pelatihan-dan-pengembangan-sdm

Keberhasilan suatu perusahaan sangat tergantung pada kinerja para karyawan di dalamnya. Sehingga peran karyawan sangat penting untuk memajukan perusahaan. Maka perusahaan perlu melakukan pengembangan SDM secara berkala.

Kompetisi antar perusahaan dalam berbagai industri terus mengalami persaingan ketat. Salah satu faktor penentu dalam keberlangsungan perusahaan adalah produktivitas, kualitas, dan kemampuan karyawannya. Karyawan yang memiliki kinerja tinggi dapat memberikan produktivitas yang maksimal. Salah satu caranya dengan mengadakan program pelatihan dan pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) yang baik.

Pengertian pelatihan dan pengembangan SDM

Pelatihan merupakan sebuah proses untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan dalam hal teknis untuk meningkatkan produktivitasnya. Sedangkan pengembangan adalah proses untuk meningkatkan kemampuan konseptual dari karyawan misalnya kemampuan untuk mengambil keputusan dan memperluas hubungan masyarakat.

Manfaat pelatihan dan pengembangan sdm

1.Menemukan potensi karyawan

Masih banyak karyawan dalam sebuah perusahaan yang belum mengetahui potensi terbaik dalam dirinya. Mereka kurang mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing dan apa yang harus diperbaiki. Dengan pelatihan dan pengembangan SDM secara tidak langsung membuat karyawan dapat mengetahui skill yang harus dikuasai.

2.Mengurangi dan menghilangkan kinerja buruk

Kegiatan pelatihan dan pengembangan SDM dapat meningkatkan hasil kerja karyawan. Saat karyawan dirasa kurang bekerja dengan efektif, maka pelatihan ini diharapkan dapat menca[ao efektivitas kerja yang diharapkan.

3.Meningkatkan produktivitas individu & tim

Cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan dapat melalui pelatihan dan pengembangan SDM untuk meningkatkan pemahaman dan kepercayaan diri yang dimiliki oleh masing-masing karyawan dalam pekerjaannya. Materi yang umumnya disampaikan dalam program pengembangan sdm adalah cara berkomunikasi dengan baik, cara memecahkan masalah, cara memimpin, dan lain sebagainya.

4.Memahami trend terbaru

Manfaat selanjutnya adalah untuk melatih karyawan agar mampu lebih memahami perkembangan atau trend di dalam industrinya masing-masing. misalnya teknologi, teknik pemasaran, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pekerjaannya..

5.Meningkatkan fleksibilitas kerja

Dengan bertambahnya pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan maka karyawan dapat lebih bisa menyesuaikan diri secara fleksibel jika terjadi perubahan lingkungan dalam perusahaan. Misalnya saat perusahaan sedang membutuhkan kualifikasi pegawai tertentu, maka tidak perlu lagi merekrut pegawai baru. Para pegawai yang dimiliki dapat memenuhi kualifikasi tersebut.

6.Meningkatkan komitmen karyawan

Melalui pengembangan sdm, para karyawan diharapkan dapat mampu mempunyai persepsi yang baik terhadap organisasi. Hal tersebut secara tidak langsung juga dapat meningkatkan komitmen karyawan dan memotivasi untuk bekerja dengan baik.

7.Mengurangi turnover dan absensi

Semakin besar komitmen karyawan untuk bekerja dengan baik maka akan mengurangi adanya dampak pengurangan tingkat turnover dan absensi. Sehingga adanya pelatihan dan pengembangan SDM juga akan menghasilkan produktivitas karyawan yang tinggi.