kelas-public-speaking

Kelas Public Speaking saat ini memang banyak dicari karena di dalam kehidupan sehari – hari selalu ada kegiatan yang mengharuskan kita berbicara didepan banyak orang. Oleh sebab itu perlu ada pengetahuan tentang apa sajakah yang harus diperhatikan mengenai Public Speaking ini.

Hal Terpenting Dalam Suatu Presentasi (Pidato)

Disadari atau tidak, Kelas Public Speaking saat ini sebenarnya memang sangat dibutuhkan. Meskipun berbicara didepan umum terdengar sepele, namun pada kenyataannya masih banyak sekali orang yang mengalami beberapa kendala ketika suatu ketika seharusnya menjadi pembicara maupun pembawa acara dalam suatu kegiatan.

Hal ini cukup menjadi bukti bahwa menjadi seorang Public Speaker memang tidak semudah yang dibayangkan. Memang terdapat beberapa orang yang secara alami sudah memiliki keahlian dalam berbicara didepan umum. Sehingga hanya membutuhkan sedikit polesan agar skill tersebut semakin mumpuni. Namun tidak sedikit pula orang yang sama sekali tidak memiliki kemampuan dalam bidang Publik Speaking. Sehingga perlu mengikuti Kelas Public Speaking dari awal untuk memulai mempelajari semuanya.

Menjadi seorang Public Speaker sangat bermanfaat ketika harus dihadapkan pada sebuah presentasi maupun pidato di depan audience. Agar audiens memahami apa yang disampaikan, anda harus menjelaskan secara singkat, padat dan jelas. Untuk itulah mengapa anda harus mempersiapkan beberapa hal penting, misalnya :

  1. Menentukan Inti Dari Apa yang Disampaikan

Melakukan presentasi tentu ada beberapa hal yang disampaikan. Sehingga anda perlu membuat point – point pendukung agar presentasi atau pidato anda tidak membosankan dan tetap fokus pada apa yang anda jelaskan sampai akhir. Namun meskipun begitu, anda tetap harus tahu goal apa yang ingin anda capai.

Pastikan anda menentukan inti dari keseluruhan presentasi. Sehingga nantinya ketika presentasi atau pidato berakhir, audience mampu menangkap isi dari apa yang anda sampaikan tersebut.

  1. Membuat Step – step Penyampaian

Pidato atau presentasi terlalu panjang dan ribet tentu membosankan, namun jika terlalu singkat juga tidak baik. Oleh sebab itu agar isi presentasi anda lebih terstruktur, maka anda wajib membuat beberapa step seperti :

  • Pikirkan hal – hal penting apa saja yang ingin anda disampaikan.
  • Buatlah sketsa tampilan pendukung seperti power point untuk mendukung presentasi atau pidato anda.
  • Siapkan teks atau kalimat yang akan menjelaskan mengenai sketsa yang sudah anda buat tadi.
  • Tambahkan slide show untuk membuat suasana presentasi lebih menarik dan lebih mudah dimengerti.
  • Pastikan anda melakukan latihan agar semua menjadi lebih rapi.

Dengan beberapa persiapan diatas maka akan mendukung proses presentasi anda menjadi lebih rapi dan lancar.

Bagaimana Cara Melatih Public Speaking yang Benar

Untuk bisa menjadi seorang Public Speaker yang handal tentunya bisa dengan cara mengikuti Kelas Public Speaking. Namun pastinya anda juga harus sering mengasah kemampuan anda dengan cara berlatih. Misalnya saja dengan berbicara didepan cermin untuk memastikan seperti apakah ekspresi wajah anda ketika berbicara serta melihat gestur dan bahasa tubuh anda.

Selain itu bisa dengan meminta keluarga, sahabat atau rekan kerja untuk seolah – olah berperan sebagai audience. Berbicara didepan orang yang dikenal bisa menjadi cara untuk melatih mental anda. Dan terakhir anda bisa memulai mengasah kemampuan anda melalui beberapa acara kecil seperti rapat dengan kelompok tugas sekolah maupun meeting antar pegawai. Dengan membiasakan diri melakukan beberapa hal seperti akan melatih anda dalam mengasah kemampuan menjadi seorang Public Speaker.

Agar lebih maksimal lagi, maka anda bisa juga dengan mengikuti Kelas Public Speaking yang diadakan oleh Publik Speaking Bandung.