Di era modern ini, seorang karyawan yang ingin berkembang tentu tidak bisa menghabiskan waktu hanya bekerja semata. Jika ingin maju, karyawan itu harus berusaha lebih. Usaha yang diambil tentu bisa berupa membuka usaha sampingan. Tapi hal ini tentu memiliki resiko tinggi. Jika belum berani melangkah ekstrim seperti ini, Anda bisa ambil jalan dengan mengambil pendidikan dan pelatihan tambahan demi peningkatan skill diri.

Alasan Mengambil Skill Saat Sudah Bekerja

Keputusan untuk mengambil skill baru walaupun sudah memiliki karir adalah demi membuka kesempatan baru. Dalam dunia kerja dan bisnis, banyak hal baru akan muncul. Mulai dari peningkatan teknologi, perkembangan informasi, perubahan nilai dalam masyarakat dan bahkan gaya hidup yang berbeda, bisa jadi pengaruh yang merubah kebutuhan kerja.

Jika Anda hanya menggunakan skill yang sudah dimiliki, Anda tentu bisa tidak siap menghadapi perubahan tersebut. Nah, perusahaan mungkin akan memberikan pelatihan pada karyawannya untuk beradaptasi di situasi yang berbeda ini. Tapi perlu diingat, perusahaan juga bisa memilih merekrut orang baru dengan skill set yang dibutuhkan dan menggantikan posisi Anda sekarang ini.

Anda tentu tidak mau hal ini terjadi. Karena itu, lebih baik serap hal – hal baru yang akan datang ini untuk persiapan diri. Skill yang bisa diambil tentunya akan membuat Anda lebih menarik bagi perusahaan. Bisa saja, karena skill baru ini, Anda naik jabatan ataupun mendapatkan bonus tertentu.

Pilihan Jalur Mengambil Skill Saat Sedang Bekerja

Tergantung dari jenis skill yang Anda ingin dapatkan, banyak jalur pendidikan dan pelatihan yang bisa Anda ambil. Namun Anda perlu ingat bahwa skill tertentu akan lebih baik dengan teknik latihan dan pengajaran yang berbeda. Hal seperti kemampuan komunikasi dan problem solving, hal ini lebih baik ikut kursus dengan pengajar dan pembimbing. Pelatihan soft skill seperti ini lebih baik jika dapat sepaket antara pengajar, materi, kelas, praktek dan juga konsultasi.

Untuk pelatihan hard skill seperti menguasai program tertentu, mengoperasikan mesin baru dan sejenisnya, Anda masih bisa belajar sendiri. Latihan hard skill ini sumbernya bisa di dapat dari internet. Jadi Anda terkadang hanya cukup luangkan waktu untuk latihan dan juga belajar sendiri.

Dalam memilih jalur belajar skill baru, Anda juga jangan lupakan kewajiban Anda sebagai karyawan. Jika semisal waktu dan tenaga Anda tidak memungkinkan untuk jalur kursus ataupun kelas karena sibuk, pilih alternative yang lain. Hal seperti kursus online terkadang juga ada dan lebih fleksibel digunakan.

Sekian bahasan tentang pendidikan dan pelatihan sebagai karyawan. Mudah – mudahan bahasan ini dapat memotivasi Anda untuk maju dan lebih sukses. Terima kasih sudah membaca!

pendidikan-dan-pelatihan