Memulai usaha online bisa kapan saja. Tak perlu menunggu lama sebenarnya. Karena caranya pun sangat mudah sekali. Apalagi bagi yang sudah pernah mengikuti pelatihan UMKM. Nah kini saatnya untuk melakukan action. Segera saja mulai bergerak untuk bertindak. Berikut ini langkah-langkahnya.

Pilih Produk Jualan

Pertama pilih dan tentukan produk apa yang akan dijual. Usahakan memilih proDuk yang awet tidak mudah rusak atau basi kareka akan dikirim selama kurun jangka waktu sekitar minimal memerlukan waktu kirim selama 3 hari. Jadi jangan makanan yang mudah basi lebih dari 1 hari misalnya. Juga jangan produk yang terlalu besar ukurannya dan terlalu berat karena produk barang tersebut bisa menjadi mahal sekali biayanya ongkos kirim atau ongkirnya. Dan tahukah bahwa sebagian besar transaksi online itu menjadi gagal atau batal transaksi akibat ongkir nya yang dianggap terlAlu mahal oleh calon pembeli. Sehingga pilihlah produk yang awet dan berukuran kecil dan ringan. Bisa berupa baju atau kaos atau makanan kering hingga ke bibit tanaman atau kerajinan tangan dan lain sebagainya.

Buka Toko Online

Langkah selanjutnya adalah buka toko online atau website untuk berjualan secara online. Sebagai tahap awal maka bisa coba dengan membuka toko online terlebih dahulu di berbagai marketplace yang telah menyediakan fasilitas toko inline tersebut secara gratis tak berbayar. Apalagi jumlah pengunjung di marketplace tersebut telah ada dan di maintenance dengan baik selalu ada. Tinggal dimanfaatkan arus potential buyer yang telah ada tersebut.

Kelola Toko Online dengan Baik dan Profesional

Terapkan ilmu yang telah dimiliki dan telah dipelajari selama ini dengan baik untuk mengelola dan menjalankan toko onlinenya. Tata layout atau atur tata letak produk-produk di toko dengan baik. Dan jalankan usaha ini dengan secara profesional. Segera tanggapi chat dan pemesanan yang masuk  bahkan jika itu berupa pertanyaan selalu segera balas dan berikan jawaban dengan baik. Jangan lupa cantumkan foto produk dalam kualitas yang baik dan beri deskripsi produk dengan sejelas-jelasnya termasuk cantumkan juga keunGgulan atau nilai plus kelebihannya jika dibandingkan dengan produk kompetitor atau produk lain sejenis dari merk yang lain. Jika memungkinkan beri juga klip videonya. Lalu jangan lupa untuk selalu mencantumkan dan memperbaharui secara berkala jumlah stoknya per warna atau per tipenya agar calon pembeli tidak kecewa dan bisa segera menyelesaikan transaksi dan pemesanannya dengan membayarnya.

Lakukan langkah-langkah awal tersebut dengan secara konsisten dan tekun lalu jika usaha sudah semakin besar maka bisa dilanjutkan dengan membuat websitenya secara khusus agar lebih terkesan makin profesional dan guna lebih menambah tingkat kepercayaan konsumen. Dengan demikian omzet pun akan naik dan pemasukan juga akan semakin meningkat.