Pembahasan sebelumnya kita telah mempelajari tentang pentingnya personal branding.

Seseorang akan lebih mudah diingat hanya dengan perbedaan penampilan saja. Nah bila dipelajari lebih dalam ada 1 hal lagi yang bisa membuat pelanggan mengingat kita yaitu

“ciri khas layanan”

Apakah Anda pernah mendengar SOTO GEBRAK ?

kaget

https://opini.id/opinistory/read-1721/bikin-kaget-masa-ada-mall-beginian

Apakah soto gebrak adalah soto paling enak di Indonesia ?

Masih banyak soto yang lebih enak dan selera setiap orang akan beda – beda.

Tapi pertanyaan besarnya adalah mengapa orang kembali kesana ?

Apa yang membedakan Soto Gebrak dengan soto yang lainnya ?

Dari segi rasa, banyak soto yang mirip. Yang membedakan hanyalah

Saat penyajian maka karyawan akan meletakkan botol kecapnya dengan membanting di sebuah meja (menggebrak) dengan sangat keras.

Akhirnya itu menjadikan ciri khas nama dari depot soto tersebut. Bahkan ada yang bilang nama soto gebrak bukan nama asli saat depot itu berdiri.

Anda pasti familiar dengan minimarket yang memiliki cabang ribuan di Indonesia. “Betamart” atau “Indoapril

Saat Anda masuk ke toko tersebut biasanya pegawai minimarket akan berkata

“Selamat Siang, Selamat berbelanja di IndoApril…”

Ini adalah salah satu ciri khas layanan , yang secara tidak sadar akan Anda ingat. Dengan cara ini pelanggan akan mengingat bahwa minimarket tersebut memiliki layanan yang ramah.

Catatan : 

Anda dapat menggunakan ciri khas layanan sebagai branding dari toko Anda. Tapi pastikan kesan yang dibentuk adalah kesan yang positif seperti keramahan, dan profesionalitas.

Anda juga bisa membuat ciri khas seperti yang dilakukan soto gebrak. Tapi menurut saya pribadi dengan menggebrak maka bisa menghasilkan kesan negatif untuk mereka yang mudah kaget.

Ciri khas layanan bisa dengan cara penyajian unik seperti “Raclette Cheese” yaitu dengan memberikan memotong keju leleh di depan pelanggan. Ciri khas lain biasa dilakukan bartender seperti dengan membakar minuman beralkohol.

Ciptakan ciri khas layanan Anda apabila digabung dengan tambahan ciri khas penampilan maka pelanggan akan sulit melupakan Anda.

#30DWC #30DWCday9