Banyak pemilik perusahaan masih meremehkan training motivasi untuk karyawan. Padahal program seperti ini penting dilakukan. Jika Anda ingin tahu manfaat apa yang bisa didapat oleh perusahaan dengan melakukan hal ini, berikut adalah beberapa contoh keuntungannya!

Mampu Meningkatkan Produktivitas

Bila karyawan kurang bergairah, tentu saja, hal ini bisa karena kurang motivasi. Jika perusahaan tidak melakukan sesuatu, produktivitas akan menurun. Motivasi yang diberikan pada karyawan tentu kadang susah ditumbuhkan kembali saat berada di situasi ini.

Jika ingin lebih efektif, perusahaan tentu bisa meluangkan program khusus untuk hal ini. Pelatihan soft skill motivasi adalah salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas. Program seperti ini tidak hanya diperuntukan pada karyawan yang kurang gairah saja. Pada karyawan yang biasa saja, program ini bisa jadi mendorong mereka untuk berusaha lebih. Hasilnya, produktivitas perusahaan akan meningkat.

Menghilangkan Rasa Jenuh Bekerja

Jika Anda bekerja terus menerus dan menjadi rutinitas, rasa bosan dan jenuh tentu akan datang. Banyak orang menjadi stress karena rutinitas yang sibuk dan tidak berubah. Karena itu karyawan banyak yang mengalami penurunan produktivitas.

Rasa jenuh bisa menurunkan motivasi kerja dan keinginan untuk maju. Tentu saja hal ini bisa dihilangkan dengan beberapa cara seperti memberikan paket wisata pada karyawan, bonus reward dari segi uang. Tapi untuk alternatif lain, training untuk motivasi juga bisa dipilih.

Training bentuk ini akan membuat variasi dalam rutinitas kerja yang suntuk. Tentu saja saat mengikuti program latihan, karyawan tidak akan mampu bekerja. Tapi saat mereka selesai melakukan program motivasi, karyawan Anda pasti lebih siap untuk menyambut hari kerja dengan lebih baik.

Bisa Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Jika memberikan training motivasi pada karyawan, tentu saja perusahaan akan dipandang lebih baik. Latihan ini adalah bentuk perhatian perusahaan akan kondisi karyawannya. Walaupun pada akhirnya pelatihan ditujukan untuk menguntungkan perusahaan, setidaknya cara ini lebih baik daripada sekedar mengambil rekrut karyawan baru.

Program peningkatan motivasi ini tentu saja bisa dikombinasikan dengan banyak hal demi keuntungan karyawan. Jika Anda, sebagai pemilik perusahaan, ingin rasa terima kasih karyawan lebih baik, sering – seringlah melakukan hal ini.

Terkadang program peningkatan motivasi berbentuk kegiatan outbound juga baik. Hal ini akan memberi hiburan, menghilangkan stress dan mengajarkan juga hal – hal yang baik dalam program. Jika dilakukan berkala, karyawan tentu tidak akan mudah jenuh dan sangat bersyukur bisa kerja di perusahaan Anda karena ada benefitnya.

Tiga hal di atas tentu adalah sebagian kecil dari keuntungan yang didapat. Tergantung teknik dan cara training yang digunakan, banyak keuntungan lain yang tentunya bisa dinikmati. Sekian bahasan tentang keuntungan training motivasi. Mudah – mudahan info di atas berguna bagi Anda.

training-motivasi