Tertarik mengikuti program pelatihan cara berjualan online, tapi masih ragu karena Anda belum yakin kalau materinya sesuai dengan kebutuhan Anda? Sekarang, Anda tak perlu ragu lagi karena dalam ulasan berikut ini ada rangkuman singkat tentang apa saja materi yang umum diberikan dalam kursus jualan online, termasuk yang disertakan di dalam program pelatihan UMKM.

Keahlian Penjualan Dasar

Mengikuti pelatihan cara berjualan online tak hanya bermanfaat bagi Anda yang masih amatir atau pemula, tapi juga Anda yang sudah berpengalaman dalam urusan sales. Sebab, keahlian dasar selalu penting untuk dipahami karena tanpa keahlian dasar, Anda akan kesulitan dalam menerapkan inovasi teknik penjualan yang efektif.

Pengalaman Pelanggan

Dalam urusan berjualan, Anda pun harus dapat memosisikan diri dari sudut pandang pelanggan. Dan dengan pemahaman atau empati bagi pelanggan, Anda pun dapat menjalin komunikasi dan interaksi yang lebih akrab secara alami, sejak awal sampai akhirnya terjadi closing, dan bahkan sesudahnya.

Pengetahuan Produk dan Pasar

Dalam pelatihan cara berjualan online, materi tentang produk dan pasar juga merupakan keharusan. Pada dasarnya, materi ini akan mengajak Anda untuk memformulasikan apa unique selling proposition alias keunikan produk yang Anda miliki. Dengan demikian, Anda pun tahu apa yang membedakan produk Anda dari pesaing, serta alasan mengapa produk Anda lebih unggul. Sebab, tentu Anda bukanlah satu-satunya produsen produk atau layanan yang saat ini Anda sediakan, kan? Apalagi, dengan memahami keunggulan produk, Anda akan lebih mudah menentukan pasar, segmen, dan niche spesifik yang tepat.

Proses Penjualan

Setelah memiliki keahlian dasar, memahami pelanggan, dan tahu betul apa unique selling proposition produk, sudah waktunya Anda mempelajari proses penjualan itu sendiri. Masing-masing instruktur memiliki metode penjualan mereka sendiri, tapi secara umum proses-proses tersebut meliputi cara untuk mendapatkan lead, metode untuk menentukan prospek, menentukan tahap funneling, memandu prospek dalam proses penjualan, pengajuan proposal, closing, up-selling dan cross-selling, serta layanan dan pengalaman pelanggan pasca closing.

Customer Relationship Management (CRM)

Keahlian ini sangat penting dalam dunia penjualan di era modern saat ini. CRM sendiri biasanya dilakukan dengan menggunakan software, di mana berbagai informasi penting soal pelanggan tersimpan. Dan dalam urusan sales, menguasai CRM akan memberikan nilai plus yang sangat luar biasa bagi perkembangan bisnis Anda. 

Secara garis besar, itulah materi yang dapat Anda dapatkan ketika Anda mengikuti pelatihan atau kursus tentang cara berjualan online. Karena pelatihan sales bermanfaat baik bagi Anda yang sudah berpengalaman maupun Anda yang masih pemula, tentu saja kesempatan ini akan sangat bermanfaat bagi Anda dan usaha yang Anda jalankan, kan? Nah, langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memilih program kursus atau pelatihan yang berkualitas.