Secara sederhana Integrated Marketing Communication atau disingkat IMC adalah sebuah rencana promosi yang meng-integrasikan berbagai alat promosi untuk mencapai rencana marketing yang sudah ditetapkan.

Sebuah perusahaan wajib memiliki promosi yang terintegrasi (IMC) hal ini diperlukan agar semua divisi di perusahaan tersebut mendukung promosi yang dilakukan. Nah ini yang sering diabaikan perusahaan.

Branding yang mendukung marketing tidak hanya ditentukan oleh promosi saja. Di era informasi yang cepat dan terbuka ini, semua orang dapat mencari informasi apapun.  Jadi branding tidak hanya ditentukan oleh promosi. Budaya perusahaan, program Corporate Social Responsibility (sosial), kebijakan ketenagakerjaan dan banyak hal di dalam perusahaan harus mendukung strategi marketing yang direncanakan.

Misal

Sebuah perusaahaan minyak bumi ingin membuat branding bahwa produk bahan bakar yang baru adalah bahan bakar yang ramah lingkungan.

Perusahaan tersebut akan membuat banyak promosi mulai dari cetak (spanduk, poster, brosur), elektronik (tv, radio) serta online.

Perusahaan tersebut juga harus membuat kegiatan yang ramah lingkungan. Misalnya program menanam pohon, semua kendaraan di perusahaan menggunakan produk bahan bakar yang ramah lingkungan dan menggunakan lampu ramah lingkungan. Pada intinya perusahaan tersebut harus mengubah semua budaya menjadi ramah lingkungan.

” Karena nila setitik rusak susu sebelanga”

Jangan sampai karena kesalahan sepele yang tidak mendukung IMC menghancurkan biaya promosi yang dikeluarkan.

WhatsApp Kami 0857 2107 0453 whatsapp