Di tengah situasi yang penuh ketidakpastian, minat terhadap pelatihan wirausaha mengalami kenaikan signifikan sepanjang masa pandemi. Penyebaran wabah Covid-19 sejak Maret 2020 di Indonesia memaksa masyarakat melakukan kegiatan dari rumah. Mengikuti pelatihan pun lantas diambil untuk mengisi waktu luang hingga mencari sumber penghasilan tambahan.

Tertarik mengikuti pelatihan bisnis selama berada di rumah? Di bawah ini ada enam peluang usaha yang potensial memberikan keuntungan di masa kritis.

  1. Desainer grafis

Kebutuhan desainer grafis di dunia kerja terus naik seiring majunya perkembangan teknologi dan perubahan pasar di era digital. Pelatihan wirausaha yang membahas materi-materi desain grafis pun diincar masyarakat untuk mengasah keterampilan yang nantinya digunakan untuk bekerja. Desainer grafis umumnya menangani pekerjaan yang berkaitan dengan branding, penjualan, hingga promosi.

  • Penulisan konten

Informasi terkini dan akurat menjadi sumber penting bagi masyarakat, khususnya untuk mengetahui perkembangan terkait wabah Covid-19. Ketika mengikuti pelatihan untuk penulisan konten, Anda tak hanya diajari cara menulis sesuai ejaan dan tata bahasa. Peserta juga akan dibimbing mencari sumber-sumber terpercaya dan mengolahnya jadi tulisan yang bebas dari hoaks.

  • Pengajar online

Sebagian besar kegiatan belajar mengajar, dari tingkah sekolah dasar dan perguruan tinggi, sudah dipindahkan ke ruang kelas virtual. Meski begitu, kebutuhan pengajar justru semakin bertambah. Jika Anda punya minat mengajar online dan membutuhkan persiapan, maka ikut pelatihan wirausaha untuk para pengajar pemula akan membantu dalam prosesnya.

  • Pemasaran digital

Strategi pemasaran tak hanya diterapkan untuk kepentingan offline, melainkan juga online. Langkah-langkah yang akan Anda praktikan pun berbeda karena akan melibatkan teknologi dan konten-konten bersifat digital. Pelatihan yang ditujukan untuk pemasaran digital pun akan mematangkan persiapan Anda sebelum melancarkan strategi.

  • Jual makanan beku

Kuliner adalah salah satu bidang yang mampu bangkit dengan cepat di tengah pandemi. Namun, ada perubahan tren yang mengikuti kebutuhan masyarakat. Beberapa orang kini lebih menyukai makanan beku yang lebih awet dan terjangkau. Maka wajar saja materi seputar cara menjual frozen food jadi salah satu jenis pelatihan wirausaha yang selalu dipadati peserta.

  • Jasa pengiriman barang

Tingginya kegiatan belanja online karena imbauan diam di rumah membuat jasa pengiriman barang semakin dibutuhkan. Beberapa orang yang jeli dapat menangkap peluang pun mulai merintis usaha di bidang tersebut. Anda yang punya kendaraan dan hafal rute bisa menjadikan pengiriman barang sebagai sumber penghasilan baru untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Apabila Anda memilih peluang usaha yang berkaitan dengan kontak fisik, pastikan untuk mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan. Sebagian besar pelatihan wirausaha sudah menyertakan materi ini untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan para peserta.