Saat anda ingin beli air minum kemasan maka Anda akan membeli ?

Saat anda ingin membeli pasta gigi maka Anda akan membeli ?

Saat anda ingin membeli detergen maka Anda akan membeli ?

Saya tebak banyak dari Anda yang akan membeli Aqua, Odol dan Rinso. Padahal ketiga MEREK tersebut adalah brand dari sebuah produk.

Mengapa ketiga brand merek tersebut bisa menjadi sebuah istilah atau menjadi nama barang tertentu.

alasannya karena mereka adalah merek PIONEER ( pelopor ) yang masuk ke Indonesia.

Apakah hal ini adalah yang hal yang baik ?

Menurut Saya pribadi justru ini adalah hal yang buruk . Padahal kan mereknya jadi sangat populer, saat ingin membeli air minum kemasan apapun maka kita pasti beli aqua kan ?

Justru disana letak kerugian terbesarnya. Merek Aqua justru menjadi hilang dan menjadi kata Aqua. Arti kata Aqua menjadi tidak memiliki keunikan, keunggulan, nilai tambah yang seharusnya melekat di dalamnya.

Pemilik merek Aqua akan kesulitan untuk menunjukkan bahwa Aqua memiliki keunikan dan nilai tambah yang lebih daripada merek  VIT, Ron88 dan merek air mineral kemasan lainnya. Dampaknya adalah konsumen tidak akan mempedulikan kelebihan yang dimiliki Aqua dibandingkan merek lainnya.

Jika konsumen tidak dapat membedakan Aqua dan merek lainnya, Apakah konsumen perlu memilih merek Aqua dibandingkan merek air kemasan lainnya. ?

Catatan :

Hal ini tidak akan terjadi jika sebuah merek yang merupakan produk pioneer memperkuat kualitasnya di saat membangun brand tersebut. Jika pemilik brand memperkuat kualitasnya di awal maka yang terjadi adalah MEREK = KUALITAS.

Menurut pandangan pribadi saya, merek Aqua justru sekarang identik dengan mahal. Karena harga jualnya di atas rata – rata harga air mineral yang lainnya. Sehingga tidak ada alasan untuk membeli air minum kemasan merek Aqua dibandingkan merek lain yang lebih murah.

#30DWC #30DWCjilid16