Anda pastinya bisa temukan berbagai tips dan cara usaha online di luar sana, termasuk dalam pelatihan UMKM. Apalagi ini zaman internet, di mana semua informasi dapat Anda temukan dengan mudah hanya dengan mengetikkan kata kunci tertentu. Tapi, berikut ini adalah beberapa tips penting yang akan sangat bermanfaat dan memberikan hasil luar biasa bagi Anda yang ingin memulai usaha online yang sukses. Apa saja tipsnya?

Jadilah Diri Sendiri

Bagi Anda yang mantap memilih untuk menjalankan usaha sendiri, ingatlah bahwa bisnis Anda adalah perpanjangan tangan Anda, tak peduli apakah bisnis Anda saat ini masih merupakan usaha berskala kecil sekalipun. Kesuksesan maupun kegagalan usaha Anda salah satunya juga dipengaruhi oleh anggapan orang lain terhadap brand, serta pengalaman mereka ketika berurusan dengan bisnis Anda. Oleh karena itu, setiap aspek bisnis Anda harus mencerminkan apa nilai yang ingin diwujudkan, baik itu back office, bagian produksi, CS, hingga administrasi.

Lampaui Ekspektasi Anda Sendiri

Ketika Anda memulai bisnis sendiri, tentu Anda juga memiliki ekspektasi dan tolak ukur yang ingin Anda capai, kan? Dan sebagai bisnis online yang masih baru, selalu usahakan bahwa Anda melampaui setiap ekspektasi dan tolak ukur yang Anda buat, baik itu dari segi produk maupun layanan. Tips ini sangat penting terutama untuk bisnis baru agar Anda bisa memberikan kesan kuat yang mendalam pada diri pelanggan. Tapi, tentunya pastikan bahwa Anda konsisten dengan layanan dan produk, dan lebih bagus lagi kalau Anda selalu meningkatkannya.

Fokus untuk Melayani Pelanggan, Bukan Berjualan

Punya bisnis tapi kok tidak boleh fokus jualan? Sebelum Anda komplain, simak dulu penjelasannya, ya! Maksudnya di sini adalah fokus melayani pelanggan yang jadi segmen dan target pasar Anda dengan memahami apa yang jadi kebutuhan maupun permasalahan mereka, serta menawarkan produk Anda sebagai solusi. Dengan begitu, produk Anda tak hanya akan dilihat sebagai “barang jualan”, tapi sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan atau menyelesaikan permasalahan mereka.

Jemput Bola

Di era digital saat ini, istilah “jemput bola” tak lagi diartikan sebagai benar-benar mendatangi tempat pelanggan Anda berada. Dengan adanya media sosial, Anda bisa “jemput bola” dengan lebih mudah dan praktis secara virtual. Karena itu, manfaatkan media sosial untuk membantu mengembangkan bisnis Anda dengan menjangkau lebih banyak audiens dengan mudah dan relatif murah. Tapi, sekali lagi ingat” fokus untuk melayani, bukan berjualan. Artinya, gunakan media sosial bukan sebagai tempat untuk berjualan, tapi untuk berinteraksi dengan audiens Anda serta memperkuat brand awareness.

Memulai usaha sendiri memang bisa terasa seperti sesuatu yang sangat menantang dan sulit dilakukan, dan bahkan menakutkan, terutama jika sebelumnya Anda merupakan karyawan yang mendapatkan pemasukan tetap setiap bulannya. Meski begitu, selama Anda selalu semangat dan pantang menyerah, kesuksesan yang Anda impikan pasti akan tercapai, kok!