Sebuah pertanyaan yang cukup sering dipertanyakan oleh banyak pihak tentang apakah penting untuk mengikuti pelatihan digital marketing? Atau hanya akan membuang uang saja? Sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa anda peroleh jika anda mengikuti kursus digital marketing.

Apa Itu Digital Marketing?

Sebagai generasi 4.0 yang cukup melek dengan teknologi, saat ini proses pemasaran juga sudah mulai menggunakan pemasaran secara digital karena dianggap lebih efektif dan menghasilkan lebih banyak pengunjung di internet. Jika anda masih belum familiar dengan digital marketing dan masih ragu untuk memutuskan mengikuti pelatihan digital marketing atau tidak maka anda bisa menyimak ilustrasi berikut.

Sebut saja si A, dia mulai membuka toko di tempat yang terhitung cukup strategis dan harga memang relatif mahal. Lalu dia ingin mulai mempromosikan bisnisnya dengan mencetak beberapa leaflet atau brosur tentang produk yang dijualnya, dia bahkan menyewa rubrik di koran hingga slot iklan di televisi. Lambat laun pelanggan berdatangan ke tempat si A dan bisa dikatakan bahwa bisnis yang dibuatnya cukup sukses. Namun, setelah melakukan perhitungan keuntungan A baru menyadari bahwa dia harus mengeluarkan biaya yang cukup besar dalam rangka promosi produk dan pada akhirnya keuntungan yang didapatkannya hanya sedikit.

Lalu ada si B yang juga baru saja memulai bisnis. Karena berbagai pertimbangan dan saran yang didapatkannya oleh saran staf SEO yang sudah sering melakukan survei maka si B memutuskan untuk membuat toko online saja. Dia memilih untuk tidak menyewa ruko strategis seperti si A dengan modal yang besar namun dia memilih untuk mengalokasikan separuh dananya guna menyewa seorang content writer dan membuat websitenya langsung dikunjungi oleh banyak orang. Dia juga mulai mempromosikan produknya melalui cara periklanan dengan sistem pembayaran tiap klik yang dilakukan oleh orang lain. Menariknya, dalam hitungan minggu saja si B sudah memiliki banyak konsumen baik dari dalam negeri maupun manca negara. Setelah melakukan perhitungan ternyata keuntungan yang didapatkan jauh lebih besar karena dia sudah cukup menghemat dalam promosi. 

Si A dan Si B lalu bertemu, mereka saling bercerita tentang bisnis yang dilakukannya dan akhirnya si A merugi lalu menutup toko sedangkan omset si B terus meningkat karena dia hanya butuh untuk membayar content writer saja bukan membayar toko. Jika dilihat dari cerita tersebut anda tahu bahwa ketika anda mengalokasikan dana untuk menggunakan sistem promosi digital maka anda bisa menghemat sebagian besar cost produksi.

Jadi, Apa Kesimpulannya?

Kesimpulannya, daripada anda membayar orang untuk mengisi konten anda jauh lebih baik jika anda sendiri mengikuti pelatihan digital marketing karena jauh lebih bermanfaat.