Mengikuti pelatihan usaha adalah sebuah kegiatan yang sangat bermanfaat, terlepas dari apakah Anda sudah menjalankan bisnis Anda sendiri atau baru akan merintis usaha. Sebab, ada banyak knowledge bermanfaat dan berharga yang dapat peroleh dari pelatihan ini, termasuk di dalam pelatihan UMKM

Dalam penyelenggaraan pelatihan usaha sendiri, ada beberapa metode yang umum diterapkan, dan masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri. Untuk membantu Anda menemukan metode pelatihan yang paling pas untuk Anda, yuk kenali dulu jenis-jenis metodenya dalam ulasan berikut ini!

Pelatihan dalam Kelas

Metode pelatihan yang satu ini juga dikenal dengan classroom training, yang bisa dikatakan sebagai metode yang konvensional. Terlepas dari kemajuan industri, nyatanya pelatihan dalam kelas tetap populer dan efektif, di mana terdapat instruktur yang memimpin dan mengarahkan jalannya pelatihan. Pada dasarnya, metode pelatihan ini serupa dengan proses penyampaian materi ala guru di ruang kelas, yaitu dengan pendekatan tradisional menggunakan papan tulis. Sementara itu, presentasi PowerPoint, video, serta modul yang tersedia digunakan untuk membantu menjalankan pelatihan.

Pelatihan Langsung

Pelatihan langsung atau hands-on training merupakan metode pelatihan yang sangat efektif, terutama dalam pelatihan keterampilan. Karena itu, metode ini banyak diterapkan dalam pelatihan karyawan, di mana karyawan mendapatkan pelatihan sambil bekerja, alias on the job training (OJT). 

Pelatihan Berbasis Komputer

Meskipun program pelatihan pada mulanya menekankan adanya interaksi antar manusia, perkembangan teknologi yang pesat telah mengubah metode pelatihan juga. Salah satu buktinya adalah pelatihan berbasis komputer, di mana Anda dapat menggunakan materi pelatihan yang terdapat di dalam CS atau format multimedia seperti video, gambar, animasi, atau teks. Metode ini cenderung lebih hemat biaya dan Anda bisa membuka materi pelatihan kapan saja sesuai dengan jadwal yang Anda tetapkan sendiri.

Pelatihan Online (E-Learning)

Pelatihan online merupakan bukti lain dari pengaruh teknologi dalam pelaksanaan pelatihan, termasuk pelatihan usaha. Dan di era digital saat ini, pelatihan online pun semakin umum ditemukan dan mudah diakses. Berbeda dengan pelatihan berbasis komputer, pelatihan online malah memungkinkan adanya interaksi antara Anda dengan instruktur maupun peserta pelatihan lainnya untuk format webinar atau video conference. Sedangkan materi pelatihan seluruhnya dapat diakses secara online, biasanya dengan mengakses website menggunakan nama pengguna dan kata sandi.

Pelatihan Interaktif

Metode pelatihan yang satu ini sangat mengutamakan adanya engagement antara instruktur dengan peserta, maupun antar sesama peserta. Biasanya, pelatihan interaktif menggunakan format diskusi kelompok untuk mendorong terjadinya dialog atau diskusi antar peserta, yang kemudian membuka peluang untuk brainstorming hingga berbagi pengalaman di antara para peserta dengan latar belakang dan pengalaman berbisnis yang berbeda-beda. Di samping itu, pelatihan interaktif juga sering menggunakan teknik lainnya, seperti studi kasus, kuis, sesi tanya-jawab, bermain peran (role playing), dan sebagainya.