Produk yang dijual di toko online biasanya ada dua jenis yaitu produk fisik dan juga produk digital. Produk fisik adalah produk yang dibuat dengan tangan yang membutuhkan cukup banyak waktu, cukup rumit dalam proses pengiriman, undang – undang, pajak, manajemen inventaris dan hal lainnya. Sedangkan produk digital cukup mudah didistribusikan, lebih berkelanjutan dan sering kali lebih mudah dibuat. Produk digital tidak berupa bahan fisik, tidak membutuhkan pabrik, ataupun karyawan yang banyak. Yang dibutuhkan hanyalah komputer, keinginan, dan investasi waktu. Oleh karenanya bisnis produk digital lebih mudah dikelola. Berikut adalah beberapa usaha produk digital yang dapat Anda coba.

  1. Bisnis jual ebook

Ebook adalah salah satu produk digital yang cukup populer bagi kalangan pembaca milenial. Produksi buku elektronik relatif lebih mudah dan sederhana. Bisnis jual ebook dapat dilakukan di beberapa marketplace besar atau toko online buatan sendiri. ebook mudah digunakan karena tidak berbentuk fisik, dapat dibawa dengan mudah kemana – mana menggunakan tablet, e-reader atau ponsel Anda.

  • Bisnis software

Bisnis  software sudah berkembang dengan sangat besar dan tumbuh secara konsisten. Industri ini memiliki  peluang yang cukup besar untuk dijadikan bisnis yang menguntungkan. Yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi skill menulis kode (coding). Software dapat digunakan pada berbagai perangkat seperti desktop, aplikasi berbasis web, aplikasi seluler dan template situs web.

  • Bisnis audio dan musik

Audio adalah media yang digunakan untuk berkomunikasi. Banyak produk audio digital yang dapat dijadikan bisnis. Orang biasanya menggunakan media atau trek audio untuk menghibur diri, menenangkan pikiran, menyampaikan informasi, menginspirasi dan ada juga yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis. Bisnis produk digital yang bisa digeluti antara lain adalah rekaman perkuliahan, audiobook, efek suara yang dapat digunakan kembali, pelajaran bahasa asing, versi karaoke lagu-lagu populer, sampel musik, musik relaksasi sampai lagu berlirik atau musik instrumental.

  • Bisnis fotografi

Foto premium yang memiliki kualitas yang tinggi banyak diminati saat ini. Konsumen yang biasanya menggunakan foto yang dijual secara online adalah pemilik situs web dan blogger. Untuk gambar yang bagus dan spektakuler biasanya pelanggan memberikan harga yang cukup besar. Bahkan bisnis fotografi secara online juga dapat dilakukan dengan membuat situs stok foto yang gambarnya dijual dengan harga yang berbeda – beda.

  • Bisnis Membuka Kursus

Seiring dengan semakin canggihnya teknologi yang digunakan, lembaga pendidikan tradisional sudah mulai merambah dan melakukan inovasi pada konten yang diberikan untuk pelajar. E-learning adalah salah satu inovasi yang digunakan di dunia pendidikan yang mengarah ke produk digital. Untuk program pendidikan, ada beberapa materi pembelajaran dapat dijual secara digital, diantaranya materi kursus yang dapat diunduh atau layanan kursus yang berbasis web. Kursus digital marketing adalah salah satu kursus yang banyak diminati saat ini, sehingga memberikan peluang yang besar digunakan sebagai  bisnis produk digital.