Menjadi seorang pembicara memang tidaklah mudah, membutuhkan latihan bertahun-tahun, jam terbang yang berkali-kali untuk dapat menjadi seorang pembicara. Namun, tidak semua orang yang menjadi pembicara dapat dikatakan pembicara yang baik.
Siapapun bisa menjadi pembicara, orang yang pandai bicarapun dapat dikatakan menjadi pembicara ataupun seseorang banyak bicarapun dapat dikatakan menjadi pembicara. Namun, tidak semua orang dapat berbicara dengan baik dan dengan maksud yang jelas. Terkadang kita melihat seseorang yang pandai berbicara belum tentu kita dapat menyebutnya sebagai pembicara yang baik.
Setiap orang yang pandai berbicara belum tentu dapat berbicara di hadapan orang banyak dengan baik.
Apakah kalian tahu bahwa Pembicara seperti apa yang dikatakan menjadi pembicara yang baik?
Jika anda adalah seorang yang pandai bicara namun anda belum yakin dengan kemampuan berbicara anda maka anda harus melakukan tips di bawah ini cara menjadi Pembicara yang baik

1.Berikan senyuman

Yang harus anda lalukan sebelum anda memulai presentasi adalah memberikan senyuman kepada semua audiens yang hadir, dengan memberikan senyuman kepada audiens dapat memberikan energi positif baik bagi audiens maupun untuk diri sendiri selain itu dengan memberikan senyuman akan jauh lebih membuat diri sendiri menjadi jauh lebih tenang dan meminimalkan rasa gugup sebelum memulai presentasi.

2.Berikan maksud yang jelas dalam presentasi

Dengan memberikan maksud yang jelas dapat membuat audiens paham apa yang anda jelaskan. Apakah anda berpresentasi untuk memberikan motivasi, informasi ataupun menghibur. Dengan maksud tersebut agar para audiens tidak merasa keliru saat anda menyampaikan pesan yang dimaksud.

3.Kenali audiens

Sebelum anda memulai untuk presentasi alangkah lebih baik bertanya terlebih dahulu kepada pihak penyelenggara siapa sajakah yang akan datang dalam acara seminar anda, jika yang datang adalah anak anak muda maka jangan menggunakan bahasa yang terlalu formal karena akan membuat audiens merasa cepat bosan selain itu jika audiens adalah orang tua alangkah lebih baiknya menggunakan bahasa yang lebih santun dan tidak menggunakan singkatan atau kata kata yang menyulitkan untuk dipahami. Dengan mengenal audiens anda sendiri maka anda dapat dengan mudah menempatkan diri sesuai dengan siapa anda berbicara.

4.Kuasai materi

Menguasai materi adalah hal yang wajib anda lakukan karena jika anda tidak bisa mengusai materi maka audiens merasa tidak yakin dengan apa yang anda ucapkan. Memberikan materi dengan jelas dan terstruktur akan jauh lebih membuat audiens merasa terpukau dengan penampilan anda dalam nyampaikan materi. Dalam menyapaikan materi baiknya menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh audiens, tidak terbelit-belit.

5.Kendalikan rasa gugup

Mengendalikan rasa gugup tidaklah mudah maka dari itu butuh latihan berkali kali sebelum anda tampil, dengan latihan maka anda akan tahu dimana kekurangan anda dalam menjalankan presentasi setelah anda mengetahuinya maka langkah selanjutnya adalah dengan meminimalkan kekurangan tersebut karena pada kenyataannya audiens tidak perlu tahu bahwa anda sedang gugup. Saat anda berada di atas panggung anda harus menampilkan sisi terbaik dalam diri anda.

6.Jadilah diri sendiri

Menjadi diri sendiri saat presentasi dapat membuat anda berbeda dari pembicara lainnya, jika anda mempunyai hal yang unik dapat anda tampilkan karena dengan begitu audiens dapat dengan mudah mengenal anda sebagai pembicara yang berbeda dari pembicara yang lainnya.
Pembicara yang baik untuk setiap orang tentu berbeda namun hal diatas adalah secara garis besar apa saja yang sebaiknya anda gunakan dan apa saja yang sebaiknya anda hindari, dari uraian diatas dapat anda aplikasikan saat anda akan memulai untuk presentasi. Menjadi pembicara yang baik tentu membutuhkan proses tidak dengan cara instan namun jika anda bersungguh sungguh maka suatu saat anda akan menjadi pembicara yang baik.

WhatsApp Hubungi Kami !