Apalah arti kaki lima tanpa spanduk.

Ini adalah ciri khas pedagang kaki lima di negara kita. Di Indonesia pedagang kaki lima diperbolehkan menggunakan spanduk dengan ukuran yang sangat besar.

Spanduk adalah cara yang paling efektif untuk promosi atau mengenalkan barang kita. Media promosi dengan ukuran yang luas sehingga mereka yang melihatnya dapat dengan mudah mengetahui apa yang kita jual.

Anda pasti pernah melihat spanduk seperti ini kan ?

spanduk legendaris

http://komoditassepanjangmasa.blogspot.com/2015/01/pemasaran-pecel-lele-promosi-yang-biasa.html

Dimanapun daerahnya pedagang pecel lele, pecel ayam akan menggunakan spanduk yang seragam seperti itu.

spanduk pecel

https://www.dream.co.id/unik/terkuak-inilah-mengapa-spanduk-pecel-lele-semua-sama-170606o.html

Hal ini ternyata bukanlah sebuah kebetulan. Pada awalnya memang hanya 1 atau 2 orang yang menggunakan desain spanduk seperti itu. Tapi ternyata spanduk seperti itu terbukti efektif mendatangkan pembeli.

Setelah banyak sekali yang meniru nya maka desain spanduk tersebut menjadi trademark atau ciri khas semua pedagang pecel lele di Indonesia. Hal ini memiliki dampak positif karena memudahkan calon konsumen untuk tahu apa yang dijual oleh pedagang kaki lima tersebut. Pelanggan tidak akan ragu datang ke lapak pedagang kaki lima atau menanyakan menu apa yang dijualnya

Sisi negatifnya tentu saja semua pedagang pecel lele dianggap sama. Padahal setiap pedagang pecel lele memiliki kualitas rasa yang berbeda. Pedagang pecel lele pun akhirnya kesulitan memperoleh pelanggan karena dianggap pedagan lain pun sama enaknya.

Catatan :

Gunakan spanduk yang unik, meskipun jualan pecel lele Anda bisa menggunakan desain spanduk yang berbeda sehingga pelanggan dapat membedakan lapak Anda dengan lapak lainnya.

#30DWC #30DWCday10