Pelatihan soft skill untuk karyawan dalam sebuah perusahaan merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Apalagi saat ini banyak sekali lembaga training dengan berbagai bidang. Sedangkan untuk karyawan lembaga training yang biasa digunakan adalah lembaga training SDM. 

Pelaksanaan pelatihan oleh lembaga training banyak mendatangkan berbagai manfaat untuk karyawan dan perusahaan. Karyawan mendapatkan pengetahuan dan membantunya untuk meningkatkan keahlian sesuai bidangnya masing-masing. sehingga dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien. 

Pelaksanaan training juga dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan. Sehingga pelanggan merasa puas untuk menggunakan jasa perusahaan. 

Tips memilih lembaga training yang tepat 

Ada banyak sekali pilihan lembaga training untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM). Akan tetapi tentu perusahaan harus menentukan lembaga yang terbaik. Berikut adalah tips cara memilih lembaga training yang tepat antara lain:

  • Trainer 

Lembaga trainer yang berkualitas dapat dilihat dari kualitas trainer. Pilihlah lembaga yang mempunya trainer sebagai praktisi di bidang human resources development management dengan track record yang bagus. 

  • Klien 

Tips yang kedua adalah sebisa mungkin Anda harus mengetahui siapa saja yang pernah menggunakan jasa atau ditangani oleh lembaga training tersebut. Caranya Anda bisa melihat website atau media sosial yang dimiliki. Jika Anda melihat adanya daftar perusahaan multinasional yang ada di beranda website atau media sosial lembaga training tersebut. maka dapat dipastikan bahwa lembaga tersebut lembaga training yang berkualitas dan terpercaya. 

Jenis-jenis lembaga training

Kepercayaan perusahaan besar terhadap berbagai lembaga pelatihan yang tidak diragukan lagi merupakan bukti materi berkualitas yang diberikan. Lembaga training yang umum banyak digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan produktivitas dan keahlian masyarakat antara lain:

  • lembaga training kepemimpinan 

training kepemimpinan bertujuan untuk mempersiapkan karyawan untuk menjadi pemimpin di masa depan. Lembaga training kepemimpinan akan mengajarkan konsep kepemimpinan dan prinsip dalam pengambilan keputusan. 

  • lembaga training komputer

lembaga training komputer bermanfaat untuk memperbarui atau mengupgrade pengetahuan karyawan tentang program komputer terbaru. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan menggunakan atau mengoperasikan program tersebut. 

  • lembaga training motivasi 

training motivasi memberikan manfaat untuk meningkatkan rasa motivasi pada karyawan sehingga dapat bekerja dengan produktif dan meningkatkan etos kerja. 

  • lembaga training manajemen 

lembaga training manajemen memberikan program-program yang komprehensif seperti meningkatkan kemampuan manajerial, memecahkan masalah, dan masih banyak lagi.

  • lembaga training komunikasi 

training komunikasi sangat bermanfaat untuk dapat meningkatkan kemampuan karyawan dalam berkomunikasi. Materi yang diberikan adalah cara-cara untuk dapat berkomunikasi dengan efektif dan percaya diri. Training komunikasi merupakan training yang paling banyak diminati sebab komunikasi seringkali dijadikan sebagai tolak ukur atau kemampuan atau kompetensi seseorang. 

lembaga-training