Menjadi seorang Public Speaking yang Baik tentu menjadi impian semua orang. Karena kemampuan berbicara didepan banyak orang tentunya menjadi nilai plus dalam menilai seseorang. Untuk itu agar anda bisa menjadi seorang Public Speaker yang berkualitas, simak penjelasan berikut.

Teknik Dalam Public Speaking yang Perlu Diketahui

Tidak semua orang mau dan bisa menjadi seorang Public Speaker karena untuk bisa menjadi pembicara yang baik dibutuhkan beberapa hal yang mampu membentuk suatu citra positif sehingga nantinya ketika berhadapan secara langsung dengan audience tidak akan membuat anda kehilangan power. Untuk bisa menguasai panggung dan audience anda dengan baik, maka anda perlu melakukan beberapa teknik berikut ini :

  1. Atasi Grogi Dengan Tepat

Demam panggung menjadi hal yang wajar ketika kita diharuskan berbicara didepan umum. Namun hal ini jangan dibiarkan karena bisa merusak seluruh persiapan yang sudah anda lakukan. Untuk mengatasi grogi, usahakan anda rileks. Dan hal terpenting anda harus sudah menguasai tema yang akan anda sampaikan.

  1. Atur Nafas Dengan Baik

Menjadi Public Speaking yang Baik juga harus memperhatikan bagaimana bernapas yang baik. Hal ini penting karena nafas yang ngos – ngosan akan memberikan kesan anda terlalu terburu – dalam menyampaikan presentasi atau pidato. Dan tentunya ini akan sangat merusak citra anda sebagai Public Speaker.

  1. Miliki Teknik Vokal yang Berkualitas

Menjadi Public Speaker artinya anda akan berhadapan dengan banyak orang sehingga anda perlu memiliki teknik vokal yang berkualitas agar audiens mengerti apa yang disampaikan. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :

  • Cara melafalkan kata yang tepat
  • Pengucapan kalimat yang jelas
  • Kecepatan dalam berbicara
  • Volume
  • Penekanan pada setiap kata yang diucapkan
  1. Persiapan Sebelum Tampil

Seorang Public Speaking yang Baik tentunya harus memiliki berbagai persiapan agar bisa tampil dengan sempurna. Berbagai persiapan tersebut diantaranya adalah :

  • Menguasai tema atau topik yang disampaikan
  • Tampilan busana atau kostum
  • Fisik yang fit
  1. Penguasaan Materi

Berbicara didepan orang banyak kadangkala membuat anda menjadi blank dan lupa dengan persiapan yang sudah anda siapkan. Apalagi jika sudah mengalami demam panggung biasanya semua persiapan akan berantakan. Anda terlihat gugup dan bahkan gemetar. Tentunya anda tak ingin hal itu sampai terjadi bukan?

Untuk mengatasinya anda bisa melakukan penguasaan materi sejak dini. Sebagai antisipasi, bisa juga anda membawa contekan berupa catatan yang berisi point – point yang ingin disampaikan dan anda tinggal menjabarkannya saja. Akan lebih baik jika anda membuat slideshow seperti powerpoint sehingga akan mempermudah anda dalam penyampaian materi.

  1. Opening dan Closing yang Tepat

Teknik terakhir yang perlu diperhatikan adalah dengan memperhatikan opening maupun closing. Usahakan memberikan kalimat yang segar dan mampu membuat audience semakin nyaman dan fokus terhadap anda.

Beberapa teknik dasar diatas menjadi salah satu materi yang diberikan dalam kelas Publik Speaking Bandung sebagai salah satu cara bagaimana menjadi seorang  Public Speaking yang Baik.