Punya Sifat Boros Tapi Pengen Investasi Uang, Coba Mulai Dari Hal Kecil Ini

Lain-Lain, Uncategorized

Pengen investasi uang tapi gagal karena sifat boros kamu? Coba motivasi diri kamu dengan hal kecil ini..

1. Sebelum Melakukan Investasi Uang, Kamu Perlu Hitung-Hitung Budget Terlebih Dahulu

Catatan Akuntansi

Jujur kita tidak terlalu suka memikirkan soal budget, kan? “Susah” atau “tidak pernah berhasil”, itulah alasan yang kita lontarkan. Suka atau tidak, budget alias anggaran adalah alat penting untuk mengontrol keuangan. Anda bisa melihat seberapa banyak uang yang Anda punya, ke mana “perginya”, dan seberapa besar yang tersisa.

kata budget terasa lebih positif ganti saja dengan money planning, spending plan atau cash control. 

Seperti yang ia tulis dalam bukunya Why Saving Is Like Dieting and Budgets Don’t Work, kata budget memang mirip dengan kata diet. Nah, cobalah lebih realistis. 

Jangan lakukan perubahan total. Lakukan bertahap saja. Yang penting adalah disiplin mematuhi anggaran.

ltu sebabnya, mungkin Anda perlu selalu membawa notes atau catatan kecil berisi daftar belanjaan dalam tas.

Jika ternyata pengeluaran Anda masih melebihi budget, jangan menghukum diri terlalu keras. ingat, perubahan takkan terjadi hanya satu malam.

2. Investas Uang Dari Yang Kecil

Memang tak bisa disangkal, biaya hidup sekarang mahal. Namun, sebenarnya Anda tetap punya kemampuan untuk menabung. 

Bayangkan saat ini Anda harus menabung Rp200.000. Mungkin Anda akan beralasan tak ada dana karena harus membayar ini-itu. 

Namun, ketika seorang teman lama menelepon clan mengajak Anda bertemu di sebuah restoran,tiba-tiba saja Anda memiliki uang Rp200.000 untuk pergi.

Saran: “Lebih baik Anda mulai menabung dengan sedikit uang ketimbang menunggu sampai uang terkumpul banyak tapi malah tak pernah memulainya (karena uang tidak kumpul-kumpul),” saran Susan. Hanya 10% dari penghasilan saja kok minimal yang harus Anda tabung.

Jika masih sulit juga, coba saja cara lama yaitu menggunakan celengan (tapi jangan celengan bergembok dan berkunci, ya ). Anda bisa menyelipkan Rp100.000 setiap gajian ke dalam celengan atau memasukkan koin Rp.500 setiap hari hasil kembalian bus atau belanja di supermarket. Jangan lupa untuk selalu menaikkan uang tabungan, jika gaji Anda naik atau cicilan KTA lunas.

3. Lupakan Kartu Kredit

Manajemen keuangan

Membayar tagihan lebih dari pembayaran minimum sebaiknya menjadi langkah awal untuk meninggalkan ketergantungan Anda pada kartu kredit.

Anda pasti tahu pembayaran minimum tak akan menghapus utang di kartu kredit Anda yang terus berbunga di atas bunga.

Nah, disinilah Anda akan menyadari perlunya Anda membuat budget. Anda bisa melihat besar dana yang tersisa dan mungkin bisa menggunakannya untuk membayar utang. lni bisa mempercepat pelunasan utang tersebut.
Saran: Alternatif lain adalah memanfaatkan program transfer balance dari kartu kredit lain yang menawarkan bunga 0% untuk jangka waktu 6 bulan, misalnya.

Namun, menurut Brouwer dari Outlook Financial Solutions, kunci utama terbebas dari hutang adalah mengubah kebiasaan penggunaan kartu kredit.

Anda bisa mulai dengan meninggalkan kartu kredit di rumah atau tak menunda pembayaran tagihan. Mau sedikit ekstrim? Mintalah pengurangan limit kartu kredit, misalnya hanya dua kali lipat dari gaji Anda.

Dengan cara ini, Anda akan menggunakan kartu kredit hanya untuk kebutuhan mendesak saja dan bukan untuk kebutuhan konsumtif.

4. Belajar Investasi

cara public speaking terbaik

Nah, setelah urusan utang beres, kini Anda akan punya uang lebih untuk memulai investasi. Sebenarnya sih,dengan hanya Rp 100.000, Anda sudah bisa berinvestasi.

Mungkin yang menjadi pertanyaan berikutnya jenis investasi apa yang cocok untuk Anda?
Saran: Anda bisa menilai diri Anda lewat kuis yang termuat di buku-buku investasi atau meminta bantuan jasa financial planner, tipe investor yang manakah Anda? Konservatif, moderat atau agresif? Memang Anda akan dikenakan biaya saat berkonsultasi.

Namun, jika mempertimbangkan situasinya, Anda tetap mendapat keuntungan kok, yaitu saran dari profesional.

5. Jangan Lupa Proteksi

trainer public speaking

Ok, di tahap ini Anda pasti sudah berhasil memiliki sejumlah dana di tabungan dan investasi. Namun, semua itu tak ada artinya jika tiba-tiba Anda divonis menderita penyakit berat.

Uang tabungan dan investasi bisa habis untuk biaya pengobatan.

Saran: Penyakit yang kian banyak akibat gaya hidup kurang sehat, membuat kita mau tak mau harus memiliki asuransi kesehatan.

Terutama buat Anda yang biaya kesehatannya ditanggung sebagian atau tidak ditanggung sama sekali oleh perusahaan.

So, dengan menyisihkan uang sedikit untuk proteksi, Anda bisa mengambil manfaatnya di kemudian hari.

Masa Depan dimulai Hari Ini
Mungkin Anda pikir, terlalu dini untuk memikirkan soal pensiun. Survei Newspoll pada tahun 2004 menemukan 56% pekerja terpaksa menunda rencana pensiun karena tak mempersiapkan dana hari tua.

Nah, tak ada salahnya Anda mulai berpikir soal rencana keuangan hari depan. Mungkin saja Anda berniat pensiun dini dan tak ingin gaya hidup berkurang. Itulah pentingnya menyusun strategi keuangan sejak sekarang.

Bagaimana? tertarik mempelajajari materi diatas lebih dalam lagi?

Bergabung dengan pelatihansoftskill.com sekarang juga. Pelatihansoftskill akan memberikan berbagai pelatihan mulai dari public speaking, jualan, digital, Marketing, Produktivitas, konten kreator dll

Pelatihansoftskill.com memiliki kursus yg sudah diikuti ribuan orang. Disini kamu akan mempelajari cara menjadi seorang public speaker progesional (bukan seorang MC, Presenter, atau Penyiar).

pelajaran yg akan kamu dapatkan disini antara lain, meningkatkan rasa percaya diri, Mengatur emosi, gimana caramembuat oentinton antusias dengan presentasi kamu.

ayok bergabung sekarang juga dengan klik tombol dibawah ini.

Awas !!! Ketinggalan Jaman ! bUKAN KEBETULAN aNDA MEMBACA arTIKEL INI.

Ilmu Digital Marketing adalah ilmu yang wajib dikuasai semua orang.

Dapatkan Kelas Digital Marketing hanya Rp 2.970 per Materi

Cek Link ini : Daftar Kelas Digital Marketing

Sering Bangun Pagi ? Sudah Tau Manfaat Bangun Pagi Lainnya Selain Menenangkan Pikiran?

Ehem,Langsung saja. apa manfaat bangun pagi ? Anda pernah mendengar slogan "Early to bed, early to rise, makes a man healthy, wealthy, and wise"? Belum? Slogan ini sungguh tepat, karena ketika anda tidur lebih cepat dan bangun lebih awal, anda mendapat cukup waktu...

Ditolak Saat Melakukan Pengajuan KPR? Mungkin Ini Penyebabnya

Tak sedikit orang gagal mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR) karena melakukan beberapa kesalahan akibat ketidaktahuannya. Setidaknya ada tujuh kesalahan kerap terjadi dalam pengajuan KPR. Agar kesalahan tersebut tidak terjadi pada Anda saat mengajukan kredit...

7 Kekeliruan Pria Saat Ingin luluhkan Wanita Cuek dan Susah Didekati

Pria mana yang tidak ingin terlihat baik dan menyenangkan saat ingin luluhkan wanita cuek yg disukainya atau hati kekasihnya. Tapi seringkali karena berusaha terlalu keras untuk tampil sempurna, pria kerap melakukan hal-hal yang justru membuat wanita ilfil. Dilansir...

7 Kebiasaan Orang Sukses Yg Bisa Kamu Jadikan Motivasi Diri

Business People Listening to the Public Speaker Jakarta - Untuk dapat meraih kesuksesan, setiap orang tentunya harus bisa menerapkan kebiasaan orang sukses yg membutuhkan perjuangan dan pengorbanan. Sebab, kesuksesan tidak dapat dicapai secara mudah dan gratis. Tak...

Merasa Apa Yg Kamu Rencanakan Tidak Berjalan Mulus? Coba 7 Cara Menentukan Goal Berikut Ini

Sebenarnya bagaimana cara menentukan goal yg mudah terwujud atau sesuai dengan yg sudah kita rencanakan? Diartikel ini akan kami bahas bagaimana kamu harus memulainya dan apa yg harus kamu lakukan\ untuk mencapai tujuan kamu. "Anda tidak akan pernah kemana-mana jika...

Ternyata, Cara mengambil keputusan Tepat Itu Membutuhkan Langkah yg Sistematis

Tahukah kamu, Cara mengambil keputusan tepat itu membutuhkan langkah yg sistematis? Sadarkah anda, bahwa anda dihadapkan dengan ratusan pilihan dan keputusan setiap hari? Makanan apa yang kamu makan hari ini, baju apa yang kamu pakai saat bekerja, film apa yang akan...

Lebih Penting Waktu Atau Materi? Artikel Ini Akan Menjelaskan Mana yg Lebih Penting

Waktu Atau Materi, Sebenarnya mana yg lebih penting? Yup, waktu sering berbicara tanpa kita pernah sadari. Waktu memberi kita hidup, tanpa pernah kita peduli. Kita mengalami yang namanya amnesia waktu, seolah waktu tidak teramat penting. Lalu panik saat menyadari kita...

Cara Mengasah Kreativitas Secara Alami, Anti Ribet Dan Mudah Dipahami

Mengasah kreativitas secara alami itu cukup mudah, Hal pertama yg harus kamu pelajari adalah jangan terlalu cepat mengambil asumsi. Quote:Terlalu cepat mengambil asumsi adalah contoh dari sikap malas berpikir. Kenapa disebut malas? Karena seringkali kita tidak mau...

Stress Dengan Pekerjaan ? Coba Beri Ruangan Khusus Untuk diri kamu Dengan Cara Ini

Ada kalanya kita merasa lelah dengan pekerjaan kita sehari-hari dan membutuhkan ruangan khusus untuk bersantai dan menikmati hidup. Namun, Sebagian orang pastinya bingung harus mulai darimana bukan? Coba ikuti tips berikut ini : 1. Beri Ruangan Khusus pribadi pada...

Pendapatan Atau Uang Sering Habis Tanpa Sebab? Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya

Apakah ada orang yang mengaku tidak mau kaya atau hidup berkecukupan? Mungkin ada, tapi sulit dicari. Setiap bulan, begitu banyak orang ramai menyisihkan Pendapatan atau uang. Lalu apa yang jadi hambatan untuk orang berkecukupan? Setidaknya ada lima hal yang mungkin...