Cara kedua menurut Robert T Kiyosaki adalah Self Employee.

Self Employee adalah salah satu cara menghasilkan pendapatan yang menggiurkan. Jika berhasil membuat PERSONAL BRANDING yang bagus serta bertahan cukup lama maka seseorang bisa kaya raya .

Self Employee adalah bekerja untuk diri sendiri, kita bekerja untuk mendapatkan penghasilan di perusahaan sendiri ataupun tanpa perusahaan.

Yang termasuk dalam golongan ini adalah
Freelancer
Youtuber
Penulis
Artis
Pengacara.
Dokter
Motivator
Notaris
Cirinya adalah tidak adanya struktur organisasi di dalam usaha yang dia jalankan, jika ada pun hanya manajer dan sekretaris saja. Ciri lainnya adalah penggunaan nama pribadi sebagai nama perusahaannya.

Jika Anda berada di jalur ini maka selamat Anda sudah berada di jalur yang tepat. Self Employee merupakan cara yang “PALING MENYENANGKAN” untuk menghasilkan uang. Biasanya mereka yang sukses di self employee adalah mereka yang mengerjakan hobi mereka. Dengan mengerjakan hobi maka bekerja terasa menyenangkan.

TAPI HATI HATI…

Bukan berarti bekerja itu harus sesuai hobi ! Banyak yang mengerjakan hobinya tanpa memikirkan penghasilan.
Jadikanlah lahan penghasilan kita sebagai hobi. Kerjakan sesuatu yang menghasilkan dulu baru pelajarilah cara agar pekerjaan kita menyenangkan.

Kelemahan dari self employee adalah penghasilan Anda sangat bergantung pada nama baik Anda. Saat artikel ini ditulis, di televisi sedang ramai diperbincangkan tentang artis yang tersangkut prostitusi. Nama baik artis, tingkat penghasilan yang telah dicapai saat ini akan tiba tiba hilang jika salah melangkah.

Kelemahan lain dari self employee adalah waktu yang relatif kurang fleksibel. Jika Anda berhenti bekerja maka penghasilan Anda otomatis berhenti. Memang jika Anda bisa menghasilkan uang yang cukup banyak saat bekerja Anda akan dapat libur kapanpun. Tapi bukan berarti selamanya Anda bisa liburan kan ?