Bisa mengatur pernapasan saat public speaking adalah teknik buat percaya diri.

Pengembangan Diri, Public Speaking

Apakah kamu sudah tahu bahwa mengatur pernapasan adalah teknik buat percaya diri yg paling banyak digunakan oleh para public speaker ?

Terkadang saya membagikan pepatah kepada klien saya yg berbunyi “The performance is not the time.”

Artinya, Kamu tidak akan bisa mengumpulkan kinerja kamu dalam beberapa detik pertama saat berhadapan dengan audiens.

Dibutuhkan waktu yg cukup lama untuk sampai ke titik dimana kamu bisa mengatur pernafasan kamu saat menjadi public speaker.

Jika kamu tidak tahu, atau tidak terbiasa dengan pertunjukan panggung yg solid, Kamu tidak bisa membuatnya terjadi secara mendadak.

Untuk menunjukan kehadiran panggung yg efektif, kamu harus fokus pada kemampuan yg kamu punya. Hal ini biasanya melibatkan pengembangan keterampilan.

Namun ada area ketiga, bahkan lebih mendasar dari pengembangan keterampilan yang harus mendahului keduanya untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan kamu.

Hal ini ada hubungannya dengan belajar bagaimana cara bernafas yg tepat ketika berbicara didepan umum.

Memahami teknik pernapasan adalah teknik buat percaya diri

Ada perbedaan antara pernapasan untuk hidup (“pernapasan vegetatif”) dan pernapasan untuk berbicara (“pernapasan aktif atau terkontrol”).

Beberapa di antaranya sangat berkaitan dengan cara menghasilkan suara yang kuat dan juga bergema.

Sedangkan yg lainnya, berfungsi membantu menenangkan saraf sambil mengaktifkan sistem saraf parasimpatis kamu.

Kamu harus bisa menggunakan pernapasan untuk membuat kamu menjadi pembicara yang lebih terkontrol, santai, dan “berpusat”.

Ini adalah pekerjaan yg sangat penting karena ketakutan, kecemasan dan kegugupan adalah kesadaran diri kita sendiri yg sering muncul saat kita melakukan public speaking.

Semua itu terjadi karena pikiran kita merasakan bahaya, dan tubuh kita bereaksi secara instan dan naluriah. Hal ini biasa disebut sindrom freeze-fight-or-flight.

Hal itu juga akan membawa kamu kepada gejolak emosional dan tingkat aktivitas fisik yang tinggi karena hormon stres yang kuat.

Itu semua merupakan respons evolusioner yang tidak tepat, dan cukup bahaya jika kamu mengalami hal ini.

Cara cerdas untuk bersiap menghadapi momen seperti itu adalah dengan mempelajari kebiasaan bernafas yang baik sebelumnya.

Itu karena nafas yang stabil akan membawa kamu kembali seimbang dalam situasi cemas atau stress apapun.

Cara membuat diri kamu tetap tenang dan fokus

Jika kamu sering berbicara dalam situasi di mana kamu merasa tidak terkendali, Ada baiknya kamu perlu tahu cara melatih pernafasan diafragma.

Ada banyak sekali manfaat bernapas dengan cara ini, termasuk produksi vokal (per di atas), fokus, dan kesehatan sistemik yang baik (dalam hal mengoksigenasi jantung kamu sepenuhnya).

Mari kita bicara tentang manfaat khusus dari bernapas secara diafragma yang akan menenangkan saraf dan meningkatkan kepercayaan diri kamu.

Jantung cenderung sedikit lebih cepat saat menarik napas, dan sedikit melambat saat kamu menghembuskan napas.

Tindakannya cukup halus sehingga tidak ada dari kita yang tahu itu bahwa hal itu baru saja terjadi.

Tapi, ada cara lain yg menggunakan pernafasan untuk mengaktifkan alat penenang yang cukup ampuh yaitu sistem saraf parasimpatis.

Riasan kita selalu mencakup mekanisme pengaktif yang dikenal sebagai sistem saraf simpatik, sedangkan  mekanisme yang menenangkan kita adalah sistem parasimpatis.

Salah satu cara agar kamu bisa mengaktifkan respons tenang pada saraf kamu adalah dengan membuat pernafasan kamu lebih lama.

Misalnya, menggunakan ritme pernapasan 4-4-6-2 yg berarti kamu akan menarik napas selama 4 hitungan diam, berhenti selama 4 hitungan, menghembuskan napas selama 6 ketukan, lalu berhenti selama 2 ketukan, sebelum memulai lagi dari awal.

Mekanisme ini adalah cara yang cukup mudah dan lembut untuk mendapatkan relaksasi saat kamu mengalami kecemasan.

Hal ini sangat bagus untuk dilakukan setiap hari agar kamu bisa menjadikan diri kamu pembicara yg lebih menyenangkan saat ditonton dan didengar.

Masih gugup atau takut saat berbicara depan umum ? atau berniat menjadi pembicara untuk acara seminar dan pidato ? atau ingin jadi pembicara yg baik untuk konten pribadi kamu ?

Hubungi Pelatihan soft skill sekarang juga !! KLIK DISINI 

ATAU klik tombol hubungi kami.

Disini kamu akan diberikan materi dan bimbingan cara menjadi pembicara yg benar, meningkatkan rasa percaya diri, dan melatih mental kamu agar berani berbicara didepan umum.

Yuk tunggu apalagi !! hubungi pelatihan softskill sekarang juga.

Artikel by Resty Noviani

Awas !!! Ketinggalan Jaman ! bUKAN KEBETULAN aNDA MEMBACA arTIKEL INI.

Ilmu Digital Marketing adalah ilmu yang wajib dikuasai semua orang.

Dapatkan Kelas Digital Marketing hanya Rp 2.970 per Materi

Cek Link ini : Daftar Kelas Digital Marketing

Sering Bangun Pagi ? Sudah Tau Manfaat Bangun Pagi Lainnya Selain Menenangkan Pikiran?

Ehem,Langsung saja. apa manfaat bangun pagi ? Anda pernah mendengar slogan "Early to bed, early to rise, makes a man healthy, wealthy, and wise"? Belum? Slogan ini sungguh tepat, karena ketika anda tidur lebih cepat dan bangun lebih awal, anda mendapat cukup waktu...

Ditolak Saat Melakukan Pengajuan KPR? Mungkin Ini Penyebabnya

Tak sedikit orang gagal mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR) karena melakukan beberapa kesalahan akibat ketidaktahuannya. Setidaknya ada tujuh kesalahan kerap terjadi dalam pengajuan KPR. Agar kesalahan tersebut tidak terjadi pada Anda saat mengajukan kredit...

7 Kekeliruan Pria Saat Ingin luluhkan Wanita Cuek dan Susah Didekati

Pria mana yang tidak ingin terlihat baik dan menyenangkan saat ingin luluhkan wanita cuek yg disukainya atau hati kekasihnya. Tapi seringkali karena berusaha terlalu keras untuk tampil sempurna, pria kerap melakukan hal-hal yang justru membuat wanita ilfil. Dilansir...

7 Kebiasaan Orang Sukses Yg Bisa Kamu Jadikan Motivasi Diri

Business People Listening to the Public Speaker Jakarta - Untuk dapat meraih kesuksesan, setiap orang tentunya harus bisa menerapkan kebiasaan orang sukses yg membutuhkan perjuangan dan pengorbanan. Sebab, kesuksesan tidak dapat dicapai secara mudah dan gratis. Tak...

Merasa Apa Yg Kamu Rencanakan Tidak Berjalan Mulus? Coba 7 Cara Menentukan Goal Berikut Ini

Sebenarnya bagaimana cara menentukan goal yg mudah terwujud atau sesuai dengan yg sudah kita rencanakan? Diartikel ini akan kami bahas bagaimana kamu harus memulainya dan apa yg harus kamu lakukan\ untuk mencapai tujuan kamu. "Anda tidak akan pernah kemana-mana jika...

Ternyata, Cara mengambil keputusan Tepat Itu Membutuhkan Langkah yg Sistematis

Tahukah kamu, Cara mengambil keputusan tepat itu membutuhkan langkah yg sistematis? Sadarkah anda, bahwa anda dihadapkan dengan ratusan pilihan dan keputusan setiap hari? Makanan apa yang kamu makan hari ini, baju apa yang kamu pakai saat bekerja, film apa yang akan...

Lebih Penting Waktu Atau Materi? Artikel Ini Akan Menjelaskan Mana yg Lebih Penting

Waktu Atau Materi, Sebenarnya mana yg lebih penting? Yup, waktu sering berbicara tanpa kita pernah sadari. Waktu memberi kita hidup, tanpa pernah kita peduli. Kita mengalami yang namanya amnesia waktu, seolah waktu tidak teramat penting. Lalu panik saat menyadari kita...

Cara Mengasah Kreativitas Secara Alami, Anti Ribet Dan Mudah Dipahami

Mengasah kreativitas secara alami itu cukup mudah, Hal pertama yg harus kamu pelajari adalah jangan terlalu cepat mengambil asumsi. Quote:Terlalu cepat mengambil asumsi adalah contoh dari sikap malas berpikir. Kenapa disebut malas? Karena seringkali kita tidak mau...

Stress Dengan Pekerjaan ? Coba Beri Ruangan Khusus Untuk diri kamu Dengan Cara Ini

Ada kalanya kita merasa lelah dengan pekerjaan kita sehari-hari dan membutuhkan ruangan khusus untuk bersantai dan menikmati hidup. Namun, Sebagian orang pastinya bingung harus mulai darimana bukan? Coba ikuti tips berikut ini : 1. Beri Ruangan Khusus pribadi pada...

Pendapatan Atau Uang Sering Habis Tanpa Sebab? Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya

Apakah ada orang yang mengaku tidak mau kaya atau hidup berkecukupan? Mungkin ada, tapi sulit dicari. Setiap bulan, begitu banyak orang ramai menyisihkan Pendapatan atau uang. Lalu apa yang jadi hambatan untuk orang berkecukupan? Setidaknya ada lima hal yang mungkin...