubah.

Dari bahasan di atas, tentu Anda sekarang tahu bahwa pelatihan soft skill mahasiswa ini tidak sekedar latihan biasa. Jika memang perlu mendapatkan bekal skill penting ini, mari persiapkan diri untuk berubah. Silahkan secara mandiri mencari tahu tutorial di internet soal latihan soft skill dan perubahan mindset yang baik. Semoga dengan mengetahui ini, Anda lebih lancar menyerap skill demi kesuksesan karir Anda.

pelatihan soft skill mahasiswa