Training public speaking, seperti yang di public speaking Bandung, sangat diperlukan, terutama bagi para pemula, atau yang ingin menjadi pembicara hebat, yang ingin sukses dalam studi maupun dalam karirnya, maupun yang ingin meningkatkan kualitas kehidupan sosialnya. 

Apakah Public Speaking itu

Public speaking ialah kemampuan untuk melakukan komunikasi di hadapan banyak orang secara publik dengan secara optimal, sehingga komunikasi yang terjadi dapat berlangsung dengan secara efektif dan efisien, audience atau para pendengar dapat mengetahui dan memahami dengan jelas dan mudah isi pesan atau informasi yang disampaikan oleh pembicara.

Kendala dalam Public Speaking

Berbagai hal yang dapat menjadi kendala dalam menyampaikan suatu topik atau informasi kepada audience, atau berbicara di muka umum itu adalah meliputi beberapa hal sebagai berikut ini.

Rasa Gugup dan Kurang Percaya Diri

Salah satu kendala dalam public speaking itu ialah akibat kurangnya rasa percaya diri, dan juga terlalu besarnya rasa gugup yang tidak dapat diatasi dan dikendalikan. Inilah parah atau fatalnya, karena jika rasa gugup atau grogi tersebut terlalu besar dan tidak dapat dikendalikan maka segala sesuatunya menjadi hancur berantakan dan sia-sia sebagus apapun persiapan materi yang telah disusun sebelumnya. Dengan mengikuti training public speaking tersebut maka peserta akan dilatih untuk meningkatkan rasa percaya diri dan juga berbagai cara untuk menghilangkan rasa gugup tersebut. 

Lemahnya Penguasaan Public

Public speaking merupakan bentuk kemampuan tingkat lanjut dari suatu kemampuan sosialisasi dengan tingkat kerumitan yang lebih tinggi. Sehingga kemampuan untuk menguasai audience juga penting. Jenis kemampuan yang diperlukan dalam suatu public speaking itu tidak hanya kemampuan untuk dapat berbicara dengan secara lancar saja, namun meliputi juga dalam hal penguasaan materi, serta penguasaan panggung, serta dalam hal beretika, juga dalam hal pengendalian emosi, baik itu emosi diri maupun emosi para pendengar, juga  kemampuan membaca situasi, kondisi dan keadaan, serta kemampuan untuk berbicara dalam waktu yang panjang dan lain sebagainya. Akan diajarkan berbagai tips cara mengatasi berbagai situasi pada saat melakukan public speaking, salah satunya adalah jangan menunduk membaca materi pembicaraan terlalu sering, tapi tataplah audience atau setidaknya jaga pandangan muka ke arah depan, juga hindari melakukan monolog, tapi bangunlah suatu dialog, lemparkan humor di saat yang tepat, dan lain sebagainya.

Wawasan dan Pengetahuan yang Minim

Yang tak kalah pentingnya adalah peningkatan wawasan guna meningkatkan kualitas materi pembicaraan yang hendak disampaikan dalam suatu public speaking.

Tampilan yang Membosankan dan Kurang Menarik

Hal ini juga bisa menjadi kendala, kebosanan atau kurang menariknya itu tersebut bisa terjadi sebagai akibat topik materinya yang memang kurang menarik atau membosankan, dan yang lebih utama lagi adalah akibat cara penyampaiannya yang memang membosankan dan kurang menarik. Ada banyak tips untuk ini  agar tampilan bicaranya bisa lebih menarik dan tidak membosankan atau membuat mengatur audience, para pendengar, yakni misalnya dengan cara memainkan intonasi suara, juga melakukan berbagai gesture gerakan tubuh dan lain sebagainya.

Dan lain sebagainya

Itulah training public speaking.