sekolah-public-speaking

Komunikasi adalah salah satu cara dari seseorang untuk menyampaikan sesuatu kepada orang lain dengan cara berbicara. Namun sering sekali ada sebagian orang yang gugup, grogi dan takut jika harus berkomunikasi di depan banyak orang. Itulah sebabnya diperlukan latihan, dibutuhkan sekolah public speaking supaya segala masalah yang sudah disebutkan di atas bisa teratasi.

Arti Dari Public Speaking

Public speaking terdiri dari dua kata, public yang artinya umum dan speaking yang berarti berbicara atau bisa juga diartikan sebagai berkomunikasi. Jadi yang dimaksud dengan public speaking adalah suatu kemampuan atau bentuk berkomunikasi di hadapan banyak orang. Bentuk dari public speaking biasanya diwujudkan dalam bentuk pidato atau ceramah.

Induk dari public speaking ialah ilmu komunikasi. Seseorang diuji apakah dengan strategi dan teknik yang dimilikinya dia mampu atau tidak untuk berbicara dihadapan publik, baik di hadapan sekumpulan orang maupun perorangan. Cara berbicaranyapun harus secara urut, jelas dan teratur serta yang pasti harus ada tujuannya.

Bentuk-Bentuk Dari Public Speaking

Public Speaking bentuknya bukan hanya memiliki kemampuan dan keberanian untuk tampil di hadapan publik, berkomunikasi dan berbicara di depan sekumpulan orang atau perorangan namun lebih dari itu. Ada hal-hal lainnya.

Beberapa hal lain yang termasuk dalam public speaking antara lain menjadi pimpinan dalam sebuah rapat, menjadi moderator dalam suatu acara, memimpin do’a, ikut dalam perdebatan dalam forum diskusi, melakukan presentasi, menjadi pengajar, menjadi pembawa acara dan lain-lain.

Beberapa Tujuan Dari Public Speaking

Public speaking memiliki beberapa tujuan, diantaranya selain untuk berkomunikasi (yang merupakan tujuan utamanya) juga untuk menyampaikan informasi yang penting, membujuk seseorang dan menghibur orang banyak.

Hal-Hal Penting Yang Perlu Diketahui Dari Public Speaking

Di dalam public speaking yang lebih sering diperhatikan oleh pendengar (sebanyak 55 persen) adalah bahasa tubuh dan ekspresi. sejumlah 38 persen memperhatikan teknik vokal dan tekanan suaranya sedangkan sisanya yang 7 persen baru yang melihat verbalnya atau apa yang diucapkan.

Merujuk pada hal-hal di atas yang bisa disimpulkan adalah bahwa yang diperhatikan dalam public speaking yang paling penting bagaimana bisa menyampaikan materinya dengan cara yang paling tepat supaya banyak orang menjadi tertarik karenanya. Untuk materinya merupakan hal yang kedua yang diperhatikan walaupun dalam hal ini materi juga merupakan hal yang penting.

Sekolah Untuk Public Speaking

Bagi yang saat ini belum bisa menguasai public speaking dengan baik dan benar bisa belajar di tempat-tempat yang memang menyediakan untuk hal tersebut. Di Indonesia sudah banyak tempat yang mengajarkan public speaking, di antaranya sekolah public speaking Bandung. Hingga sekarang sekolah public speaking Bandung sudah menghasilkan banyak public speaking yang berkualitas.