Pelatihan online sedang banyak diadakan seiring perkembangan zaman. Indonesia sebagai negara yang jaringan internetnya belum sampai ke kawasan pelosok juga telah marak dengan pelatihan via online. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan mengikuti pelatihan via online? 

Kelebihan Ikut Pelatihan Online

  1. Waktu dan Tempat yang Fleksibel

Ketika Anda mengikuti pelatihan bisnis maupun yang lainnya secara online, maka Anda tidak perlu khawatir mengenai waktu dan tempatnya. Anda tidak perlu hadir secara fisik ke sana, karena Anda hanya perlu bergabung ke dalam forum yang telah disediakan dengan cara mengakses internet. Jadi, Anda tidak akan khawatir mengenai baju yang dikenakan, waktu yang tidak tepat karena kondisi cuaca hujan dan tempat karena Anda sedang berada di luar ruangan. Selama Anda memiliki smartphone maupun laptop dan jaringan internet maka semuanya akan berjalan dengan baik dan lancar. 

Peserta pelatihan juga tidak memiliki alasan untuk tidak hadir dalam pertemuan tersebut karena Anda bisa mengikutinya kapan dan di mana saja. Jadi, ini juga bisa digunakan sebagai solusi untuk mereka yang malas bertatap muka langsung dengan pemateri maupun pengajar.

2. Hemat Biaya

Apakah pelatihan secara online tidak dipungut biaya? Bukan, hanya saja Anda bisa sedikit lebih hemat dari segi transportasi di mana jika Anda menggunakan kendaraan pribadi maka biaya untuk bahan bakarnya bisa digunakan untuk keperluan lain. Selain itu Anda juga tidak perlu menghabiskan uang untuk beli makanan saat perjalanan pergi maupun pulang dari tempat kursus. Selain itu tempat pelatihan online juga sering mengadakan promo. Anda bisa menghemat biaya kursus karena memilih promo tersebut di mana pihak pengelola kursus juga memotong gaji bulanan pengajar, uang bangunan dan lain sebagainya. 

Kekurangan Ikut Pelatihan Online

  1. Boros Kuota Internet

Anda tentunya paham bahwa ada sebagian dari kita yang tidak mampu membeli kuota internet dalam jumlah yang besar. Pelatihan yang hanya dapat diakses melalui jaringan internet ini pastinya kurang efektif bagi yang sulit mendapatkan kuota. Mau tidak mau mereka harus numpang wifi cafe agar dapat mengikuti kelas dengan waktu penuh tanpa ketinggalan. Selain itu ada pula mereka yang mampu membeli kuota tapi daerah tempat tinggalnya belum terdapat jaringan internet yang memadai. Alhasil pun mereka harus ke kota di mana jaringan internet dapat diakses secara leluasa. Tidak heran karena Indonesia hingga saat ini belum melakukan pemerataan infrastruktur telekomunikasi secara maksimal. 

2.Waktu Menatap Layar Bertambah

Ketika Anda mengikuti pelatihan secara online, maka otomatis waktu menatap layar akan meningkat. Anda tentunya tahu bahwa menatap layar smartphone maupun laptop dengan intensitas sering dan lama akan membahayakan indera penglihatan alias mata. Jadi, segala sesuatu yang tampak mudah itu juga memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Apakah Anda tertarik untuk mengikuti pelatihan online? Semoga berhasil.